PAN Bakal Bertemu KIB di Semarang, Usul Undang Ganjar

Nama Ganjar ikut masuk ke daftar bakal capres PAN

Jakarta, IDN Times - Usai sukses menggelar rapat kerja nasional, PAN bakal bertemu dengan dua mitranya di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Pertemuan rencananya digelar bulan Oktober atau November 2022 di Semarang, Jawa Tengah.

"Acara di Semarang itu tuan rumahnya PPP. Salah satu agendanya untuk finalisasi visi misi KIB," ungkap Ketua DPP PAN, Yandri Susanto yang ditemui usai rakernas di Istora Senayan, Jakarta Pusat pada Sabtu, (27/8/2022).

Ia menambahkan setelah memfinalisasi visi misi, baru dimulai pembahasan untuk mencocokan sosok yang pantas diusung oleh KIB sebagai capres dan cawapres. "Bahkan, kami juga masih membuka peluang bagi partai lain bergabung dengan KIB," tutur dia.

Namun, penentuan siapa capres dan cawapres, kata Yandri, masih lama. Hal tersebut bakal menjadi bab terakhir dari kesepakatan KIB.

Di sisi lain, Yandri mengusulkan agar dalam pertemuan di Semarang nanti, Ganjar Pranowo turut diundang. "Saya pribadi mengusulkan kalau dia layak untuk diundang karena namanya salah satu sosok yang paling banyak disebut di berbagai lembaga survei. Kedua, dia kan tuan rumah sebagai gubernur. Jadi, saya rasa gak ada masalah dan tidak ada yang dicederai di situ," ujarnya.

Namun, Yandri menyebut keputusan untuk mengundang Ganjar selaku tuan rumah dalam pertemuan KIB, belum final. Tetapi, ia bakal mengusulkan dalam pertemuan di internal PAN nanti.

Popularitas Ganjar pun terbukti cukup tinggi lantaran ikut masuk ke dalam daftar 9 nama yang dipilih oleh kader PAN di daerah. Berikut 9 bakal capres PAN yang direkomendasikan di dalam rakernas:

A. Klaster politik

- Ketua Umum PAN (Zulkifli Hasan)
- Ketua Umum PPP (Suharso Monoarfa)
- Ketua Umum Golkar (Airlangga Hartarto)
- Ketua DPP PDI Perjuangan (Puan Maharani)

B. Klaster teknokrat/menteri

- Menteri BUMN (Erick Thohir)

C. Klaster kepala daerah

- Gubernur Jawa Barat (Ridwan Kamil)
- Gubernur DKI Jakarta (Anies R. Baswedan)
- Gubernur Jawa Tengah (Ganjar Pranowo)
- Gubernur Jawa Timur (Khofifah Indar Parawansa).

Baca Juga: Puan dan Ganjar Masuk Daftar Bakal Capres 2024 PAN

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya