DPR Imbau Jemaah Fokus Jaga Stamina Jelang Puncak Haji

Ace berpesan jemaah tidak perlu keluar hotel

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily mengimbau kepada jemaah haji Indonesia untuk fokus mempersiapkan diri sebaik-baiknya menjelang puncak Haji di Arafah, 9 Dzulhijjah, Jumat (8/7/2022).

"Ibadah haji itu puncaknya pada hari Arafah, dilanjutkan dengan pergerakan menuju Muzdalifah dan Mabit di Mina. Rangkaian ritual haji ini memerlukan tenaga yang cukup," kata Ace di Makkah, Minggu (03/07/2022).

"Oleh karena itu, saya mengimbau kepada jemaah haji Indonesia fokus mempersiapkan diri untuk aktivitas tersebut yang tentu memerlukan stamina prima," tambahnya.

1. Ace berpesan jemaah tidak perlu keluar hotel

DPR Imbau Jemaah Fokus Jaga Stamina Jelang Puncak HajiSuasana Jamaah Haji di depan Ka'bah, Masjidil Haram, Makkah (IDN Times/Umi Kalsum)

Ace berpesan, tiga hari ke depan jemaah lebih baik beribadah di hotelnya masing-masing. Hal itu karena panitia haji telah menyediakan konsumsi yang cukup, sehingga jemaah tidak perlu keluar hotel walaupun untuk tujuan ke Masjid Al-Haram, apalagi hanya untuk berbelanja. 

"Inilah momentum yang tepat bagi calon jemaah haji kita untuk mempersiapkan diri menyempurnakan rukun Islamnya," pesan Ace.

Baca Juga: Arab Saudi Sangat Panas, Begini Trik Jemaah Haji Hindari Sakit Kulit 

Baca Juga: 3.407 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Tanah Suci, 18 Orang Wafat

2. Sebanyak 4.815 jemaah haji khusus sudah tiba di tanah suci

DPR Imbau Jemaah Fokus Jaga Stamina Jelang Puncak HajiIlustrasi jemaah haji. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Sementara itu, sampai Sabtu (2/7/2022) tengah malam, ada 91.106 jemaah haji Indonesia yang sudah diberangkatkan ke Tanah Suci. 

"Sampai hari ini, total yang telah diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 91.106 orang," ungkap Pelaksana Harian (Plh) Biro Humas, Data dan Informasi, Wawan Djunaedi saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Minggu (3/7/2022).

"Jemaah haji khusus yang telah tiba di Tanah Suci sampai hari ini sebanyak 4.815 orang," katanya. 

Jemaah haji yang sudah tiba, ujar dia, terkonsentrasi di Makkah untuk menunggu puncak haji. Wukuf di Arafah akan berlangsung pada 8 Juli 2022 (9 Dzulhijjah 1443 H). Jemaah akan mulai diberangkatkan menuju Arafah pada 7 Juli 2022.

3. Fase kedatangan jemaah haji reguler dari Indonesia sudah berakhir

DPR Imbau Jemaah Fokus Jaga Stamina Jelang Puncak HajiIlustrasi/Suasana Masjid Nabawi, Madinah yang dipenuhi oleh Jamaah di tengah musim haji (IDN Times/Umi Kalsum)

Sementara itu, dua kloter jemaah haji dijadwalkan akan tiba di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Minggu (3/7/2022). Mereka berangkat dari dua embarkasi, yaitu embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS) dan Solo (SOC). 

Kedatangan dua kloter ini sekaligus menandai berakhirnya fase kedatangan jemaah haji reguler dari Indonesia.

Adapun untuk jemaah haji khusus, masih ada kedatangan dalam beberapa hari ke depan.

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya