Survei SMRC: NasDem Konsisten Pilih 2 Nama, 41 Persen Pilih Ganjar

Hasil survei konsisten dengan opini elite politik NasDem

Jakarta, IDN Times - Hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menunjukkan, massa pemilih NasDem akan konsisten memilih dua nama bakal capres, jika pemilihan presiden (Pilpres) dilakukan sekarang.

Arah dukungan itu yakni pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hal itu diungkapkan Saiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode Pemilih Nasdem Dukung Anies atau Ganjar? yang disiarkan melalui YouTube SMRC TV, Sabtu (18/6/2022).

"Disebutkan yang pertama, disebut paling banyak hampir oleh semua DPW NasDem itu, adalah Anies Baswedan untuk jadi calon, kemudian nomor dua adalah Ganjar," ungkap Saiful Mujani.

Baca Juga: NasDem Segera Surati 3 Bakal Capres yang Terpilih di Rakernas

1. Sebanyak 41 persen pemilih Partai NasDem pada Pemilu 2019 pilih Ganjar

Survei SMRC: NasDem Konsisten Pilih 2 Nama, 41 Persen Pilih GanjarSaiful Mujani dalam program Bedah Politik bersama Saiful Mujani episode ‘Pemilih Nasdem Dukung Anies atau Ganjar?’ pada Sabtu (18/6/2022). (YouTube/SMRC TV).

Saiful mengungkapkan, jika pilpres diadakan tahun ini, sebanyak 41 persen pemilih Partai NasDem pada Pemilu 2019 akan memberikan suaranya ke Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

“Pemilih NasDem 2019 yang akan memilih Ganjar kalau kita lakukan pemilihan umum pada 2022, Mei yang lalu, itu ada 41 persen pemilih NasDem akan memilih Ganjar Pranowo,” ungkap Saiful berdasarkan temuan SMRC dari hasil survei yang dilakukan pada 10-17 Mei 2022.

Selain itu, sebanyak 31 persen pemilih NasDem akan memberikan suaranya ke Anies Baswedan, dan 12 persen memberikan suaranya ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. 

2. Hasil survei SMRC konsisten dengan opini yang dibangun elite politik Partai NasDem

Survei SMRC: NasDem Konsisten Pilih 2 Nama, 41 Persen Pilih GanjarKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh (ANTARA FOTO/Siswowidodo)

Saiful Mujani mengatakan, hasil survei ini konsisten dengan opini yang dibangun elite politik Partai NasDem dalam rapat kerja nasional (Rakernas) yang digelar 15-17 Juni 2022.

"Artinya cukup koheren, cukup konsisten antara opini yang dibangun di elite NasDem, mungkin elite NasDem juga menyerap ya, mungkin mereka juga melihat dari hasil survei opini publik kan cukup banyak berbagai lembaga merilis," kata Saiful.

Baca Juga: Jawaban Diplomatis Anies Saat Diusung Jadi Bakal Capres NasDem

3. NasDem cukup terbuka dengan berbagai aspirasi yang berkembang di masyarakat

Survei SMRC: NasDem Konsisten Pilih 2 Nama, 41 Persen Pilih GanjarIDN Times/Margith Juita Damanik

Saiful menilai, data yang diperolehnya ini menarik, karena Ganjar merupakan kader PDI Perjuangan. Hal itu menunjukkan, NasDem cukup terbuka dengan berbagai aspirasi yang berkembang di masyarakat.

Kemungkinan tersebut, kata Saiful, lantaran tokoh utama partai yang diketuai Surya Paloh itu tidak akan mencalonkan diri pada Pilpres 2024.

"NasDem mungkin bisa mengklaim, silakan NasDem digunakan sebagai kendaraan untuk menyampaikan aspirasi dan kepentingan politik masyarakat secara luas," jelas Saiful Mujani.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya