Soal Pernyataan Maaf Rocky Gerung, PDIP: Saling Memaafkan Itu Bagus

Rocky Gerung minta maaf karena telah buat gaduh

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyebut partainya telah memaafkan Rocky Gerung yang dianggap menghina Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Hasto mengatakan, sikap saling memaafkan merupakan salah satu budaya masyarakat timur.

Pernyataan itu disampaikan Hasto saat ditanya terkait pernyataan maaf Rocky Gerung karena kalimat yang diduga menghina Presiden Jokowi memicu kegaduhan. Satu pekan terakhir, publik berdebat apakah kalimat 'bajingan tolol' yang dikeluarkan Rocky Gerung dianggap kritik atau penghinaan.

"Sesuai budaya timur, kita kan sebagai insan yang bertakwa kepada Tuhan, saling memaafkan itu sikap yang bagus. Jadi, ketika Bung Rocky Gerung sudah meminta maaf, apalagi sekiranya itu dilakukan dengan kesadaran nurani yang bening bahwa sebagai bangsa timur kita harus menyampaikan hal-hal yang positif apalagi ini menyangkut sosok presiden, ini merupakan hal yang baik," ungkap Hasto di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (5/8/2023). 

Meski begitu, Hasto tak menjelaskan apakah PDIP akan mencabut laporan di Bareskrim Polri setelah menerima permintaan maaf Rocky Gerung. Laporan itu dibuat di Bareskrim pada 2 Agustus 2023.

Anggota Tim Hukum Badan Bantuan Hukum dan Avokasi Rakyat (BBHAR) DPP PDIP, Johannes L Tobing mengatakan, pelaporan tersebut sengaja dilakukan karena pernyataan Rocky terhadap Jokowi dinilai masuk kategori ujaran kebencian, fitnah, hingga penyeberan berita bohong atau hoaks.

Di sisi lain, Rocky bersikukuh tidak akan meminta maaf kepada PDIP, termasuk Hasto.

Baca Juga: Rocky Gerung Sentil Moeldoko: Lebih Mirip Preman Dibandingkan Pejabat

1. PDIP bantah ikut persekusi ceramah Rocky Gerung di Yogyakarta

Soal Pernyataan Maaf Rocky Gerung, PDIP: Saling Memaafkan Itu BagusAkademisi Rocky Gerung ketika memberikan keterangan pers pada Jumat, 4 Agustus 2023. (Tangkapan layar YouTube Rocky Gerung)

Hasto membantah PDIP ikut mengadang dan mempersekusi Rocky saat memberikan ceramah di Sleman, Yogyakarta pada 2 Agustus 2023. Di lokasi tersebut, terlihat wajah salah satu anggota DPR PDIP dari dapil Yogyakarta, My Esti Wijayanti.

My Esti diduga memimpin sekelompok orang yang memprotes kehadiran Rocky di sebuah kafe. My Esti meminta Rocky hengkang dari Yogyakarta jika ingin dialog itu tetap berlangsung.

"Kita tidak pernah mengadang. Kami ini partai yang turun ke bawah berada di akar rumput. Ketika ada pihak-pihak yang terhadap sosok Presiden Jokowi, yang selalu turun ke bawah bersama rakyat, maka kami menghindarkan hal-hal yang tidak diinginkan. Maka, ada kader-kader yang secara spontan menempuh jalur hukum," kata Hasto. 

Alhasil, Rocky batal memberikan ceramah pada acara tersebut. 

Baca Juga: Kritiknya Bikin Gaduh dan Onar di Publik, Rocky Gerung Minta Maaf

2. Rocky Gerung minta maaf karena perselisihan di ruang publik semakin tak menentu

Soal Pernyataan Maaf Rocky Gerung, PDIP: Saling Memaafkan Itu BagusAkademisi Rocky Gerung (tengah) ketika memberikan keterangan pers pada Jumat, 4 Agustus 2023. (IDN Times/Santi Dewi)

Sementara, dalam pemberian keterangan pers, Rocky meminta maaf karena perselisihan soal pernyataannya itu dianggap menghina presiden atau tidak, semakin tak tentu arahnya. Namun, Rocky menggarisbawahi tidak akan meminta maaf kepada Hasto atau PDIP. 

"Saya minta maaf karena perselisihan ini malah semakin menjadi-jadi," ujar Rocky di Menteng, Jakarta Pusat. 

Menurutnya, hal tersebut menjadi tanda bahaya. Sebab, ia menduga kuat ada berbagai kepentingan lain yang ingin menumpang dari kegaduhan itu.

"Tapi, saya tidak akan berhenti menjadi pengkritik. Itu dasarnya. Rumah saya yang berada di Sentul diintai, lalu nomor saya dimasukan ke dalam berbagai WhatsApp Group lalu dimaki-maki. Kalau hal itu sudah biasa," kata dia. 

Baca Juga: Rocky Gerung Dianggap Hina Presiden, AHY: Demokrasi Harus Kita Jaga

3. Jokowi tak ambil pusing soal pernyataan Rocky Gerung

Soal Pernyataan Maaf Rocky Gerung, PDIP: Saling Memaafkan Itu BagusRocky Gerung (IDN Times/Fitang Budhi)

Sementara, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku tidak terlalu ambil pusing atas pernyataan Rocky Gerung ketika berbicara di hadapan para buruh. Bagi mantan Wali Kota Solo itu, pernyataan Rocky hanya hal kecil dan tak perlu ditanggapi serius. 

"Itu hal-hal kecil lah," kata Jokowi di Senayan Park, Jakarta Pusat pada Rabu kemarin. 

Jokowi memilih tetap fokus bekerja dan menyelesaikan tugasnya yang tersisa 1,5 tahun lagi.

"Saya kerja saja," tutur dia. 

https://www.youtube.com/embed/bv0TbqblinI

Baca Juga: Dilaporkan, Rocky Gerung Singgung Kedekatan dengan Putra Jokowi

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya