Sampaikan Duka Cita pada Ridwan Kamil, Jokowi: Saya Tak Bisa Bayangkan

Sikap tabah Kang Emil dianggap bisa jadi teladan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo turut menyampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril. Pemuda berusia 22 tahun itu dinyatakan meninggal oleh keluarga usai hanyut terbawa arus Sungai Aare, Bern, Swiss pada 26 Mei 2022.

"Atas nama pribadi, bangsa dan negara, saya ingin menyampaikan duka cita yang mendalam, atas kepergian ananda Emmeril Khan Mumtadz. Innalilahi wa innalilahi rojiun. Kami mendoakan semoga almarhum diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya," ungkap Jokowi seperti dikutip dari akun media sosialnya, Sabtu (4/6/2022). 

Jokowi yang juga orang tua dari tiga anak--dua di antaranya laki-laki, dapat merasakan betul beban berat yang harus ditanggung keluarga Ridwan Kamil saat kehilangan putra semata wayang itu. 

"Sebagai orang tua, saya tidak dapat membayangkan betapa berat perasaan dan beban yang harus dipikul dan dihadapi oleh Pak Ridwan Kamil serta Ibu Atalia," kata dia. 

Namun di sisi lain, Jokowi melihat Ridwan Kamil bisa tetap terlihat tegar dan tabah usai kehilangan Eril. Sikap itu, kata Jokowi, bisa menjadi teladan bagi masyarakat. 

"Sekali lagi saya menyampaikan turut bela sungkawa," tutur Presiden. 

Jokowi mengaku sudah sempat menelepon pria yang akrab disapa Kang Emil itu. Ketika itu, keluarga belum menyatakan Eril meninggal dunia. Bahkan, Jokowi juga memberikan instruksi kepada Kementerian Luar Negeri dan KBRI di Bern, untuk memberikan bantuan maksimal agar Eril bisa ditemukan.

Lalu, apakah pencarian terhadap jasad Eril tetap dilanjutkan usai ia diumumkan meninggal?

1. Kang Emil minta pencarian terhadap jasad Eril tetap dilanjutkan hingga ketemu

Sampaikan Duka Cita pada Ridwan Kamil, Jokowi: Saya Tak Bisa BayangkanSalam perpisahan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil bersama keluarga bagi putra sulung mereka, Eril, sebelum kembali ke Indonesia. (www.twitter.com/@teguh_korjakbdg)

Kang Emil memastikan pencarian terhadap jenazah putra sulungnya, bakal tetap dilanjutkan. Ia berharap jenazah Eril bisa ditemukan usai hanyut di Sungai Aare, Swiss pada 26 Mei 2022.

"Pencarian jasad Eril akan terus dilakukan sampai batas waktu yang tidak ditentukan," ungkap Ridwan Kamil di akun media sosialnya, Sabtu (4/6/2022). 

Itu merupakan unggahan kedua Ridwan Kamil di media sosial, usai putranya dinyatakan hilang dan meninggal. Kang Emil, istri dan putrinya terpaksa kembali ke Indonesia lantaran masa cutinya habis pada hari ini. Mantan Wali Kota Bandung itu pun berusaha mengikhlaskan kepergian Eril.

Dalam unggahan media sosialnya, Kang Emil menuliskan pesan mengharukan. Ia menitipkan jasad putra sulungnya itu kepada Sungai Aare. 

"Wahai Sungai Aare, sebagai sesama mahluk Allah SWT, aku titipkan jasad anak kami kepadamu. Sudah ku kumandangkan adzan terbaikku di tepi batasmu. Bahagiakan dia dalam keindahanmu, selimuti dia dalam kehangatanmu, lindungi dia dalam kemegahanmu, sucikan dia dalam kejernihanmu, jadikan doa-doa kami cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu," demikian pesan haru yang ditulis Kang Emil. 

Baca Juga: Ridwan Kamil: Pencarian Jasad Eril akan Tetap Dilakukan di Sungai Aare

2. Jasad Eril belum ditemukan memasuki hari ke-8 pencarian

Sampaikan Duka Cita pada Ridwan Kamil, Jokowi: Saya Tak Bisa BayangkanEril dan Ridwan Kamil (instagram.com/emmerilkahn)

Mengutip keterangan tertulis dari situs resmi KBRI Bern pada Sabtu (4/6/2022), pencarian yang dilakukan pada Jumat kemarin belum membuahkan hasil positif. Pencarian dilakukan dengan menggunakan metode patroli darat dan patroli perahu. 

"Sementara, drone tak dapat digunakan karena situasi hujan di area Kota Bern," ungkap KBRI Bern. 

Polisi juga sudah menerjunkan anjing pelacak sepanjang 2 kilometer di area Wohlensee. Namun, belum ada hasil yang positif. 

Sementara, ketika Kang Emil harus kembali ke Indonesia, proses pencarian jasad Eril akan diwakilkan secara langsung adiknya, Elpi Nazmuzaman. Ia sudah tiba di Swiss sejak 1 Juni 2022, dan akan mengabari perkembangannya kepada Kang Emil secara rutin. 

3. Polri sebut Interpol sudah terbitkan yellow notice atas nama Eril

Sampaikan Duka Cita pada Ridwan Kamil, Jokowi: Saya Tak Bisa BayangkanGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (jaket kuning) didampingi Duta Besar Indonesia untuk Swiss, Muliaman D. Hadad mendengarkan penjelasan dari polisi Swiss terkait pencarian Eril yang hanyut di Sungai Aare, 26 Mei 2022. (Dokumentasi KBRI Bern)

Sementara, Mabes Polri menyebut interpol telah menerbitkan yellow notice atas nama Eril. Yellow notice itu sesuai dengan permintaan Polri sebagai bagian untuk mencari tubuh Eril. 

Yellow Notice merupakan permohonan kepada lembaga kepolisian di seluruh dunia untuk mencari korban penculikan karena tindak kejahatan, atau orang hilang yang belum diketahui sebabnya.

"Interpol sudah merilis Yellow Notice (atas nama) Eril," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen (Pol) Dedi Prasetyo seperti dikutip dari laman resmi Polri, 2 Juni 2022.

Menurut dia, Yellow Notice itu ditujukan kepada anggota Interpol di seluruh dunia. Dengan diterbitkan Yellow Notice, maka seluruh negara yang menjadi anggota Interpol dapat ikut serta memberikan informasi bila menemukan tubuh Eril.

Menurut Dedi, Polri terus bekerja sama dengan kepolisian di Swiss dan KBRI untuk memantau perkembangan pencarian Eril. Ia menegaskan, langkah penerbitan Yellow Notice yang diajukan pihaknya ini merupakan langkah pro-aktif dari Polri untuk ikut membantu pencarian putra Gubernur Jabar tersebut.

"Kami akan berusaha maksimal dalam upaya membantu agar Eril segera ditemukan. Mari kita ikut membantu dan mendoakan," tutur Dedi. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Lantunkan Azan di Tepi Sungai Aare Swiss buat Eril

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya