Comscore Tracker

Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Resmi Jabat Danjen Kopassus

Mayjen TNI Mohammad Hasan kini jabat Pangdam Iskandar Muda

Jakarta, IDN Times - Mayor Jenderal TNI Teguh Muji Angkasa pada Kamis (9/12/2021) resmi menjabat Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Hal itu ditandai dengan adanya seremoni penyerahan tongkat komando kepemimpinan korps baret merah di Mako Kopassus, Cijantung. 

Dikutip dari kantor berita ANTARA pada hari ini, Teguh menggantikan Mayjen TNI Mohamad Hasan yang bakal menempati jabatan sebagai Panglima Iskandar Muda/Aceh. Peralihan jabatan itu tertulis dalam surat keputusan Panglima TNI nomor Kep/1029/XI/2021 mengenai Pemberhentian dari/dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Surat itu ditetapkan pada 17 November 2021, bersamaan dengan momen Jenderal Andika Perkasa dilantik menjadi Panglima TNI. 

Lalu, apa pesan Hasan sebelum ia menempati posisi baru di Aceh?

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 104 Perwira Tinggi, TNI AD Paling Banyak

1. Hasan ucapkan terima kasih atas loyalitas prajurit sehingga bisa tuntaskan tugas selama 1 tahun 3 bulan

Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Resmi Jabat Danjen KopassusMohamad Hasan ketika masih menjabat Brigjen TNI dan melakukan serah terima tugas komandan grup A Paspamres kepada Brigjen Tri Budi Utomo (Dokumentasi Paspampres)

Di dalam sambutannya, Hasan mengucapkan terima kasih kepada para prajurit di Kopassus yang telah loyal sehingga ia bisa bertugas sebagai Danjen Kopassus selama satu tahun dan 3 bulan. "Pada hari ini saya perlu menyerahkan satuan Kopassus secara resmi kepada pengganti saya yang disaksikan bersama seluruh anggota Kopassus yang hadir di tempat ini," kata Hasan. 

Menurut Hasan, saat ini Kopassus sedang giat-giatnya menata dan mengembangkan kemampuan, keterampilan prajurit melalui pendidikan, latihan, dan melaksanakan evaluasi demi kesempurnaan Kopassus dalam melaksanakan tugas operasi baik di dalam maupun di luar negeri. 

Ia berharap Kopassus ke depan lebih profesional, tangguh dan adaptif dalam menghadapi tantangan global untuk mendukung tugas pokok TNI.

Baca Juga: Andika Perkasa Marah, Ada Anak Buah yang Main HP Saat Rapat

2. Mayjen Teguh Muji ucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan

Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Resmi Jabat Danjen KopassusMayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang resmi menjabat sebagai Danjen Kopassus (www.instagram.com/@korem_161_wirasakti)

Sementara itu, Danjen Kopassus yang baru Mayjen TNI Teguh mengucapkan banyak terima kasih kepada pimpinan TNI AD yang telah memberikan amanah dan kepercayaan kepadanya untuk memimpin salah satu prajurit elite di Tanah Air. Kopassus merupakan pasukan elite yang kemampuannya diakui oleh dunia. 

"Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada keluarga dan kedua orang tua yang selalu mendoakan, mendampingi, dan mendukung sehingga saya bisa dapat dipercaya menjadi Komandan Jenderal Kopassus," ungkap Teguh yang sebelumnya menjabat sebagai dosen tetap di Universitas Pertahanan (Unhan) sejak 24 Maret 2021.

Sebelum sertijab kepada pejabat baru, seremoni serupa dilakukan lebih dulu di Mabes TNI Angkatan Darat. Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memimpin Serah Terima Jabatan (Sertijab) Danjen Kopassus tersebut. 

3. Mayjen TNI Teguh Muji adalah Danjen Kopassus pilihan Jenderal Andika Perkasa

Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa Resmi Jabat Danjen KopassusJenderal Andika Perkasa bersama istrinya saat menjenguk prajurit TNI. (YouTube.com/TNI AD)

Mayjen Muji merupakan Danjen Kopassus pilihan Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa. Pria kelahiran 11 Juni 1967 ini merupakan lulusan Akademi Militer pada tahun 1989 dari kecabangan Infanteri.

Di lingkungan TNI, Teguh tercatat pernah mengemban sejumlah jabatan. Selama 2011 hingga 2013, ia pernah menjabat sebagai Asisten Intelijen Danjen Kopassus.

Setelahnya, Teguh dimutasi menjadi Asisten Intelijen Pangdam V/Brawijaya. Ia mengemban jabatan ini selama satu tahun yakni pada 2013 hingga 2014. Pada 2016, Teguh mendapat promosi jabatan menjadi Wakil Komandan Jenderal Kopassus. Jabatan ini ia emban selama satu tahun.

Pada 2021, ia menjadi dosen tetap di Universitas Pertahanan. 

Baca Juga: KSAD Jenderal Dudung Ingin Rekrut Prajurit TNI Khusus Santri, Kenapa?

Topic:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya