Hampir Rampung, Jalur Pedestrian Waduk Rawa Badak Sudah Bisa Dipakai

Ini upaya mempercantik kawasan Waduk Rawa Badak

Jakarta, IDN Times - Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Utara, Ilham Raya mengatakan, pengerjaan pembangunan jalur pedestrian Waduk Rawa Badak sudah memasuki tahap akhir dan sudah dapat digunakan oleh masyarakat.

"Pembangunan pedestrian di kawasan waduk yang terletak di Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja mulai dilaksanakan Juni 2022 kemarin. Sebelum dibangun, kawasan tersebut sering dimanfaatkan untuk parkir liar dan PKL," kata Ilham melalui rilis pers KOMINFOTIK JU, Jumat (16/9/2022).

1. Jalur pedestrian sebagai upaya mempercantik kawasan Waduk Rawa Badak

Hampir Rampung, Jalur Pedestrian Waduk Rawa Badak Sudah Bisa DipakaiPembangunan pedestrian dilakukan untuk mempercantik kawasan Waduk Rawa Badak. (Dok. KOMINFOTIK JU).

Ilham mengungkapkan, pembangunan pedestrian tersebut agar lokasi tidak menjadi kumuh dan terganggunya fungsi waduk dari okupasi lahan bantaran.

"Pembangunan pedestrian dilakukan sebagai lanjutan dari penataan sekaligus untuk mempercantik kawasan Waduk Rawa Badak," ungkap Ilham.

2. Panjang pedestrian mencapai 800 meter

Hampir Rampung, Jalur Pedestrian Waduk Rawa Badak Sudah Bisa DipakaiPanjang pedestrian mencapai 800 meter. (Dok. KOMINFOTIK JU).

Lebih lanjut, Ilham menyebutkan panjang keseluruhan pedestarian yang dibangun mencapai 800 meter.

"Panjang keseluruhan pedestrian yang dibangunan mencapai 800 meter dengan lebar bervariasi, antara 2-4 meter disesuaikan dengan kontur geografis lokasi," ungkap Ilham.

3. Pedestrian saat ini dalam tahap pengerjaan finishing

Hampir Rampung, Jalur Pedestrian Waduk Rawa Badak Sudah Bisa DipakaiPedestrian masuk tahap finishing. (Dok. KOMINFOTIK JU).

Secara umum, menurutnya, pengerjaan selesai pada  Agustus lalu, namun saat ini masih dilakukan pengerjaan finishing.

"Finishing-nya hanya memasang bangku dan lampu hiasan. Nantinya pedestrian akan dilengkapi ubin pemandu disabilitas, bangku, bolard (pembatas jalan berupa tiang), lampu, dan taman. Saat ini sudah dapat digunakan oleh masyarakat," jelas Ilham.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya