Puncak HUT ke-25 PAN Bakal Dihadiri Jokowi dan Parpol Koalisi Prabowo

PAN bakal gelar turnamen permainan tradisional

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) bakal menggelar puncak HUT ke-25 pada Senin dan Selasa pekan depan. Rencananya Presiden Joko "Jokowi" Widodo dan partai-partai koalisi Prabowo Subianto turut diundang dalam peringatan HUT tersebut. 

"Iya, Presiden Jokowi dan ketua umum-ketua umum Koalisi Prabowo bakal hadir di acara puncak HUT PAN," ungkap Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno kepada IDN Times melalui pesan pendek pada Jumat (25/8/2023) malam.

Rencananya acara yang akan dihadiri oleh Presiden Jokowi dan para ketua umum bakal digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat pukul 19.00 WIB. Ia menambahkan detail puncak HUT ke-25 PAN bakal disampaikan dalam jumpa pers khusus pada Sabtu esok di area Senopati, Jakarta Selatan. 

Sementara, di dalam keterangan tertulis PAN, partai dengan lambang mentari putih itu bakal menggelar PANtura yang bermakna PAN Turnamen. PAN mengaku ingin mengangkat kembali permainan tradisional yang sudah banyak dilupakan di era digital. 

"PANtura akan digelar pada 29 Agustus 2023," demikian isi keterangan tertulis PAN dan dikutip pada hari ini. 

1. Di usia ke-25 tahun, PAN bakal makin produktif dan aktif

Puncak HUT ke-25 PAN Bakal Dihadiri Jokowi dan Parpol Koalisi PrabowoMenteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas meninjau pergerakan harga minyak goreng curah di Pasar Toaya, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. (dok. Kemendag)

Sementara, menurut Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, usia 25 tahun bagi PAN merupakan pertanda bahwa parpol yang didirikan di era reformasi itu harus lebih aktif dan produktif. "Karena ibarat manusia, umur 25 tahun itu kan lagi aktif dan produktif-produktifnya. Jadi, PAN juga akan makin produktif dan aktif di usia ini," kata Zulkifli di dalam keterangan tertulis. 

Ia menambahkan acara PANtura bakal dibalut dengan konsep olahraga dengan permainan tradisional. Aktivitas itu, kata Zukifli, menjadi semacam pengingat pada permainan masa kecil yang saat ini sudah jarang dimainkan di area perkotaan. 

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menjelaskan di dalam PANtura terdapat 12 kelompok yang diketuai oleh para kader senior PAN mulai dari Eddy Soeparno, Yandri Susanto, Bima Arya, Eko Hendro Purnomo (Eko Patrio), Rizky Sadiq, Dessy Ratnasari, Zita Anjani, Sigit Purnomo, (Pasha Ungu), dan dr. Rosaline. "Ada pula sejumlah nama yang baru bergabung dengan PAN seperti Surya Utama (Uya Kuya), Verrel Bramasta hingga Tom Liwafa. 

Sementara, permainan tradisional yang akan dilakukan di PANtura antara lain tarik tambang, lomba bakiak, balap karung, hingga galasin. Acara itu juga bakal diisi penampilan dari sejumlah musisi antara lain band Ungu, Tofu dan ditutup oleh DJ Athalia. 

"Permainan tradisional yang akan dilombakan di PANtura tentu saja akan ada sedikit modifikasi aturan agar lebih menantang bagi peserta dan jadi lebih seru bagi penonton. Acara itu akan dipandu oleh Raffi Ahmad dan Nagita Slavina," ujar Ketua Panitia PANtura, Zita Anjani. 

Baca Juga: Ini Alasan Golkar dan PAN Dukung Prabowo Capres 2024

2. PAN yakin bisa meraih 60 kursi di Pemilu Legislatif 2024

Puncak HUT ke-25 PAN Bakal Dihadiri Jokowi dan Parpol Koalisi PrabowoGedung DPR RI (IDN Times/Kevin Handoko)

Sementara, dalam pemilu 2024, PAN menargetkan bisa meraih 60 kursi. PAN terlihat tetap optimistis meski hasil survei Litbang Kompas terbaru, partai tersebut tak berhasil melewati batas ambang parlemen 4 persen. 

Berdasarkan survei Litbang Kompas yang digelar pada 27 Juli-7 Agustus 2023, elektabilitas PAN ada di angka 3,4 persen. Namun, perlu diingat ada margin of error dari survei tersebut sebesar kurang lebih 2,65 persen.

"Aman. PAN selalu lolos setiap pemilu, yakin 2024 PAN (bisa meraih) 60 kursi," kata Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Maulana kepada media pada Kamis kemarin. 

Ia mengatakan prediksi dari sejumlah lembaga survei kepada PAN kerap meleset. Sebab, PAN terbukti dalam tiap pemilu selalu lolos dan masuk ke Senayan. 

"PAN tidak pernah gagal memperoleh kursi DPR RI. Jadi, ada perbedaan hasil super signifikan antara prediksi hasil pemilu melalui survei dengan hasil resmi pemilu yang ditetapkan oleh KPU," tutur dia lagi. 

3. PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 karena faktor historis

Puncak HUT ke-25 PAN Bakal Dihadiri Jokowi dan Parpol Koalisi PrabowoDeklarasi Golkar dan PAN dukung Prabowo Subianto jadi Capres 2024 (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Sementara, di Pemilu 2024, PAN memilih melabuhkan dukungan capres kepada Prabowo Subianto. Namun, PAN akan tetap berusaha mengusulkan Erick Thohir untuk mendampingi Prabowo sebagai bakal cawapres. Dukungan PAN itu disampaikan bersamaan dengan pernyataan serupa dari Golkar pada 13 Agustus 2023 lalu. Ketum PAN, Zulkifli Hasan mengatakan salah satu alasan partai yang ia pimpin mendukung Prabowo lantaran ada faktor kedekatan yang sudah terjalin selama satu dekade terakhir. 

PAN tercatat sejak Pilpres 2014 sudah berada di koalisi Prabowo. Meski di periode kedua kepemimpinan Jokowi, PAN akhirnya memilih bergabung ke dalam pemerintah. 

"Kami sudah 10 tahun bareng-bareng dengan Pak Prabowo kami meyakini perjuangan 10 tahun itu akan tuntas," ujar Zulhas di Museum Perumusan Naskah Proklamasi pada 13 Agustus 2023 lalu. 

https://www.youtube.com/embed/_-OnLj0kmf4

Baca Juga: [WANSUS] Sekjen PAN: KIB Sekoci Capres Pilihan Koalisi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya