PDIP Jatuhkan Sanksi Keras ke FX Rudi Gegara Dukung Ganjar Nyapres

Ini menjadi peringatan terakhir dari PDIP bagi Rudi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solo, FX Rudi Rudyatmo, akhirnya diberikan sanksi keras oleh DPP PDIP, pada Rabu (26/10/2022).

Rudi diberikan sanksi keras lantaran secara blak-blakan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres pada Pemilu 2024. Padahal, sesuai dengan keputusan kongres, pemilihan capres atau cawapres hanya boleh dilakukan oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. 

Pengumuman sanksi keras disampaikan oleh Ketua Bidang Kehormatan DPP PDIP Komaruddin Watubun.

"Telah dilakukan klarifikasi tadi, saudara (FX Rudi) dinyatakan melanggar keputusan kongres yang telah memutuskan bahwa semua calon presiden dan wakil presiden menjadi kewenangan Ibu Ketum Megawati Soekarnoputri. Seluruh kader wajib tertib, tanpa terkecuali!" kata Komaruddin ketika memberikan keterangan pers di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat.

Ia menambahkan, sanksi yang dijatuhkan ke Rudi lebih berat lantaran mantan Wali Kota Solo itu tergolong kader senior. "Karena itu kami jatuhkan sanksi peringatan keras dan terakhir kepada saudara," kata dia lagi dengan suara terbata-bata.

Sanksi yang dijatuhkan itu berbentuk tertulis dan diteken langsung oleh Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto. Hasto dan Komaruddin melakukan klarifikasi lebih dulu kepada Rudi. Berbeda dari Ganjar, permintaan keterangan terhadap Rudi lebih lama. Memakan waktu lebih dari dua jam. 

Lalu, apa tanggapan Rudi usai mendapat sanksi peringatan keras dari DPP PDIP? Apakah dia bakal mematuhi sanksi tersebut? 

1. FX Rudi terima sanksi peringatan keras dari DPP PDIP

PDIP Jatuhkan Sanksi Keras ke FX Rudi Gegara Dukung Ganjar NyapresKetua DPC PDI Perjuangan Kota Solo, FX Rudi Rudyatmo ketika datang ke DPP PDIP untuk dimintai klarifikasi soal dukungan untuk Ganjar Pranowo. (Dokumentasi PDIP)

Rudi diketahui tiba di kantor DPP PDI Perjuangan sekitar pukul 10:15 WIB. Ia tiba di kantor dengan mengenakan kemeja berwarna merah dan masker merah putih. 

Sebelum melalui proses klarifikasi, Rudi mengaku sudah siap bila harus dibuang atau dipecat dari PDIP karena menyampaikan dukungan secara terbuka bagi Ganjar. Namun, sanksi yang dijatuhkan berupa peringatan keras. Ia pun menerima sanksi tersebut.

"Saya terima dengan penuh tanggung jawab, sanksi keras dan peringatan terakhir ini," ujar Rudi ketika memberikan keterangan pers pada hari ini. 

Ia menjelaskan, ke depan fokusnya sebagai Ketua DPC PDIP Kota Solo yakni membangun momen kemenangan baik di tingkat legislatif maupun presiden, sesuai dengan keputusan Mega. 

Baca Juga: PDIP Beri Sanksi Teguran Lisan kepada Ganjar gegara Siap Nyapres

2. DPP PDIP sebut sanksi keras patut dijatuhkan kepada FX Rudi

PDIP Jatuhkan Sanksi Keras ke FX Rudi Gegara Dukung Ganjar NyapresSekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto (kiri pojok) meminta klarifikasi kepada FX Rudi Rudyatmo di kantor DPP PDIP pada Rabu, 26 Oktober 2022. (Dokumentasi PDIP)

Sementara, Komaruddin menjelaskan bahwa selaku kader yang senior di partai berlambang banteng dengan moncong putih itu, sanksi keras yang dijatuhkan bagi Rudi sudah tepat. Itu merupakan risiko yang harus ditanggung oleh Rudi lantaran tak mengikuti ketentuan yang berlaku di internal PDIP. 

"Itu risikonya kalau sebagai kader yang senior itu kan jadi suri tauladan bagi anggota partai. Pernyataan Anda mendukung secara resmi itu gak boleh. Itu kan diumumkan oleh Ketum PDIP. Saya pribadi bisa saja mendukung calon-calon tetapi tak boleh mengungkapkan itu ke publik," kata Komaruddin. 

Di sisi lain, Hasto menyebut sanksi ini adalah bentuk perlakuan setara bagi setiap kader yang melanggar ketentuan internal partai. Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Prabowo juga dijatuhi sanksi oleh DPP PDIP. Bedanya, sanksi bagi Ganjar adalah teguran lisan saja. 

"Partai melakukan equal treatment dan memberikan perlakuan yang sama dan Ibu Mega berpesan yang disiapkan oleh PDIP tidak hanya sekedar calon presiden, tetapi sosok pemimpin yang berani mengambil tanggung jawab yang tidak mudah sebagai pemimpin nasional," kata Hasto. 

3. Kader yang terkena sanksi biasanya akan tertib

PDIP Jatuhkan Sanksi Keras ke FX Rudi Gegara Dukung Ganjar NyapresKetua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo (Instagram.com/fx.rudyatmo)

Lebih lanjut, Hasto mengatakan, meski dijatuhi sanksi keras bukan berarti ia dibebas tugaskan atau dipecat dari partai. Ia pun yakin sesuai kultur partai, bila ada kader yang dikenakan sanksi maka akan mengikuti ketentuan internal partai. 

"Biasanya nama-nama yang dijatuhi sanksi akan jadi lebih disiplin untuk tidak melanggar lagi. Itu ciri PDIP, taat azas. Sehingga, meski ada tahapan-tahapan sanksi mulai dari teguran, pembebas tugasan hingga pemecatan, biasanya kultur yang akan dibangun akan menaati itu (aturan internal partai)," ujar Hasto. 

Hingga kini, Rudi terpantau masih berada di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat. Usai memberikan keterangan pers soal sanksi, Rudi melakukan santap siang dengan Sekjen dan Ketua DPP Bidang Kehormatan. 

Baca Juga: Disanksi PDIP, Ganjar Ogah Tarik Pernyataannya Siap Jadi Capres

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya