Keren! Rajin Ikut Lomba, Siswi MTsN Ini Koleksi 143 Medali

Bibit jadi siswi peringkat kedua pemeroleh medali terbanyak

Jakarta, IDN Times - Siswi MTsN 1 Pati, Bibit Rizqiana, terus membanggakan madrasahnya. Ia kembali mencetak prestasi menjadi juara 1 tingkat nasional mata pelajaran IPS dalam ajang Pythagoras Science Competition jenjang SMP/MTs Sederajat. 

Sebelumnya, ia sudah memiliki 142 medali dari berbagai perlombaan. Kompetisi itu berlangsung pada 10 September 2022 yang diselenggarakan Pythagoras Institute dan diikuti 709 peserta dari berbagai provinsi. Sebelumnya, ia sudah memiliki 142 medali dari berbagai perlombaan. Sehingga, pencapaian ini menambah koleksi prestasi Bibit menjadi 143 medali.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur dan senang sekali bisa dapat juara lagi,” ucap Bibit di Pati, Kamis (15/9/2022) dikutip web resmi Kementerian Agama. 

Baca Juga: Madrasah di Serpong Terbaik dari 1.000 Sekolah, Menag: Bukti Unggul

1. Bibit tercatat sebagai siswa peringkat kedua pemeroleh medali terbanyak

Keren! Rajin Ikut Lomba, Siswi MTsN Ini Koleksi 143 MedaliIlustrasi kegiatan belajar anak madrasah. (Dok. IDN Times)

Bibit, yang juga tercatat sebagai siswi peringkat kedua pemeroleh medali terbanyak di MTsN 1 Pati ini mengungkapkan, motivasinya mengikuti lomba untuk mengasah kemampuan yang ia miliki.

"Motivasi saya mengikuti lomba-lomba adalah agar bisa mengasah kemampuan saya dalam berbagai mata pelajaran, terutama IPS,” ungkap Bibit. 

Menurutnya, keberhasilan mencetak ratusan prestasi tidak terlepas dari dukungan orang tua dan guru pembimbing serta pihak MTsN 1 Pati. 

“Berkat dorongan orangtua, guru pembimbing, dan MTsN 1 Pati saya menjadi semangat mengikuti lomba sehingga berhasil memperoleh ratusan medali,” kata Bibit. 

2. Sang ibu selalu bersyukur dan memberikan dukungan kepada Bibit

Keren! Rajin Ikut Lomba, Siswi MTsN Ini Koleksi 143 Medaliilustrasi keluarga (IDN Times/Mardya Shakti)

Ibu Bibit, Nanik Malikatun, tak henti bersyukur atas prestasi yang diraih anaknya. Ia mengaku, selalu memberikan dukungan dan motivasi kepada Bibit agar semangat belajar. Semangat Bibit dalam berkompetisi pun muncul dari keinginannya sendiri.

"Untuk Bapak Ibu guru MTsN 1 Pati, terima kasih yang sebesar-besarnya karena selalu setia dan sabar mendampingi putra-putri kami dalam menuntut ilmu. Semoga MTsN 1 Pati menjadi madrasah yang bisa menghasilkan anak-anak yang cerdas, kreatif, bertaqwa, dan berilmu, serta berakhlaqul karimah,” ujar Nanik.

Baca Juga: Daftar 10 Madrasah Terbaik di Indonesia, Pertama Ada di Serpong

3. Pihak madrasah dukung penuh talenta siswanya

Keren! Rajin Ikut Lomba, Siswi MTsN Ini Koleksi 143 MedaliIlustrasi belajar di rumah (IDN Times/Rochmanudin)

Guru mata pelajaran IPS sekaligus Koordinator Program Unggulan Madrasah, Tommy Andriansyah menyebutkan, pihak MTsN 1 Pati terus mengikuti beragam kompetisi untuk menjaring talenta siswa, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Selain itu, perlombaan juga menjadi sarana untuk menjembatani siswa dalam meraih prestasi.

Tommy berpesan, prestasi tidak bisa diraih secara instan, melainkan butuh proses yang panjang. Trial dan error pun sering mereka alami, tetapi perlu diyakini, bahwa dengan ikhtiar yang kuat akan membuahkan hasil yang manis juga. 

“Alhamdulillah, kami temukan siswa-siswa yang memiliki mental juang tinggi dalam mengikuti perlombaan. Semoga akan terus bermunculan mutiara-mutiara di MTsN 1 Pati,” harapnya.

Kemudian, Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak berharap, madrasah yang ia pimpin kedepannya dapat melahirkan bibit-bibit unggul lainnya sehingga memancarkan sinar keemasan MTsN 1 Pati yang berkarakter, unggul, mendunia, dan keren.

“Selamat untuk Ananda Bibit atas prestasi istiqomahnya. Semakin hari, semakin nampak bibit unggulnya. Walaupun level lombanya dinaikkan, tetapi ananda masih mampu bertahan di peringkat teratas,” pungkas Syafak. 

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya