Timnas AMIN Gelar HalalbihaIal di Kediaman Anies, Sinyal Dibubarkan?

Halalbihalal dihadiri Anies-Cak Imin

Jakarta, IDN Times - Anggota tim nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berkumpul di kediaman capres nomor urut satu Anies Baswedan di area Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (30/4/2024). Acara ini merupakan halalbihalal pasca-pembacaan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Sejumlah tokoh politik terlihat hadir dalam acara ini. Mulai dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, Wakil Ketum PKB Jazilul Fawaid, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu, Sekjen Partai NasDem Hermawi Taslim, Tom Lembong, Kapten Timnas Muhammad Syaugi Alaydrus, Ketua Dewan Pakar Hamdan Zoelva, hingga Ketua Tim Hukum Nasional AMIN Ari Yusuf Amir. Sementara, Kapten Pelaksana Timnas AMIN Sudirman Said terlihat absen karena ia sedang berada di Belanda. 

Dari pantauan IDN Times, acara halalbihalal tersebut baru dimulai pukul 12.20 WIB. Tetapi acara halalbihalal tersebut tertutup untuk media.

Juru bicara timnas AMIN, Billy David Nerotumilena tak menampik acara halalbihalal ini menjadi momen timnas AMIN resmi dibubarkan. Semula acara tersebut digelar pekan lalu, namun ditunda pada hari ini. 

"Dalam undangan tidak ada agenda pembubaran. Tajuknya hanya halal bihalal. Namun, karena agenda Pilpres sudah selesai, mungkin bisa dimaknai demikian.  Apalagi sudah ditegaskan oleh Gus Imin kemarin," ujar Billy kepada media di Jakarta pada 26 April 2024. 

Lalu, bagaimana nasib pasangan AMIN selanjutnya?

1. Anies enggan berspekulasi soal tawaran masuk kabinet Prabowo-Gibran

Timnas AMIN Gelar HalalbihaIal di Kediaman Anies, Sinyal Dibubarkan?Anies Baswedan ketika menghadiri penetapan Prabowo-Gibran sebagai capres-cawapres terpilih di KPU. (www.instagram.com/@aniesbaswedan)

Sebelumnya, Anies sudah menyampaikan tidak ingin berspekulasi soal tawaran yang mungkin masuk di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Menurutnya, hal tersebut menjadi hak prerogatif Prabowo.

Anies menilai tidak patut dirinya memberi pernyataan apapun terkait kursi di pemerintahan. Sebab, hal tersebut harus langsung disampaikan Prabowo. 

"Saya gak mau berspekulasi (soal tawaran menteri). Kenapa? Karena ini menyangkut kepatutan. Wong yang berhak menawarkan saja belum menyampaikan, masak saya jawab?" tanya Anies seperti dikutip dari wawancara khusus di stasiun Metro TV pada 27 April 2024. 

"Coba, kalau saya jawab 'saya bersedia', lalu yang di sana bilang 'memang kami mau menawari?' Lain waktu saya jawab 'saya tidak bersedia', dijawab lagi 'memang kami mau nawari?' Makanya, saya ingin jaga kepatutan itu," tutur dia. 

Meski begitu, Anies mengaku akan memberikan respons dengan cara terhormat seandainya tawaran sebagai menteri menghampirinya. Respons itu bisa menerima atau menolak tawaran jadi menteri. 

"Tapi, yang perlu saya garis bawahi respons itu sesudahnya (ada tawaran), bukan sebelumnya," katanya. 

Baca Juga: Menunggu Keputusan Politik Anies: Silaturahmi Dulu

2. Anies ingin rehat sejenak usai rangkaian Pilpres 2024

Timnas AMIN Gelar HalalbihaIal di Kediaman Anies, Sinyal Dibubarkan?Anies Baswedan didampingi istri dan Sekjen PKS Aboe Bakar (IDN Times/Aryodamar)

Anies juga mengaku ingin rehat sejenak setelah menyelesaikan rangkaian Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 sengketa hasil Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Saya sekarang rehat dulu, setelah selesai proses di MK, kita hormati proses bernegara, kami tuntas kemarin sekarang lagi rehat," kata Anies pada 27 April 2024 di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan. 

Jawaban serupa disampaikan Anies ketika ditanya peluangnya menjadi calon gubernur DKI Jakarta melalui Partai Nasdem untuk Pilkada 2024.

"Relaks relaks, nanti aba-abanya dari Habib Aboe (Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Alhabsyi)," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu berseloroh. 

Anies menyampaikan, keputusannya untuk rehat ini bukan berarti sedang memikirkan tawaran Nasdem tersebut, tetapi untuk menandakan bahwa keterlibatannya dalam rangkaian Pilpres 2024 telah berakhir.

"Kita tutup buku membereskan semua kerja-kerja kemarin sehingga ada closure, setelah closure baru nanti kita siapkan tahap berikutnya," tutur dia. 

3. PKB nyatakan gabung pemerintahan Prabowo-Gibran

Timnas AMIN Gelar HalalbihaIal di Kediaman Anies, Sinyal Dibubarkan?Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar menerima Presiden Terpilih Prabowo Subianto di DPP PKB. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara, langkah Muhaimin berbeda dari Anies Baswedan. Ia tegas menyatakan bakal merapat ke pemerintahan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Menurutnya, sikap itu telah disampaikan dengan pernyataannya saat bertemu Prabowo pada 24 April 2024. 

Ia menyebutkan siap bekerja sama dengan Prabowo dan Partai Gerindra.

"Saya rasa sudah tidak perlu dijawab, sudah cetho (jelas mendukung Prabowo-Gibran)," ujar Muhaimin kepada media di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat pada 25 April 2024. 

Kemudian, ia menjawab dengan nada serupa ketika media menanyakan apakah PKB akan berada dalam pemerintahan ke depan.

"Sudah jelas, sudah (di pemerintahan)," katanya. 

Sementara, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid menjelaskan bahwa PKB dalam posisi siap mendukung pemerintahan Prabowo-Gibran. Namun, pernyataan itu baru akan disampaikan secara jelas saat keduanya dilantik pada Oktober 2024.

https://www.youtube.com/embed/CgDSqxnp1Xc

Baca Juga: Pesan Anies ke Prabowo: Biarkan Partai Beroposisi agar Muncul Diskusi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya