Terduga Pelaku Pelecehan Fans di Acara Boy Group Minta Maaf  

Security terduga pelaku pelecehan mengaku tak bermaksud

Jakarta, IDN Times - Security terduga pelaku pelecehan sejumlah fans di acara temu penggemar boy group asal China meminta maaf kepada publik atas tindakannya.

Permintaan itu disampaikan melalui video yang diunggah akun X @andika2501, Kamis (25/1/2024). Video permintaan maaf itu muncul setelah ramai unggahan tentang dugaan tindak pelecehan seksual yang dilakukan petugas keamanan kepada beberapa penggemar grup tersebut saat acara yang digelar di Jakarta, Senin (22/1/2024).

“Saya Tara memohon maaf sebesar-besarnya kepada fans WayV yang merasa kecewa atas keteledoran saya dalam menjalankan tugas. Saya murni memohon maaf dan tidak ada maksud apa pun tujuan, selain mengatur dan menertibkan antrean,” kata pria yang menjadi terduga pelaku pelecehan tersebut, dikutip Jumat (26/1/2024).

Baca Juga: Dugaan Pelecehan Saat Acara Boy Group, Security Pegang Tubuh Fans

1. Permintaan maaf mendapat respons negatif dari warganet

Terduga Pelaku Pelecehan Fans di Acara Boy Group Minta Maaf  Ilustrasi pelecehan seksual (IDN Times)

Video permintaan maaf tersebut juga ramai di X (Twitter). Namun, banyak respons bernada negatif yang membanjiri unggahan itu.

"Gak usah pakai alasan atur acara, soalnya kalian lalai dari awal ngatur gak ada time keeper pas f2f gimana mau tertib? Bisa ngomong aja kalo waktunya udah abis gak usah pegang-pegang badan. Emang kalian gak di-briefing?” demikian salah satu komentar yang tertulis.

"Ingat, ya, orangnya tetap harus di-push untuk diproses dengan sanksi internal dan/atau dilaporkan ke pihak yang berwajib. Gak boleh cuma minta maaf doang. Kalo gini doang manajemen penyelenggara sama perusahaan service-nya jadi cuci tangan," tulis yang lain.

Salah satu warganet bahkan memaki terduga pelaku karena video permintaan maaf tersebut tidak menjawab trauma para korban. Ada juga komentar warganet yang menganggap video tersebut hanya alibi untuk membela diri.

”Mana ada keteledoran lebih dari sekali dua kali dalam satu waktu kalo bukan sengaja sama emang ada niat? Kalo minta maaf, ya, minta maaf Pak, jangan sambil ngeles gitu, tuh buktinya udah banyak,” tulis warganet lainnya.

Baca Juga: Najwa Shihab Jadi Korban Pelecehan Verbal Komika di Acara Desak Anies

2. Surat terbuka dari promotor

Terduga Pelaku Pelecehan Fans di Acara Boy Group Minta Maaf  ilustrasi memasang cctv (freepik.com/Freepik)

Adapun Lumina Entertainment sebagai promotor penyelenggara acara tersebut menulis surat terbuka kepada para penggemar yang diunggah di akun X @luminaent.

Pernyataan resmi Lumina Entertainment itu sekaligus menjawab komentar-komentar warganet tentang permintaan maaf terduga pelaku pelecehan tersebut. 

“Walaupun yang bersangkutan sudah meminta maaf secara publik, kami tetap akan melaporkannya secara resmi karena menyangkut kenyamanan banyak pihak, serta keselamatan para suporter. Kami membaca kronologi detail yang ditulis beberapa korban, dan kami berkomitmen kuat untuk menyelidiki masalah ini secara menyeluruh," demikian tulis Lumina Entertainment.

Promotor tersebut juga meminta warganet untuk melaporkan segala bukti tindakan pelecehan seksual yang dilakukan security tersebut agar proses hukum dapat berlanjut.

Baca Juga: Siapa Felix Seda yang Lontarin Humor Bernada Pelecehan ke Najwa Shihab

3. Kronologi terjadi dugaan tindakan pelecehan

Terduga Pelaku Pelecehan Fans di Acara Boy Group Minta Maaf  Ilustrasi pencabulan (IDN Times/Sukma Shanti)

Baca Juga: Viral Perempuan Salat di Masjid Diduga Kena Pelecehan Seksual

Diberitakan, kejadian tersebut berawal dari unggahan salah satu penggemar yang menghadiri acara tersebut dan membagikan kisah traumatisnya saat acara berupa fansign itu berlangsung. 

Diketahui, terduga pelaku tertangkap sedang memegang tangan fans hingga hampir memegang bagian dada dan perut. Menurut laporan sebelumnya, ada beberapa fans yang mengalami kejadian serupa. 

Salah satu fans berinisial BK memberikan keterangan kepada IDN Times bahwa tangan security itu hampir mengenai bagian dadanya saat sedang menundukkan badan.

Setelah sadar, ia pun mundur dari jangkauan security tersebut. Bahkan, BK mengaku sempat mengadu kepada pihak penyelenggara acara untuk menyingkirkan petugas keamanan itu karena keberadaannya sudah mengganggu.

Biasanya, BK hanya diberi teguran tanpa ada sentuhan fisik dari petugas. Beberapa fans lain turut membagikan kisah yang sama saat security memegang bagian tubuh mereka di acara tersebut.

Atas pengalaman tidak menyenangkan ini, para fans berharap pihak penyelenggara dapat memberikan arahan kepada staf yang bertugas sehingga kejadian yang sama tidak terulang kembali.

Baca Juga: Cak Imin Respons KPK Tahan Politikus PKB Reyna Usman: Biarkan Saja

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya