Peristiwa Perempuan Disekap Dukun Selama 15 Tahun Disorot Dunia

Korban juga diperkosa berulang kali oleh dukun tersebut

Jakarta, IDN Times - Peristiwa seorang perempuan berinisial H yang disekap oleh dukun selama 15 tahun di Sulawesi Tengah disorot oleh dunia. Stasiun berita CNN, Amerika Serikat, menurunkan laporan dengan judul "Indonesian Woman Held Captive in Cave for 15 Years, Police Say" pada Kamis (8/8). 

Peristiwa yang dialami oleh H memang menyayat hati. Ia dibawa oleh keluarganya pada tahun 2003 lalu ke seorang pemimpin spiritual bernama Jago, untuk mendapat pengobatan alternatif. Tapi, yang terjadi, Jago justru mengatakan kepada orang tua H, kalau ia malah kabur. 

Belakangan, H justru ditemukan ada di balik celah gua di Desa Bajugan, setelah disekap dan diperkosa oleh Jago berulang kali. Lalu, bagaimana kondisi H saat ini? 

1. H sudah menjalani visum di rumah sakit

Peristiwa Perempuan Disekap Dukun Selama 15 Tahun Disorot Dunia(H ketika diselamatkan dari dalam gua) Polri

H akhirnya menjalani visum di RS Mokopido, Tolitoli, Sulawesi Tengah. Menurut keterangan Kapolres Tolitoli, AKBP M. Iqbal Alqudusy kepada media, fisik bagian luar H dalam kondisi sehat.

"Hasil visumnya sehat, tetapi menurut keterangan dokter ada gumpalan di bagian rahim," kata Iqbal pada Kamis malam (8/8).

Menurut Iqbal, penyidik akan meminta dokter spesialis kandungan untuk melakukan USG terhadap perut korban.

Baca Juga: Begini 4 Fakta Kasus Pemerkosaan Pelajar Indonesia di Belanda

2. Lokasi H bisa diketahui berdasarkan keterangan si dukun

Peristiwa Perempuan Disekap Dukun Selama 15 Tahun Disorot DuniaIDN Times/Sukma Shakti

Menurut keterangan polisi, mereka akhirnya berhasil menemukan H usai memeriksa Jago. H diperkosa oleh Jago berulang kali ketika ia disekap di gua tersebut.

Jago sempat menunjukkan sebuah foto pria kepada H yang ia jelaskan bernama Amrin. Pria tersebut diklaim Jago sebagai jin. Menurut dia, ketika berhubungan badan, Amrin akan merasuk ke dalam tubuh Jago.

Berdasarkan keterangan dari Komisi Nasional Perempuan, Jago, merupakan sosok yang dihormati di desa tersebut. Oleh sebab itu, ada kemungkinan besar, bukan H saja yang pernah mendapat kekerasan seksual. Komnas Perempuan menduga masih banyak korban lainnya.

"Korban belum melapor karena mereka takut," ujar Komisioner Komnas Perempuan, Magdelene Sitorus seperti dikutip dari media.

Magdelen juga menyarankan agar korban dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan pengecekan secara fisik dan psikologis.

"Siapa yang tahu apa yang terjadi selama 15 tahun di dalam tubuhnya," kata dia.

3. Pelaku terancam hukuman penjara 15 tahun

Peristiwa Perempuan Disekap Dukun Selama 15 Tahun Disorot Dunia(Jago, pelaku penyekapan terhadap H selama 15 tahun) Polri

Selain CNN, media internasional lainnya yang ikut menulis peristiwa itu adalah BBC. Mereka menulis dengan judul "Indonesian Woman 'Held Captive in Cave for 15 Years' pada (7/8) lalu.

Kepada keluarga H, Jago mengatakan kalau setahun usai menjalani pengobatan, H pergi ke Jakarta. Sementara, keluarga kesulitan mencari korban.

Polisi sempat merilis beberapa foto. Salah satunya menunjukkan peralatan sederhana yang terdapat di dalam gua. Polisi menduga, di malam hari, H dibawa ke rumah Jago. Sedangkan, di siang hari, ia dipindah ke gua yang bentuknya sudah menyerupai penjara.

"Korban sepertinya sudah dipengaruhi, sehingga ia takut untuk kabur menemui keluarga atau teman-temannya. Sebab, pelaku selalu mengatakan kalau korban selalu diawasi oleh jin," kata warga sekitar bernama Sugeng kepada media.

Jago kini sudah ditahan oleh polisi dan terancam hukuman penjara 15 tahun.

Baca Juga: Hukuman Mati untuk Pelaku Pemerkosaan Anak Pakistan Berusia 6 Tahun

Topik:

Berita Terkini Lainnya