Comscore Tracker

1.995 Pelajar Ikut Festival Generasi Pancasila, Mulai dari PAUD

Yuk amalkan nilai-nilai Pancasila 

Jakarta, IDN Times - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Festival Generasi Pancasila 2022. Festival ini diikuti sebanyak 1.995 pelajar yang terbagi ke dalam 3 kelas. 

Hal itu diungkapkan Pelaksana Tugas Kepala Pusat Penguatan Karakter, Hendarman, dalam webinar Cerdas Berkarakter, Selasa (5/7/2022).

"Untuk anak usia dua sampai delapan tahun sebanyak 761 orang, usia sembilan sampai 13 tahun sebanyak 371 orang, dan anak usia 14 sampai 18 tahun sebanyak 863 orang," kata Hendarman.

Baca Juga: Mendikbudristek Dorong Penerapan 6 Profil Pelajar Pancasila

1. Menyebarluaskan 'Profil Pelajar Pancasila' bagi peserta didik

1.995 Pelajar Ikut Festival Generasi Pancasila, Mulai dari PAUDMendikbud Nadiem Makarim (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

Saat membuka acara tersebut, Hendarman menjelaskan, Festival Generasi Pancasila ini bertujuan menyebarluaskan 'Profil Pelajar Pancasila' bagi peserta didik jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Akhir dan Kejuruan (SMA dan SMK), dan keluarga. 

"Kepada peserta didik jenjang PAUD hingga SMA, SMK dan keluarga yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia," ungkap Hendarman.

2. Enam Profil Pancasila sebagai bekal untuk menggapai cita-cita

1.995 Pelajar Ikut Festival Generasi Pancasila, Mulai dari PAUDIlustrasi Pelajar. (IDN Times/Mardya Shakti)

Menteri Pendidikan, Kebudayan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim yang juga hadir dan membuka acara tersebut menyampaikan, terdapat 6 Profil Pelajar Pancasila sebagai bekal untuk menggapai cita-cita. 

Keenam profil itu yakni pertama beriman, bertakwa kepada Tuhan, dan berakhlak mulia. Kedua mandiri, ketiga gotong royong, keempat berkebinekaan global, kelima bernalar kritis, dan keenam kreatif.

"Keenam Profil Pancasila adalah bekal untuk menggapai cita-cita di masa depan sesuai dengan minat dan potensi adik-adik. Sesuai dengan semangat merdeka belajar, sekarang tidak ada lagi batasan untuk bermimpi," ujar Nadiem. 

3. Pentingnya mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila

1.995 Pelajar Ikut Festival Generasi Pancasila, Mulai dari PAUDMonumen Pancasila Sakti di Lubang Buaya di Jakarta Timur ( ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Terakhir, Nadiem berpesan agar para pelajar tetap semangat dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila di kehidupan sehari-hari. Hal itu menjadi upaya pelajar dalam menghadapi beragam tantangan di masa mendatang.

"Adik-adik harus terus semangat untuk belajar dan mengamalkan nilai2 luhur Pancasila di kehidupan sehari-hari. Sebab, kecerdasan akademik yang dipadukan karakter yang kuat itulah yang akan membantu adik-adik melangkah ke masa depan dan menghadapi semua tantangan," kata Nadiem.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya