Comscore Tracker

PT PAL Butuh 6 Tahun Bangun Kapal Arrowhead 140 Desain Inggris

RI beli lisensi desain kapal fregat Arrowhead dari Inggris

Jakarta, IDN Times - PT PAL Indonesia menyatakan butuh waktu sekitar 69 bulan atau nyaris enam tahun untuk mengerjakan kapal perang fregat Arrowhead 140. Kapal itu dibangun usai lisensi desainnya dibeli dari perusahaan dirgantara asal Inggris, Babcock.

Pembelian lisensi desain tersebut disaksikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menhan Ben Wallace di atas kapal Angkatan Laut Inggris, HMS Argyll.  

"Rencananya, pembangunan kapal fregate akan dikerjakan dalam kurun waktu 69 bulan," tulis PT PAL dikutip dari akun Instagramnya, Senin (20/9/2021). 

PT PAL menjelaskan kapal fregate bakal dilengkapi rudal sebagai bentuk sistem pertahanan udara, yakni peluncur rudal vertikal jarak sedang (vertical launcher missile surface to air medium range) 3X8 cells, peluncur rudal vertikal ke udara dengan jarak jauh 4X8 cells, dan peluncur rudal vertikal ke permukaan dengan jarak jauh 2X8 cells. Alutsista itu bakal dipasang dengan sistem fit for but not with (FFBNW). 

"Kapal ini akan mengusung main engine dengan spesifikasi 4X9.100 kilowatt. Dengan pasokan tenaga tersebut mampu memacu kapal dengan kecepatan maksimal sampai dengan 28 knot dengan kondisi MCR (full board)," kata mereka. 

Kapal fregate Arrowhead 140 yang bakal dibangun PT PAL akan dilengkapi dengan diesel generator 4X1.360 kilowatt dan emergency D/G 1X180 kilowatt. Untuk memudahkan manuver, kapal ini dilengkapi dengan bow thruster sebesar 925 kilowatt. 

Mengapa Inggris bersedia melepas lisensi desain kapal perangnya yang canggih untuk Indonesia?

1. Inggris berharap kapal yang diproduksi PT PAL bisa mempertahankan kebebasan navigasi

PT PAL Butuh 6 Tahun Bangun Kapal Arrowhead 140 Desain InggrisDuta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia, Owen Jenkins (www.ukabc.org.uk)

Duta Besar Kerajaan Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, mengatakan dengan membiarkan RI memiliki lisensi desain, maka akan jadi kali pertama kedua negara punya kapal perang yang sama. Momen penjualan lisensi desain itu bertepatan dengan situasi yang tengah menghangat di Laut China Selatan. Kapal Arrowhead bisa digunakan untuk menjaga kebebasan navigasi di perairan internasional. 

"Kita tahu bahwa demi perdamaian, keamanan, dan perdagangan kita yang berkelanjutan, kita perlu membela beberapa bagian tertua dari hukum internasional, termasuk kebebasan laut dan kebebasan navigasi," ungkap Jenkins dalam keterangan tertulis pada pekan lalu. 

"Untuk melakukan itu dengan benar, kita perlu dilengkapi dengan peralatan yang baik. Saya sangat menantikan melihat rekan-rekan kami di Indonesia membangun kapal ini di dermaga Surabaya," sambung dia. 

Diketahui, fregat Arrowhead 140 pertama kali dibuat pada Mei 2018 untuk memperkuat Angkatan Laut Inggris.

Baca Juga: Indonesia Beli Lisensi Desain Kapal Perang Inggris Arrowhead 140 

2. Inggris klaim bentuk lambung Arrowhead 140 sudah teruji di berbagai misi NATO

PT PAL Butuh 6 Tahun Bangun Kapal Arrowhead 140 Desain InggrisDesain kapal fregat buatan Inggris Arrowhead 140 (www.babcockinternational.com)

Menurut Menhan Wallace, desain fregat Arrowhead 140 menarik karena bentuk lambung yang telah teruji di lingkungan operasional dunia nyata, mulai dari NATO dan gugus tugas koalisi hingga operasi regional dan penyebaran nasional.

Desain dasar Arrowhead 140, kata dia, dapat dimodifikasi untuk memenuhi berbagai persyaratan operasional dan profil fregat global. Dengan begitu, semakin banyak angkatan laut sekutu yang menggunakan desain kapal perang yang sama. 

"Di masa depan, kedua angkatan laut kami akan bersama-sama mengoperasikan fregat terkemuka dunia ini. Kami juga akan bekerja sama secara erat untuk melindungi kepentingan bersama kami di seluruh dunia," kata Wallace. 

Dengan kapal tersebut, kata Wallace, pasukan AL Indonesia dan Inggris dapat lebih muda berlatih bersama dan berkomunikasi. Sebab, jenis kapal perang yang digunakan sama.

Namun, tidak diketahui berapa harga jual lisensi desain fregat Arrowhead 140 kepada Indonesia. 

3. DPR klaim kapal Arrowhead 140 bakal membuat Angkatan Laut China gentar menghadapi Indonesia

PT PAL Butuh 6 Tahun Bangun Kapal Arrowhead 140 Desain InggrisDesain kapal fregat Arrowhead 140 buatan Inggris yang lisensi desainnya dibeli oleh Indonesia (arrowhead140.com)

Sementara, Wakil Ketua DPR, Sufmi Dasco Ahmad, mengklaim bila kapal Arrowhead sudah selesai digarap membuat Angkatan Laut China gentar pada Indonesia. Apalagi bila kapal ini digunakan untuk berpatroli di perairan Natuna.

"Yakinlah Angkatan Laut China akan gemetar melihat fregate tipe Arrowhead 140 berpatroli di lautan Indonesia, dan akan berpikir dua kali untuk wara-wiri di lautan Natuna lagi," kata Dasco seperti dikutip dari akun Instagramnya pada Senin (20/9/2021). 

Namun, manfaat itu baru bisa dirasakan setelah lebih dari enam tahun lagi. Di akun media sosialnya, Dasco juga mengklaim, Arrowhead 140 akan jadi kapal tercanggih yang pernah dimiliki Indonesia. 

"Fregate tipe Arrowhead 140 bikinan Inggris yang teknologinya dibawa pulang Prabowo adalah kapal perang ringan tercanggih yang ada sekarang," ungkapnya. 

Dasco juga menyebut Arrowhead 140 memiliki rudal-rudal antipesawat dan torpedo antikapal selam. Dengan begitu, kapal ini mampu memberikan pertahanan terhadap ancaman yang datang dari laut dan udara. 

"Kapal ini nantinya juga punya kemampuan untuk menjadi kapal induk mini bagi helikopter angkatan laut. Dengan begitu, kapal ini bisa digunakan untuk misi antar jemput personel maupun untuk penyelamatan search and rescue (SAR)," kata politikus Partai Gerindra itu. 

Baca Juga: TNI AL Minta Nelayan Tak Perlu Takut terhadap Kapal Asing di Natuna 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya