Resmi Jadi Panglima, Yudo Bangga Capai Karier Tertinggi di TNI

Jenderal Andika lega telah tuntaskan tugas sebagai Panglima

Jakarta, IDN Times - Jenderal Andika Perkasa resmi menyerahkan jabatannya sebagai Panglima TNI kepada Laksamana Yudo Margono pada Selasa, (20/12/2022). Penyerahan jabatan itu dilakukan dalam upacara khusus di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur.

Upacara sertijab itu dimulai pukul 09:48 WIB. Sertijab ditandai dengan penyerahan panji Tri Dharma Eka Karma dari Jenderal Andika kepada Laksamana Yudo. Lalu, keduanya juga menandatangani dokumen serah terima jabatan.

Yudo mengaku bangga karena akhirnya bisa terpilih menjadi Panglima TNI. Ia tercatat adalah Panglima TNI ketiga dari matra Angkatan Laut (AL).

"Yang pertama, pasti bangga lah karena (dipercaya) jabatan tertinggi di TNI. Namun, di samping itu kami juga memiliki beban yang besar. Tadinya, saya memiliki tanggung jawab di Angkatan Laut tapi sekarang juga harus memiliki tanggung jawab di Angkatan Darat dan Angkatan Udara," ungkap Yudo dengan mengenakan pakaian dinas upacara khas TNI AL berwarna putih pada siang ini.

Sementara, Andika merasa lega lantaran telah mengakhiri masa dinas aktif di TNI. Ia pun memilih publik yang menilai hasil kinerjanya selama 13 bulan menjadi Panglima TNI.

"Tapi yang pasti saya merasa lega. Saya, istri dan keluarga berhasil menyelesaikan tugas sampai dengan di masa akhir," kata Andika di tempat yang sama.

Sebelumnya Yudo resmi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Kepresidenan pada Senin kemarin. Ia mengucapkan sumpah menjadi Panglima TNI di hadapan sejumlah pejabat tinggi, termasuk mantan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Yudo bakal menjadi Panglima TNI kurang dari satu tahun. Meski demikian, Yudo tidak merasa terbebani lantaran masa jabatan yang singkat. Ia menyebut hanya ingin fokus untuk bisa menuntaskan tugas yang diberikan oleh Jokowi.

Baca Juga: Yudo Margono Resmi Jadi Panglima, Puan Minta TNI Netral di Pemilu 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya