Profil Letda Salma Amalia Zakaria, Superwoman Peraih 15 Medali di AAL

Letda Salma sejak awal sudah ingin mengabdi di TNI AL

Jakarta, IDN Times - Taruni Letda Salma Amalia Zakaria kini tengah jadi sorotan di TNI, khususnya Angkatan Laut (AL). Salma merupakan figur berprestasi lulusan taruni AAL angkatan ke-66 yang dilantik Presiden Joko "Jokowi" Widodo pada Juli 2-2021. Saking banyaknya prestasi yang dia raih, Salma dijuluki Superwoman di TNI AL. 

Mengutip situs resmi Kominfo Provinsi Jawa Timur, Salma telah meraih 15 medali sepanjang ia mengikuti pendidikan di AAL. Sebanyak 10 medali di antaranya merupakan juara pertama. Mayoritas karena ia memenangkan kompetisi renang. 

Salah satu juara pertama yang ia raih yakni International Nautical Competition yang digelar di Karachi, Pakistan, pada 2020. Ia juga meraih juara pertama Pekan Integrasi dan Kejuangan Taruna Akademi TNI dan Akademi Kepolisian (Piktar) pada 2019. Tak tanggung-tanggung, Salma meraih empat gelar juara pertama untuk cabang renang gaya dada 100 meter, renang estafet gaya bebas 4X100 meter, renang gaya dada 50 meter, dan cabang military pentathlon.

"Saya ingin menjadi abdi negara karena terinspirasi dari almarhum ayah yang juga menjadi abdi negara. Kedua, ketika saya sekolah dulu saya belajar banyak bagaimana para pejuang berjuang dan mengabdikan dirinya dalam menjaga kedaulatan bangsa. Itu yang mendorong saya untuk bergabung menjadi prajurit TNI," ungkap Salma dalam program Mata Najwa pada 7 Oktober 2021. 

Lalu, posisi apa yang kini diemban Salma dengan raihan prestasi luar biasa tersebut?

1. Salma saat ini menjabat sebagai Wakil Kepala Divisi Adminitrasi di KRI I Gusti Ngurah Rai 332

Profil Letda Salma Amalia Zakaria, Superwoman Peraih 15 Medali di AALIDN Times / Istimewa

Meski terbilang relatif muda, Salma yang kini berusia 22 tahun sudah memegang jabatan sebagai Wakil Kepala Divisi Administrasi di KRI I Gusti Ngurah 332. Dia juga diketahui bertugas di Koarmada II yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur. 

Salma mengaku tidak terlalu banyak duka yang dialami selama bertugas di TNI AL. Ia menjalani semua tugasnya dengan ikhlas. Malah, menurut dia, lebih banyak suka yang ia rasakan. 

"Saya sangat bersyukur bisa keliling melihat dunia dan menjalin relasi dengan perwira AL di luar negeri," ujar dia. 

Baca Juga: TNI AU dan TNI AL Bantah Terapkan Tes Keperawanan Bagi Calon Prajurit

2. Pandemik dianggap turut menyulitkan bertugas sebagai prajurit TNI AL

Profil Letda Salma Amalia Zakaria, Superwoman Peraih 15 Medali di AALLetda Salma Amalia Zakaria berlutut di hadapan sang ibu usai dilantik sebagai lulusan angkatan ke-66 Akademi AL pada 2021 (www.twitter.com/@_TNIAL_)

Kondisi pandemik COVID-19 juga menyulitkan Salma bertugas sebagai prajurit TNI AL. Sering kali ia harus menyesuaikan diri dengan perubahan aturan yang ditetapkan oleh pemerintah untuk mencegah meluasnya virus Sars-CoV-2 itu. 

"Tetapi, sebagai perwira muda saya tetap mendukung kebijakan pemerintah dan menjadi bagian dari satuan tugas serbuan vaksin, melaksanakan disiplin diri dan mengajak warga di sekitar lingkungan TNI AL untuk mematuhi protokol kesehatan," katanya. 

Keinginan Salma menjadi perwira TNI AL didukung penuh ibunya. Sejak lulus SMA, dia tak ingin menyusahkan orang tuanya dengan melanjutkan kuliah, sebab kondisi sang ibu yang menjadi orang tua tunggal. 

"Aku ingin membantu mama dengan menjadi abdi negara agar tak mengeluarkan biaya sama sekali," ujar dia.

3. Salma andalkan sikap disiplin diri untuk bisa berprestasi

Profil Letda Salma Amalia Zakaria, Superwoman Peraih 15 Medali di AALLetda Salma Amalia Zakaria, taruni berprestasi di TNI Angkatan Laut (Tangkapan layar YouTube Plataran Indonesia)

Sementara, dalam talkshow Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang berkolaborasi dengan Plataran Indonesia, Salma mengungkap rahasia ia bisa mencapai prestasi hingga saat ini. Kuncinya, kata Salma, ada di sikap disiplin diri. Sikap itu pula menurutnya yang penting untuk dimiliki generasi muda saat ini. 

"Dengan disiplin diri, kita dapat menumbuhkan sifat baik lainnya yang mendukung kesuksesan kita. Selain kedisiplinan, kita juga harus mengenal diri sendiri. Kita harus tahu apa sih kelebihan saya. Kita harus tetap maintain dan mengembangkannya, sehingga ke depan bermanfaat bagi diri sendiri dan bangsa," kata Salma. 

Meski masih muda, Salma siap dan bertanggung jawab terhadap tugas apapun yang diamankan kepadanya. 

Baca Juga: KSP: Jokowi Tak Punya Pakem Rotasi Matra Dalam Tentukan Panglima TNI

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya