231 Jemaah Calon Haji Kepulauan Riau Batal Berangkat, Begini Alasannya

Jemaah calon haji dari Indonesia mulai diberangkatkan

Jakarta, IDN Times - Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan menyebutkan, sebanyak 231 dari 589 jemaah calon haji setempat dipastikan batal berangkat menunaikan ibadah haji pada musim haji 2022/1443 Hijriah. Hal itu karena mereka berusia di atas 65 tahun.

"Yang jelas total awal jemaah calon haji Kepri itu 589, dari 589 itu usia di atas 65 tahun sebanyak 231 orang. Otomatis nomor yang di bawah naik, artinya nomor-nomor tersebut usianya di bawah 65 tahun," kata Pelaksana Tugas Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kepri, Edi Batara, dilansir Antaranews, Sabtu (4/6/2022).

Baca Juga: Lepas Kloter Pertama, Wapres Pesan ke Jemaah Haji Jangan Keluyuran

1. Jemaah calon haji yang gagal berangkat, akan mengisi kuota keberangkatan tahun depan

231 Jemaah Calon Haji Kepulauan Riau Batal Berangkat, Begini AlasannyaIlustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Larangan jemaah calon haji yang berusia di atas 65 tahun untuk berangkat haji tahun ini, merupakan kebijakan baru dari pemerintah Arab Saudi terhadap penyelenggaraan haji 2022.

Sebelumnya, pada 2020 dan 2021, pemerintah Arab Saudi menutup pelaksanaan ibadah haji guna mencegah penularan COVID-19.

Edi mengungkapkan, jemaah calon haji yang batal berangkat pada tahun ini, akan mengisi kuota keberangkatan tahun depan. "Mudah-mudahan akan berangkat tahun depan, jadi kebijakan usia itu penetapan dari pemerintah Arab Saudi," ungkap Edi. 

2. Sebanyak 446 jemaah calon haji kloter pertama dari Embarkasi Batam diberangkatkan ke asrama haji

231 Jemaah Calon Haji Kepulauan Riau Batal Berangkat, Begini AlasannyaIlustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Sebelumnya, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau mengungkapkan, sebanyak 446 jemaah calon haji asal Kepri diberangkatkan pada kloter pertama dari embarkasi Batam pada penyelenggaraan ibadah haji 2022.

"Kepri kloter satu, jumlahnya ada 446 jemaah calon haji, ditambah empat orang petugas," kata Kepala Kemenag Kepri, Mahbub, Rabu, 2 Juni 2022.

Baca Juga: Garuda Indonesia Terbangkan 1.506 Jemaah Haji ke Madinah Hari Ini

3. Jemaah calon haji berangkat menuju Madinah pada 15 Juni 2022

231 Jemaah Calon Haji Kepulauan Riau Batal Berangkat, Begini AlasannyaIlustrasi jemaah calon haji Indonesia (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain itu, Mahbub menjelaskan, jemaah calon haji asal Kepri akan memasuki asrama haji pada 14 Juni 2022. Kemudian pada 15 Juni 2022, jemaah calon haji akan berangkat menuju Madinah, Arab Saudi.

"Tanggal 14 Juni jemaah calon haji kita masuk asrama haji dan 15 Juni terbang (ke Tanah Suci) pada sore hari," ujar Mahbub.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya