Memaknai Bijak Sunah Rasul Malam Jumat dalam Hal Bercinta

Sunah rasul bisa dilakukan malam Jumat atau Jumat pagi

Jakarta, IDN Times - Malam Jumat dikenal dengan malam yang penuh dengan kebaikan, bahkan disunahkan untuk melakukan kegiatan hal baik seperti beribadah. Namun, tak jarang banyak orang yang mendengar istilah sunah di malam Jumat yaitu berorientasi kepada hubungan pasangan suami istri. Hal tersebut dikatakan mendapat pahala bagi pasangan suami istri.

Akan tetapi alangkah lebih baik sebagai seorang muslim hendaknya bertabayyun akan anjuran sunah rasul malam Jumat, salah satunya dalam hal bercinta.

Apakah hal tersebut benar dapat menambah pahala khusus bagi pasangan suami istri? IDN Times telah merangkum ulasan terkait sunah rasul malam Jumat dalam hal bercinta, simak yuk.

1. Keutamaan hari Jumat

Memaknai Bijak Sunah Rasul Malam Jumat dalam Hal BercintaIlustrasi salat (IDN Times/Aditya Pratama)

Rasulullah mengajarkan bahwa Jumat merupakan hari mulia atau biasa disebut dengan sayyidul ayyam yang artinya tuannya para hari. Maka tidak heran Jumat dianggap hari raya mingguan bagi umat muslim sebagaimana sabda Nabi SAW.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya

“Tidaklah matahari terbit dan tenggelam pada suatu hari yang lebih utama dari hari Jumat.’’

(HR.Ahmad, Abdur Rozaq, Ibnu Hibban, Al Baihaqi)

Dalam hadis lain, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam juga menjelaskan tentang peristiwa penting yang terjadi di hari Jumat. Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda yang artinya.

“Hari yang baik saat terbitnya matahari adalah hari Jumat, Hari tersebut adalah hari diciptakannya Adam, hari ketika Adam dimasukkan ke surga dan ketika Adam dimasukkan dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidaklah terjadi kecuali hari Jumat”.

(HR.Muslim)

Ada beberapa keutamaan lain dalam hal ibadah dalam hari Jumat, salah satunya apabila dilakukan dapat ganjaran pahala. ibadah utama dalam hari Jjumat yaitu membaca Surat Al-kahfi pada siang hari dan malam Jumat, membaca surat As-sajdah dan surat Al-insan pada salat subuh di hari Jumat. Anjuran penting lainnya yaitu membaca selawat kepada Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam.

Baca Juga: Bacaan Selawat Munjiyat, Selawat Penyelamat Manusia

2. Dalil Sunah berhubungan suami istri di malam Jumat

Memaknai Bijak Sunah Rasul Malam Jumat dalam Hal BercintaIlustrasi pernikahan (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Terdapat hadis yang menjelaskan tentang berhubungan suami istri di hari Jumat, yaitu hadis riwayat Tirmidzi nomor 496, An-nasai 3/95-96, Ibnu Majah nomor 1078 dan ahmad 4/9. 

Bunyi hadis tersebut senada membahas perihal hubungan suami istri di hari Jumat, berikut artinya.

“Barang siapa (yang menggauli istrinya) sehingga mewajibkan untuk mandi pada hari Jumat, kemudian dia pun mandi, lalu bangun pagi dan berangkat ke masjid pagi-pagi, dia berjalan dan tidak berkendara, kemudian duduk dekat imam dan mendengarkan kutbah dengan seksama tanpa senda gurau, niscaya ia mendapat pahala amal dari setiap langkahnya selama setahun, balasan puasa dan salat malam harinya.’’

(HR.Tirmidzi,An-nasa’i,Ibnu Majah dan Ahmad)

3. Bercinta di malam Jumat termasuk amalan utama bagi suami istri

Memaknai Bijak Sunah Rasul Malam Jumat dalam Hal BercintaPernikahan di tengah pandemik virus corona di Indonesia (IDN Times/Candra Irawan)

Dari hadis di atas dapat diambil kesimpulan bahwa memang melakukan hubungan suami istri dengan pasangan sah di hari Jumat memang memiliki keutamaan, meskipun demikian ada beberapa pendapat perihal waktu, apakah waktu yang paling afdal melakukannya di malam Jumat atau di hari Jumat.

Dijelaskan bahwa sebagian berpendapat dalam hadis tersebut bahwa sunahnya dilakukan di hari Jumat pagi, mengingat mandi Jumat dimulai pada saat terbitnya fajar di hari Jumat. Namun pendapat yang lebih populer dan sering dijadikan rujukan oleh banyak pasangan suami istri yaitu melakukannya di malam Jumatn sedangkan mandinya bisa dilakukan saat terbit fajar atau sebelum melaksanakan salat shubuh.

Nah itulah beberapa pembahasan terkait sunah rasul malam Jumat dalam bercinta untuk pasangan suami istri. namun terlepas dari itu, tetap sunah rasul yang paling utama yaitu memuliakan hari Jumat.

Penulis: Raga Putra Wiwaha

Baca Juga: Selawat Fatih, Amalan untuk Memudahkan Urusan

Topik:

  • Bella Manoban
  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya