Survei IPO: Anies Salip Ganjar, Pilpres 2024 Sulit Satu Putaran

Prabowo masih unggul, Anies salip Ganjar

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Indonesian Political Opinion (IPO) merilis hasil survei terbaru, Kamis (11/1/2024). Salah satu temuan pentingnya yaitu elektabilitas pasangan capres-cawapres nomor satu, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) sudah tembus di angka 34,5 persen.

Sedangkan, elektabilitas teratas masih dipegang pasangan capres nomor urut dua, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka yaitu 42,4 persen. Elektabilitas Prabowo-Gibran yang menargetkan menang satu putaran Pemilu 2024, sebulan jelang pemilu belum berhasil menembus angka 50 persen. Sementara, elektabilitas pasangan capres nomor urut tiga, Ganjar Pranowo-Mahfud MD ada di posisi buncit, yaitu di angka 24,9 persen. 

Direktur eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah, mengatakan berdasarkan temuan lembaganya, masuknya Muhaimin mendongkrak elektabilitas Anies sebanyak 2,4 persen. Sedangkan, bergabungnya Gibran pada Prabowo hanya mendongkrak elektabilitas Menteri Pertahanan itu sebanyak 0,8 persen. 

"Mahfud MD justru sebaliknya, menurunkan elektabilitas Ganjar cukup tajam, yaitu sebesar 3,4 persen," kata Dedi, dikutip dari keterangan tertulis hari ini. 

Dedi menyebut bila dibandingkan dengan survei IPO pada November, hanya pasangan Ganjar-Mahfud yang mengalami penurunan secara stabil. Sementara, Gibran berhasil memberikan daya ungkit. 

Survei kali ini dilakukan pada 1-7 Januari 2024, dengan melibatkan sampel 1.200 responden yang tersebar proporsional di seluruh provinsi di Indonesia. Setting pengambilan sampel menggunakan teknik multistage random sampling (MRS) atau pengambilan sampel bertingkat. Metode itu memiliki pengukuran kesalahan 2,5 persen dengan tingkat akurasi data 95 persen.

Baca Juga: Survei SMRC: Program Makan Siang-Susu Gratis Tak Dibutuhkan Warga

1. Pemilu 2024 sulit terjadi satu putaran

Survei IPO: Anies Salip Ganjar, Pilpres 2024 Sulit Satu PutaranSimulasi pencoblosan dari KPU Solo di Baluwarti. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Dedi mengatakan, elektabilitas Anies mengalami penguatan meninggalkan Ganjar secara signifikan. Penyebabnya, kata dia, karena Anies dianggap meyakinkan dalam penyampaian paparan, gagasan, dan rencana kerja.

Selain itu, Dedi mengatakan, peningkatan ini dipengaruhi intensitas Anies dalam berkomunikasi dengan masyarakat, termasuk melalui media sosial.

Di luar itu, Dedi mengatakan, ketokohan Anies cukup kuat diingat publik sebagai calon pemimpin yang berwibawa, meskipun kenaikan elektabilitas Anies masih tertinggal dengan Prabowo. Dedi juga menyebut situasi ini membuat Pemilu 2024 lebih mungkin berjalan dua putaran. 

"Dengan sebaran elektabilitas yang ada, akan sulit dilakukan Pilpres satu putaran. Hal ini membangun peluang Anies bisa membalikkan situasi pada putaran kedua nanti," ujar Dedi. 

Baca Juga: Dilaporkan Bawaslu soal Lahan Prabowo, Anies: Saya Pakai Data Jokowi

2. Suara pendukung parpol pengusung banyak yang masih bocor ke paslon lain

Survei IPO: Anies Salip Ganjar, Pilpres 2024 Sulit Satu PutaranSebaran suara capres-cawapres berdasarkan pilihan partai di rilis survei IPO periode awal Januari 2024. (Tangkapan layar dokumen survei IPO)

Temuan yang menarik lainnya dari survei IPO, yaitu masih tingginya kebocoran suara dari parpol pengusung paslon. Kebocoran suara pendukung yang cukup tinggi terjadi di basis pendukung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Sebanyak 32,5 persen pendukung PKB melabuhkan dukungan kepada pasangan Prabowo-Gibran. Sementara, sebanyak 26,2 persen pendukung Partai NasDem yang mendukung Anies-Cak Imin juga mendukung Prabowo-Gibran. 

Sedangkan, sebanyak 65,7 persen pendukung NasDem berada di sisi paslon nomor urut satu. Baru 45,6 persen pendukung PKB yang melabuhkan dukungan kepada Anies-Muhaimin. 

Sementara, pendukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Ummat terlihat solid mendukung paslon nomor urut satu. Sebanyak 90 persen pendukung Partai Ummat mendukung Anies-Muhaimin. Sementara, sebanyak 88,5 persen pendukung PKS memberikan dukungan kepada paslon nomor urut satu. 

Sebaliknya, sebanyak 25,2 persen pendukung Partai Golkar justru mendukung Anies-Muhaimin. Hanya 47,5 persen yang memberikan dukungan kepada Prabowo-Gibran. Paslon nomor urut dua hanya dapat dukungan yang solid dari pendukung Partai Gerindra yakni 84,9 persen. 

Sebanyak 37,5 persen pendukung Partai Amanat Nasional (PAN) memilih mendukung AMIN, dan 52,9 persen mendukung paslon Prabowo-Gibran. 

Di sisi lain, hanya 61,4 persen pendukung PDI Perjuangan (PDIP) yang menyatakan dukungan ke paslon nomor urut tiga. Sisanya 27,5 persen pendukung PDIP bocor ke paslon Prabowo-Gibran. 

Begitu pula dengan pendukung Partai Persatuan Pembangunan (PPP), hanya 35,8 persen pendukungnya yang memberi dukungan untuk Ganjar-Mahfud. Sisanya 31,6 persen pendukungnya lari ke paslon Prabowo-Gibran. 

3. Hanya 12 persen responden yang ubah pilihan usai nonton debat capres

Survei IPO: Anies Salip Ganjar, Pilpres 2024 Sulit Satu Putaranistilah yang muncul di debat ketiga capres (instagram.com/aniesbaswedaninstagram.com/prabowoinstagram.com/ganjar_pranowo)

Temuan lainnya yaitu mayoritas responden tidak akan mengubah pilihannya, usai menonton sesi debat capres dan cawapres Pemilu 2024. Angkanya mencapai 64 persen. 

Sementara, kelompok pemilih yang menyatakan terpengaruh debat capres-cawapres mencapai 12 persen. Sebanyak 7 persen responden mengaku ragu dengan pilihan yang sudah ditetapkan saat ini. 

Hal lain yang juga terungkap dari survei IPO yaitu 87 persen responden tidak merasa perlu mendengarkan gagasan yang disampaikan masing-masing paslon. Pilihan mereka akhirnya berubah karena faktor meyakinkan dari sisi penampilan. 

"Jadi, mereka memilih bukan karena faktor substansi, ide, dan rencana yang dijanjikan," kata Dedi. 

Hanya sebanyak 6,1 persen responden yang menyatakan bakal mempertimbangkan gagasan terkait penegakan hukum dan pemberantasan korupsi. Sedangkan, 3,9 persen responden menyatakan perlu mendengar gagasan paslon terkait isu demokrasi, keadilan, dan kebebasan berpendapat. Sedangkan, sebanyak 1,4 persen responden mengaku mendengarkan ide capres di bidang politik dan keamanan. 

 

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

https://www.youtube.com/embed/yuo7XrXc124

Baca Juga: Helikopter Tidak Dapat Izin, Anies Batal Kampanye di Padangsidimpuan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya