TNI AL Bakal Beli 35 Unit Mobil Esemka untuk Operasional

Mobil esemka tiba-tiba muncul di acara IIMS 2023

Jakarta, IDN Times - Lama tidak terdengar kabarnya, Esemka tiba-tiba membuat kejutan dengan muncul di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023. Esema muncul dengan membawa dua mobil baru niaga andalannya, yaitu Esemka Bima 1.3 dan Esemka Bima EV. Rencananya sebanyak 35 unit Esemka bakal diboyong oleh TNI Angkatan Laut (AL). 

Kepala Dinas Penerangan TNI AL, Laksamana Pertama, Julius Widjojono mengatakan instansinya bakal membeli 35 unit Esemka jenis Pikap Bima 1.300 CC.

"Ini untuk menunjang operasional di seluruh satuan TNI AL," ungkap Julius seperti dikutip dari keterangan tertulis pada Jumat, (24/2/2023). 

Ia menjelaskan bahwa pikap Bima 1.300 CC merupakan unit kendaraan roda empat produksi dalam negeri yaitu PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Boyalali, Jawa Tengah. "Tentunya hal tersebut selaras dengan komitmen Kepala Staf TNI AL, Muhammad Ali yang menekankan penggunaan produk dalam negeri dan mengurangi penggunaan (barang) impor," kata dia. 

Beberapa waktu lalu, Ali menegaskan agar satuan TNI AL ikut menyukseskan program pemerintah dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). Hal itu disampaikan ketika dilakukan pelaksanaan kontrak bersama. 

"Saya perintahkan kepada seluruh jajaran hingga satuan terbawah untuk mendukung program pemerintah dengan mendorong penyedia untuk memasukan produk barang dan jasa ke dalam etalase e-katalog sektoral TNI AL. Sehingga, target dan cita-cita pemerintah terkait kemandirian industri dan perekonomian dapat terealisasi," ujar Ali. 

Lalu, apa keistimewaan Esemka jenis pikap Bima tersebut?

1. Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS bekerja sama dengan pabrikan dari luar RI

TNI AL Bakal Beli 35 Unit Mobil Esemka untuk OperasionalPresiden Jokowi kunjungi booth Esemka di IIMS 2023, Kamis (16/2/2023) (IDN Times/Istimewa)

Kemunculan Esemka di ajang IIMS 2023 membetot perhatian banyak pihak, termasuk Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Sebab, beberapa tahun lalu, mobil itu pernah dipopulerkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut lalu menghilang. Kendaraan Esemka mengusung dari Esemka Bima, model pertama yang diluncurkan beberapa tahun lalu dan ikut dihadiri oleh Jokowi. 

Kini, mobil Esemka diluncurkan dengan menggunakan penggerak energi listrik. Kendaraan tersebut diberi nama Esemka Bima EV. Ia tersedia dalam dua tipe yaitu pikap dan minibus. 

Presiden Direktur SMK, Eddy Wirajaya mengatakan bahwa pengenalan mobil listrik Esemka di IIMS 2023 diharapkan dapat berkontribusi mempercepat proses peralihan ke kendaraan listrik yang lebih ramah lingkungan. 

"Prototipe mobil listrik Esemka yang dipamerkan di IIMS, merupakan hasil kolaborasi dengan pabrikan otomotif lain di luar negeri,” ujar Eddy di lokasi IIMS pada 16 Februari 2023 lalu.

Baca Juga: Jokowi Kunjungi Esemka di IIMS 2023, Bentuknya Kini Mobil Listrik

2. Esemka Bima EV dilengkapi baterai listrik, bisa quick charging

TNI AL Bakal Beli 35 Unit Mobil Esemka untuk Operasionalfacebook/mobnas

Sementara, sumber penggerak Esemka EV berasal dari motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor dengan kode TM4018. Motor listrik itu mampu menghasilkan daya 75 kW atau 100 daya kuda dan torsi maksimal 165 Newton meter.

Esemka Bima EV dilengkapi baterai listrik Terany Lithium berkapasitas 49,1 kWh dengan tegangan 350,4 Volt, yang bisa diisi dengan sistem pengisian cepat alias quick charging DC selama satu jam dan pengisian normal AC hingga 8 jam. Jarak tempuhnya 300 kilometer sekali cas.

3. TNI AL nilai tak ada alasan tak gunakan Esemka Bima

TNI AL Bakal Beli 35 Unit Mobil Esemka untuk Operasionalfacebook/mobnas

Sementara, Kadispenal Laksamana Pertama, Julius Widjojono, mengatakan semakin banyak produk buatan dalam negeri digunakan maka diharapkan dapat berdampak nyata terhadap pemulihan ekonomi nasional. Dengan begitu, Indonesia bisa semakin mandiri dalam hal rantai suplai global. Salah satu caranya dengan menggunakan mobil Esemka. 

"Jika memang (mobil Esemka) bagus secara operasional, lebih ekonomis dalam aspek pengadaan serta suku cadang terjamin, tentu tidak ada alasan untuk tidak menggunakan produk dalam negeri," kata Julius. 

Baca Juga: ESEMKA Bawa Mobil Listrik ke IIMS 2023, Ini Spesifikasinya

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya