Viva Yoga Bujuk Kaesang Masuk PAN, Biar Bersaing Politik dengan Gibran

Yoga sebut agar Kaesang tak 'satu rumah' dengan Gibran

Jakarta, IDN Times - Partai Amanat Nasional (PAN) tidak ingin ketinggalan kesempatan membujuk Kaesang Pangarep, yang diebut-sebut bakal terjun ke dunia politik. Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, mengaku tak heran bila Kaesang pada akhirnya menunjukkan minat terjun ke dunia politik.

Apalagi, kata Yoga, darah politisi memang kental mengalir dalam diri keluarga Kaesang. Sang ayah, Presiden Joko "Jokowi" Widodo merupakan kader PDI Perjuangan (PDIP). Begitu juga kakak pertama dan kakak iparnya, juga bagian dari partai belogo kepala banteng moncong putih itu. Kakak sulungnya, Gibran Rakabuming Raka kini menjabat sebagai Wali Kota Solo. Sementara, kakak iparnya, Bobby Nasution duduk sebagai Wali Kota Medan. 

"Jika Mas Kaesang akan terjun ke dunia politik, maka itu ibarat buah jatuh tidak jauh dari pohonnya. Artinya, keluarga politisi biasanya akan melahirkan anak politisi juga. Keluarga artis biasanya akan melahirkan anak artis. Hal itu sesuatu yang wajar dan lumrah," ungkap Yoga kepada IDN Times melalui pesan pendek, Jumat (27/1/2023). 

Dia menduga salah satu penyebab Kaesang memilih ikut terjun ke politik praktis tak lepas dari darah yang mengalir, budaya, dan kebiasaan keluarga yang terbentuk. "Itu menjadi faktor penting dalam menentukan pilihan dan eksistensi seseorang," ujarnya. 

Yoga pun mendukung Kaesang terjun ke dunia politik. Apalagi, kata dia, Kaesang bisa menjadi representasi dari kelompok milenial dan gen z. 

"Politik yang diisi oleh anak muda akan melahirkan visi, ide, dan gagasan yang kontekstual sesuai dengan zamannya," tutur dia. 

Lalu, apa faktor keunggulan yang dimiliki PAN sehingga bisa menarik Kaesang untuk bergabung?

1. PAN ajak Kaesang gabung agar tak semua jadi kader PDIP

Viva Yoga Bujuk Kaesang Masuk PAN, Biar Bersaing Politik dengan GibranWakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi (www.dpr.go.id)

Menurut Yoga, Kaesang sebaiknya masuk menjadi kader PAN. "Mengapa begitu? Agar jangan 'satu rumah' dengan Mas Gibran, supaya nantinya bisa bersaing secara politik," kata Yoga, tertawa. 

PAN merupakan partai pendukung pemerintahan Jokowi. Namun, dari segi perolehan kursi di DPR, partai yang diketuai Zulkifli Hasan ini memiliki 44 kursi dengan raihan suara 9,5 juta pada Pileg 2019. Sementara, PDIP mempunyai 128 kursi dengan raihan suara 27,5 juta suara. 

Baca Juga: Kaesang Sudah Temui FX Rudy, Bahas Langkah untuk Jadi Walkot Solo?

2. Gibran sebut Kaesang berminat menduduki jabatan di tingkat eksekutif

Viva Yoga Bujuk Kaesang Masuk PAN, Biar Bersaing Politik dengan Gibraninstagram.com/@kaesangp

Sementara, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan adiknya itu berminat menduduki jabatan eksekutif sebagai langkah awal terjun di dunia politik praktis. Hal ini sekaligus menepis pernyataan bahwa Kaesang mengincar kursi untuk menjadi anggota DPR di Senayan. 

"(Dia incar posisi) eksekutif," ungkap Gibran ketika menghadiri groundbreaking Museum Budaya, Sains dan Teknologi Bengawan Solo dan Moxy Hotel, Rabu (25/1/2023). 

Gibran diisukan tidak akan melanjutkan jabatannya sebagai Wali Kota Solo. Sebab, ia disebut-sebut tengah mengincar posisi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Langkah politik Gibran diprediksi akan menyerupai sang ayah, Jokowi. 

Namun, ketika ditanyakan apakah Kaesang melirik kursi sebagai Wali Kota Solo, Gibran enggan menjawabnya. Ia meminta media menanyakan langsung kepada pengusaha muda itu. 

"Yo, ora ngerti (gak tahu). Tekono (tanyakan) Kaesang," tutur dia. 

Gibran mengaku tidak akan ikut campur keputusan adiknya di bidang politik. Ia memberi kebebasan penuh kepada Kaesang untuk memilih partai dan daerah yang akan menjadi medan pertarungannya nanti.

"Kaesang aja yang memutuskan. Beda partai boleh, sama boleh, independen boleh. Semua bagus. Tergantung de'e ngko milih kota apa ya (dia nanti memilih kota apa)," ujarnya. 

3. Jokowi dan Gibran terkejut saat dengar Kaesang berminat terjun ke dunia politik

Viva Yoga Bujuk Kaesang Masuk PAN, Biar Bersaing Politik dengan GibranPresiden Joko "Jokowi" Widodo dan Ibu Negara menghabiskan cuti bersama Imlek dengan cucu. Mereka berkunjung ke Solo Safari. (Dokumentasi Biro Pers Istana)

Sebelumnya, Gibran mengisahkan Kaesang yang tertarik terjun ke dunia politik praktis. Kaesang menyampaikan hal itu di depan Jokowi saat pulang ke Solo. 

"Yang kami bicarakan di meja makan itu Kaesang. Saya juga kaget, dia terbuka menyampaikan ke kami kalau ada ketertarikan di politik," ungkap Gibran seperti dikutip dari kantor berita ANTAR, Selasa (24/1/2023). 

Gibran mengaku masih belum tahu apakah minat Kaesang itu bakal ditindak lanjuti dengan ikut berpartisipasi di Pilkada serentak 2024. Dia menyebut adiknya masih melakukan penjajakan lebih dulu. 

"Gak tahu (apakah akan ikut Pilkada 2024) karena saya baru denger kemarin. Bapak juga kaget (dengar Kaesang minat ke politik). Biasanya gak pernah membicarakan itu, ini penjajakan dulu," tutur dia.

Baca Juga: Kaesang Ungkap Minat untuk Terjun ke Politik, Jokowi-Gibran Terkejut

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya