Comscore Tracker

Surat Al-Furqan, Mengajarkan Hidup Sederhana dan Jodoh 

Tawakal, berdoa dan hidup sederhana

Jakarta, IDN Times - Surat Al-Furqan adalah surah yang ke-25 dari Kitab Suci Al-Quran, yang terdiri dari 77 ayat. Al-Furqan memiliki arti pembeda, dinamakan Al-Furqan karena surah ini yang memberikan perbedaan antara yang batil dengan yang haq, dan pembeda antara kebenaran keesaan Allah SWT serta kebatilan kepercayaan syirik. 

Surah Al-Furqan memiliki 77 ayat dengan berbagai makna yang akan menuntun hidup kita kepada Allah SWT. Seperti pada ayat 63 menjelaskan ciri-ciri dari Ibadurrahman yang berarti hamba-hamba Allah Yang Maha Pengasih dan Al-Furqan pada ayat 67 yang mengajarkan kita untuk hidup sederhana dan tidak berlebihan dalam membelanjakan hartanya.

Serta surah Al-Furqan pada ayat 74  jika kondisi kamu sekarang sulit mendapatkan jodoh dan keturunan. Berikut ulasan lengkapnya di bawah ini. 

Baca Juga: Doa-doa Terbaik bagi Pasangan Baru Menikah, Termasuk di Malam Pertama

1. Surah Al-Furqan Ayat 63

Surat Al-Furqan, Mengajarkan Hidup Sederhana dan Jodoh instagram.com/thelastpreacher13

Dalam surah Al-Furqan disebutkan ciri-ciri hamba Allah Yang Maha Penyayang atau Ibadurrahman. Ciri-ciri orang yang ibadurrahman seperti rendah hati dan sikapnya tidak dibuat-buat, sebab seorang ibadurrahman berjalan dengan sikap rendah hati di atas bumi.

Dan disebut juga dalam surah Al-Furqan ayat 63, seorang ibadurrahman tidak akan membalas perkataan kasar, jika ada orang yang datang menghina dan berkata kasar kepadanya. Seperti sikap Rasulullah SAW, tetap sabar dan berlapang dada ketika orang-orang menghina Rasul.  

Berikut bunyi Surah Al-Furqan ayat 63. 

وَعِبَادُ الرَّحْمَٰنِ الَّذِينَ يَمْشُونَ عَلَى الْأَرْضِ هَوْنًا وَإِذَا خَاطَبَهُمُ الْجَاهِلُونَ قَالُوا سَلَامًا

Wa 'ibādur-raḥmānillażīna yamsyụna 'alal-arḍi haunaw wa iżā khāṭabahumul-jāhilụna qālụ salāmā

Yang artinya adalah:

Adapun hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih itu adalah orang-orang yang berjalan di bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang bodoh menyapa mereka (dengan kata-kata yang menghina), mereka mengucapkan "salam," (QS. Al Furqan: 63).

Tidak hanya orang yang rendah hati dan berlapang dada ketika dihina, orang yang hidup dalam ketaatan Allah SWT dan tidak pernah menunda-nunda beramal serta selalu sujud kepada-Nya termasuk ciri-ciri ibadurrahman.

Dan orang yang selalu mengikuti nasihat Rasulullah SAW dan mengikuti setiap perkataan Rasul, juga merupakan ciri-ciri seorang ibadurrahman. Tidak membenci sesama manusia dan saling menyayangi dan memberikan banyak manfaat kepada sesama manusia merupakan ciri-ciri ibadurrahman.

2. Surah Al-Furqan Ayat 67

Surat Al-Furqan, Mengajarkan Hidup Sederhana dan Jodoh turcham.com (gambar ilustrasi membagi rezeki)

Dalam ajaran Islam, umat muslim selalu diingatkan dan diajarkan untuk hidup tetap sederhana dan tidak berlebihan. Termasuk, dalam membelanjakan harta bendanya. Seperti tertulis dalam Al-Quran, Surah Al-Furqan ayat 67. Berikut bacaan latin dan terjemahannya dalam bahasa Indonesia:

وَالَّذِيْنَ اِذَآ اَنْفَقُوْا لَمْ يُسْرِفُوْا وَلَمْ يَقْتُرُوْا وَكَانَ بَيْنَ ذٰلِكَ قَوَامًا

Wallaziina izaaa anfaquu lam yusrifuu wa lam yaqturuu wa kaana baina zaalika qawaamaa.

Yang artinya adalah: 

Dan (termasuk hamba-hamba Tuhan Yang Maha Pengasih) orang-orang yang apabila menginfakkan (harta), mereka tidak berlebihan, dan tidak (pula) kikir, di antara keduanya secara wajar.

Surah Al-Furqan ayat 67 mengajarkan kepada kita hidup secukupnya, sederhana dan tidak menghamburkan harta dalam menjalani kehidupan. Sebagai hamba Allah SAW, kita bisa mengeluarkan rezeki untuk nafkah, tidak berlebihan dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

3.Doa meminta jodoh dan keturunan

Surat Al-Furqan, Mengajarkan Hidup Sederhana dan Jodoh ftik.iainbukittinggi.ac.id

Nasib seseorang memang tidak pernah diketahui, sama halnya seperti jodoh dan keturunan. Tidak ada yang bisa menebak kapan jodoh kita datang dan kapan kita diberikan keturunan oleh Allah SWT.

Namun untuk meringankan beban serta pikiran agar hati tenang dan jodoh datang, dalam Al-Quran, Surah Al-Furqan bisa jadi bacaan untuk menenangkan hati dan pikiran untuk jodoh atau keturunan, berikut bacaannya:

رَبَّنَا هَبْلَنَا مِنْ أَزْوَاجِنِا وَ ذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ  

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzuriyyatinaa qurrota a’yun.  

Yang artinya adalah: 

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.

Semoga kita merupakan golongan ibadurrahman yang termasuk sebagai hamba Allah SWT, seperti yang dijelaskan dalam surah Al-Furqaan ayat 63. 

Penulis: Dimas Zachary Bramantya

Baca Juga: Ayat-ayat Al-Quran tentang Cinta yang Bisa Menenangkan Hati Kamu

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya