India Punya Jembatan di Atas Laut Sepanjang 21,8 Km

Nama jembatan laut terpanjang di India, Atal Setu

Jakarta, IDN Times - Atal Setu nama jembatan laut terpanjang di India diresmikan hari ini oleh Perdana Menteri India (PM), Narendra Modi. Atal Bihari Vajpayee Sewri – Nhava Sheva Atal Setu ini dibangun dengan biaya sekitar Rs 17.840 crore.

Jembatan ini disebut sebagai keajaiban teknik oleh para ahli. Disebut jembatan ajaib karena lampu yang digunakan tidak mengganggu lingkungan perairan. Pembangunan jembatan ini menggunakan teknologi yang pertama kali digunakan di India.

Komisaris Metropolitan MMRDA Sanjay Mukherjee mengatakan, PM Modi akan meresmikan Atal Setu – Mumbai Trans Harbour Link.

"Ini adalah jembatan terpanjang India yang dibangun di atas laut. Beberapa teknologi seperti itu telah digunakan dalam pembuatan jembatan ini, yang digunakan pertama kali pada tahun 2017," kata dia, dikutip dari NDTV, Jumat (12/1/2024).

Atal Setu memiliki enam jalur sepanjang 21,8 kilometer (km), terdiri dari sekitar 16,5 km di atas laut dan sekitar 5,5 km panjang di darat. 

1. Jembatan untuk membantu mobilitas warga

India Punya Jembatan di Atas Laut Sepanjang 21,8 KmIstockphoto/StockByM

Jembatan ini dibangun sesuai dengan visi dari Modi. Jembatan tersebut diharapkan dapat membantu mobilitas warga. Sebagai penghubung antar Pelabuhan Mumbai dan Pelabuhan Jawaharlal Nehru.

Selain menghubungkan pelabuhan, jembatan ini dapat memangkas waktu perjalanan ke Bandara Internasional Mumbai dan Bandara Internasional Navi Mumbai. Jembatan ini dapat membantu mengurangi waktu perjalanan dari Mumbai ke Pune, Goa dan India Selatan.

2. Terowongan jalan bawah tanah sepanjang 9,2 km

India Punya Jembatan di Atas Laut Sepanjang 21,8 Kmilustrasi (Unsplash.com/Daniel Jerez)

Selain itu, Modi juga akan melakukan peletakan batu pertama terowongan jalan Tbawah tanah. Terowongan ini nantinya dapat menghubungkan Gerbang Oranye Eastern Freeway ke Marine Drive.

Terowongan akan dibangun dengan panjang 9,2 km. Terowongan ini akan dibangun dengan merogoh kocek lebih dari Rs 8700 crore. Terowongan ini disebut-sebut termasuk pembangunan infrastruktur yang signifikan.

3. Proyek air minum curah

India Punya Jembatan di Atas Laut Sepanjang 21,8 KmIlustrasi sumber air. (pixabay)

Di samping itu, ada proyek lainnya, yakni proyek air minum curah regional Surya. Proyek air minum ini diharapkan dapat membantu masyarakat di negara tersebut.

Pasokan air minum curah ini dapat akan memberikan manfaat kepada 1,4 juta orang. Pasokan air akan dipasok ke distrik Palghar dan Thane di Maharashtra. Proyek ini dikembangkan dengan menghabiskan biaya lebih dari Rs 1.975 crore.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya