Puan, Ganjar, Prabowo Dampingi Jokowi di Muktamar ke-48 Muhammadiyah

Gibran sempat antar Puan melihat Masjid Sheikh Zayed

Jakarta, IDN Times - Tidak hanya Presiden Joko "Jokowi" Widodo yang hadir dalam Muktamar ke-48 Muhammadiyah di Solo, Sabtu (19/11/2022), sejumlah pejabat tinggi lainnya seperti Ketua DPR Puan Maharani, mantan Wapres Jusuf "JK" Kalla, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, hingga Menko PMK Muhadjir Effendi juga hadir. 

Selain itu, ada pula Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga tuan rumah Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Dikutip dari YouTube  tvMu Channel, Jokowi terlihat tiba bersama Iriana menumpangi mobil listrik microbus solar car Suryawangsa 2. Sementara, Muhadjir terlihat duduk di kursi penumpang bagian depan. 

Perhelatan Muktamar ke-48 Muhammadiyah pada hari ini terlihat begitu meriah. Acara ini digelar di Stadion Manahan, Solo. Bahkan, mengundang sejumlah tamu negara dari tokoh agama seperi dari Vatikan hingga Timur Tengah. 

Sementara dalam pidatonya, Jokowi mendorong Muhammadiyah agar terus menyebarkan nilai-nilai Islam yang toleran dan penuh dengan kedamaian. "Melalui lembaga pendidikan ini saya mengharapkan peran sentral bapak ibu sekalian untuk terus menyebarkan Islam yang berkemajuan, Islam yang penuh dengan nilai-nilai toleransi," ujar Jokowi. 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Muhammadiyah yang fokus berperan dalam pengembangan di dunia pendidikan. Saat ini, sudah ada puluhan ribu lembaga pendidikan di bawah naungan Muhammadiyah dan Aisyiyah tersebar di Indonesia dan mancanegara.

Usai acara, Puan terlihat satu mobil dengan putra sulung Jokowi. Lalu, apa yang dibicarakan keduanya?

1. Gibran antar Puan meninjau Masjid Sheikh Zayed

Puan, Ganjar, Prabowo Dampingi Jokowi di Muktamar ke-48 MuhammadiyahWali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka tengah menunjukkan kepada Puan Maharani Masjid Sheikh Zayed di Solo pada 19 November 2022. (Dokumentasi Tim Ketua DPR)

Sementara, tujuan Gibran satu mobil dengan Puan lantaran ia hendak mengajak Ketua DPR itu menuju ke Masjid Sheikh Zayed yang baru diresmikan. Ia juga sempat diajak berkeliling di area masjid. Ia meninjau mulai dari teras, ruang utama masjid hingga tempat wudu. 

"Bagaimana pengelolaan masjid ini nantinya?" tanya Puan kepada pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed seperti dikutip dari keterangan tertulis pada hari ini. 

Direktur Urusan Agama Islam dan Bimbingan Syariah Masjid Raya Sheikh Zayed, Dr. Adib, menjelaskan pengelolaan masjid termegah di Solo ini akan berkoordinasi dengan Pemkot. Pengelola masjid itu juga sudah dibentuk di bawah koordinasi Kementerian Agama.

"Masjid Raya Sheikh Zayed akan menjadi pelopor dan pusat penyiaran serta penyebaran Islam toleran dan moderat," ungkap Adib. 

Baca Juga: Ketum PAN Harap Pimpinan Baru Muhammadiyah Bawa Kebaikan bagi Bangsa

2. Puan berharap Muktamar ke-48 Muhammadiyah bisa hasilkan pemimpin yang dorong kemajuan

Puan, Ganjar, Prabowo Dampingi Jokowi di Muktamar ke-48 MuhammadiyahKetua DPR Puan Maharani (dok. Pribadi/Puan Maharani)

Sementara, ketika ditanya harapannya melalui Muktamar ke-48 itu, Puan menyatakan semoga muktamar bisa berjalan dengan sukses. Rencananya puncak muktamar akan digelar pada Minggu (20/11/2022) dengan memilih ketua umum  baru. 

"Sukses terpilih Ketua Umum Muhammadiyah yang berkemajuan," kata Puan. 

3. Ganjar berharap semua calon ketua umum PP Muhammadiyah bisa respons kondisi bangsa

Puan, Ganjar, Prabowo Dampingi Jokowi di Muktamar ke-48 MuhammadiyahGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Sementara, ketika ditanyakan harapannya melalui Muktamar ke-48 Muhammadiyah, Ganjar turut mendoakan agar muktamar bisa berjalan dengan lancar dan sesuai rencana.

"Semua calon yang terpilih nantinya bisa merespons kondisi bangsa dan negara saat mengalami perubahan besar. Apalagi kontribusi Muhammadiyah kepada masyarakat lebih besar," kata Ganjar, yang juga partner dengan Puan, Jokowi, dan Gibran di PDI Perjuangan.

Baca Juga: Muktamar Muhammadiyah, Jokowi: Indonesia Bisa Jadi Titik Terang Dunia

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya