Pesan Panglima TNI: Tugas Operasi di Papua Jangan Sampai Langgar HAM

Yudo ingatkan isu pelanggaran HAM tak ada kedaluwarsanya

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI, Laksamana Yudo Margono mengingatkan kepada seluruh jajarannya agar para personel yang ditugaskan ke Papua tidak melanggar Hak Asasi Manusia (HAM). Ia menggaris bawahi jangan sampai ketika para prajurit TNI sudah memasuki masa pensiun tetapi tetap dikejar isu hukum lantaran diduga melanggar HAM. Apalagi, pelanggaran HAM tidak ada masa kedaluwarsanya. 

"Agar pasukan yang tergelar di Papua dalam melaksanakan tugas operasi penegakan hukum agar tidak melanggar HAM, di antaranya menyiksa atau membunuh masyarakat sipil yang tidak ada kaitannya dengan Kelompok Separatis Teroris (KST)," ungkap Yudo seperti di dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Senin (1/5/2023). 

Kejadian itu pernah menimpa Mayor Infanteri (Purn) Isak Sattu yang dijadikan tersangka tunggal dalam kasus pelanggaran HAM berat di Paniai, Papua pada 2014 lalu. Meski majelis hakim pada akhirnya memvonis bebas Isak. Hakim menilai Isak tidak terbukti melakukan pelanggaran HAM.

Pesan itu disampaikan oleh Yudo ketika menerima paparan revisi UU nomor 34 tahun 2004 mengenai TNI. Paparan tersebut disampaikan oleh Kababinkum TNI Laksamana Muda Kresno Bintoro di Mabes TNI. 

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) itu juga menyebut dalam tugas di Papua agar para prajurit fokus memberantas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan simpatisan. "Sebab mereka secara nyata menyerang pasukan kita," kata dia. 

Bila prajurit TNI menemukan masyarakat sipil yang diduga menjadi simpatisan KKB, maka sebaiknya mereka diserahkan ke Polri. "Tujuannya agar diproses hukum dan tidak ditangani sendiri sehingga malah berujung ke pelanggaran HAM," kata dia. 

Lalu, apa respons Yudo dengan penolakan dari masyarakat sipil yang meminta agar operasi tempur di Papua dibatalkan?

1. Panglima TNI jelaskan siaga tempur bukan operasi militer

Pesan Panglima TNI: Tugas Operasi di Papua Jangan Sampai Langgar HAMPanglima TNI, Laksamana Yudo Margono melepas satgas khusus TNI dan pesawat Boeing 737 untuk mengevakuasi WNI dari Sudan pada Senin, 24 April 2023. (www.instagram.com/@militer.udara)

Sementara, Yudo turut menjelaskan, status siaga tempur yang ditetapkan di daerah-daerah rawan di Papua bukanlah bentuk operasi militer yang dilakukan TNI. Status siaga tempur, kata Yudo, ditetapkan guna menumbuhkan naluri prajurit TNI dalam mengantisipasi serangan dari pihak lawan.

"Jadi, jangan dipelesetkan itu operasi militer, bukan, belum operasi militer. Siaga tempur itu untuk menumbuhkan naluri militer pada para prajurit," ungkap Yudo di Istana Wakil Presiden pada 26 April 2023 lalu.

Yudo menyampaikan, selama ini aparat TNI melakukan operasi teritorial dan komunikasi sosial di daerah-daerah di Papua yang kerawanannya tidak tinggi. Namun, kata dia, aparat yang bertugas di daerah lebih rawan mesti lebih siaga untuk bertempur.

Yudo juga menegaskan bahwa status siaga tempur bukan berarti prajurit TNI yang ada di Papua akan melakukan serangan atau pendekatan ofensif terhadap KKB. "Bukan, bukan ofensif. Kami tetap defensif tapi mereka harus siap karena memang di daerah yang kerawanannya tinggi harus siaga tempur tadi," tutur dia lagi. 

Baca Juga: Panglima TNI Yudo Gunakan Operasi Siaga Tempur untuk Lawan KKB

2. Total lima prajurit TNI gugur dalam operasi untuk membebaskan pilot Susi Air

Pesan Panglima TNI: Tugas Operasi di Papua Jangan Sampai Langgar HAMPanglima TNI, Laksamana Yudo Margono menyambut empat jenazah prajurit TNI AD yang gugur di Papua pada 20 April 2023 di Lanud Halim Perdanakusuma. (www.instagram.com/@puspentni)

Sementara, sudah lima prajurit TNI Angkatan Darat (AD) yang gugur dalam operasi untuk membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens. Jenazah terakhir yang ditemukan adalah Pratu F pada 23 April 2023 lalu. Pratu F, kata Mabes TNI, gugur bukan karena ditembak oleh KKB melainkan jatuh ke jurang. 

"Almarhum merupakan korban kelima yang gugur oleh serangan gerombolan KST (Kelompok Separatis Teroris) di Mugi-Mam, Nduga, Sabtu, 15 April 2023," ungkap Kepala Dinas Penerangan Mabes TNI, Laksamana Muda Julius Widjojono, dalam keterangan tertulis pada 23 April 2023 lalu.

Jenazah Pratu F, kata Julius, ditemukan oleh tim gabungan yang terus melakukan penyisiran dan penelusuran tempat kejadian penembakan oleh KKB. 

Sementara, jenazah Pratu F langsung dievakuasi ke Timika. Selanjutnya, jenazah dibawa ke RSUD untuk proses pemulasaraan. 

"Rencananya pada Senin (24/4/2023), jenazah akan diterbangkan ke kampung halamannya di Magelang," kata Julius.

Mabes TNI pun mengucapkan turut berduka cita mendalam kepada lima prajurit TNI AD yang gugur di Papua. 

3.

Pesan Panglima TNI: Tugas Operasi di Papua Jangan Sampai Langgar HAMKepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL), Laksamana Yudo Margono ketika memimpin TNI AL latihan militer bersama di Super Garuda Shield 2022. (Dokumentasi Dispenal)

Sedangkan, Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari sejumlah LSM, mendesak Laksamana Yudo membatalkan rencana operasi siaga tempur di Papua. Mereka khawatir operasi siaga tempur justru bakal terus menciptakan peristiwa kekerasan di Bumi Cendrawasih. Seharusnya, kata koalisi, peristiwa penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kepada prajurit TNI pada 15 April 2023 dijadikan pelajaran, bahwa pendekatan keamanan militer tidak cocok untuk diterapkan di Papua. 

"Bila itu pilihan kebijakan yang akan ditempuh, maka koalisi mendesak agar rencana itu dibatalkan," ungkap Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari 21 LSM, dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (20/4/2023). 

Mereka memahami bahwa gugurnya prajurit dalam operasi penyelamatan pilot maskapai Susi Air tentu menyisakan duka bagi keluarga para prajurit tersebut. Maka, koalisi masyarakat sipil mengucapkan duka mendalam dan berharap tidak ada lagi anak bangsa yang gugur dalam operasi militer di Papua. 

"Tetapi, kami memandang peristiwa baku tembak yang menewaskan prajurit kemarin seharusnya dijadikan pelajaran berharga oleh Presiden dan DPR," kata mereka.

Apalagi, peristiwa gugurnya prajurit bukan hanya terjadi pada 15 April 2023 lalu. Berdasarkan data Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo, ada 22 prajurit TNI dan Polri yang gugur pada 2022 saja. 

Baca Juga: Masyarakat Sipil Desak Panglima TNI Batalkan Siaga Tempur Lawan KKB

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya