Comscore Tracker

Profil Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB Peraih Segudang Prestasi 

Reini akan menjadi pembicara di IMGS by IDN Times

Jakarta, IDN Times - Profesor Reini Wirahadikusumah merupakan rektor wanita pertama di Institut Teknologi Bandung (ITB), untuk masa jabatan 2020-2025. Kedudukannya menggantikan Prof. Dr. Ir. Kadarsah Suryadi, DEA sebagai rektor ITB periode 2015-2020.

Sebelumnya, Reini Wirahadikusumah merupakan seorang guru besar dan ketua Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan ITB. Saat menjadi seorang guru besar, ia menjalani perannya dan aktif mempublikasikan beberapa jurnal mengenai konstruksi dan rantai pasok.

Baca Juga: Simak Profil Hasyim Asy'ari, Ketua KPU RI Periode 2022-2027

1. Penghargaan Reini Wirahadikusumah saat berkarier di ITB

Profil Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB Peraih Segudang Prestasi Reini Wirahadikusumah (Dok. ITB)

Reini Wirahadikusumah meraih beberapa gelar mulai dari ITB hingga perguruan tinggi luar negeri. Gelar sarjananya berasal dari Teknik Sipil ITB pada 1991, lalu gelar magister Teknik Sipil dari Universitas Purdue, Amerika Serikat pada 1996, dan gelar Ph.D di bidang dan universitas yang sama pada 1999.

Dikutip dari laman ITB, Minggu (25/9/2022), Reini Wirahadikusumah lebih banyak memfokuskan penelitiannya di bidang manajemen rantai pasok proyek infrastruktur dan manajemen konstruksi. Selama kariernya di ITB, ia mendapat berbagai penghargaan.

Penghargaan tersebut di antaranya:

  • Predikat cumlaude.
  • Satyalancana Karya Satya XX Tahun dari Pemerintah RI pada 2016.
  • Penghargaan Endeavour Awards; Australia Awards Indonesia.
  • Visiting Research at Queensland University of Technology (QUT), Brisbane, Australia pada 2011.
  • Satyalancana Karya Satya X dari Pemerintah RI pada 2008.

2. Sosok yang aktif mengikuti proyek dan organisasi

Profil Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB Peraih Segudang Prestasi Dok. ITB

Di samping dedikasi untuk ITB, Reini Wirahadikusumah juga aktif mengikuti berbagai proyek dan organisasi seperti Anggota Komite Litbang Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN), dan Sekretaris Bidang Konstruksi dan Perekayasaan pada Pengurus Pusat Persatuan Insinyur Indonesia (PII).

Selain itu, Reini Wirahadikusumah juga sebagai tim penilai International Federation of Asian and Western Pacific Contractors Association (IFAWPC), Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI); Wakil Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN); dan Asisten Permanent Delegation Office of the Republic of lndonesia to Unesco.

Baca Juga: Profil Burhanuddin Muhtadi, Direktur Indikator Politik Indonesia

3. Karier Reini mulai 2012 hingga sekarang

Profil Reini Wirahadikusumah, Rektor ITB Peraih Segudang Prestasi Ilustrasi kampus ITB (itb.ac.id)

Dilihat dari rekam jejaknya, Reini Wirahadikusumah merupakan sosok pekerja keras dan aktif. Berikut rangkuman karier Reini Wirahadikusumah, perempuan kelahiran 25 Oktober 1968:

  • Dosen dan Guru Besar Kelompok Keahlian Manajemen dan Rekayasa Konstruksi, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (FTSL) ITB.
  • Head of Construction Engineering Management Research Group, Bandung Institute of Technology (2018-2023).
  • Head, Project Implementation Unit, ITB Development Project (III)- JICA (2016-2019).
  • Secretary for Construction and Engineering Division, The Institution of Engineers Indonesia (Persatuan Insinyur Indonesia -PII) pada 2015-2018.
  • Head, Graduate Program of Civil Engineering, School of Civil and Environmental Engineering, Institut Teknologi Bandung (ITB), Bandung, Indonesia (2010-2014).
  • Contract Manager, ITB-JICA Development Project, ESC and PMC Contracts, Directorate Logistics, ITB (2012-2015).

Topic:

  • Rochmanudin
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya