Agar Tak Alami Macet saat Liburan di Kota Yogyakarta, Lakukan 5Ber!

5Ber bisa menjadi solusi hadapi macet

Kota Yogyakarta, IDN Times - Kota Yogyakarta dikenal memiliki banyak lokasi ikonik yang bisa dikunjungi. Hal tersebut tentunya menarik banyak wisatawan untuk menghabiskan liburan tahun baru dan membuat jalan menjadi macet.

Untuk mengatasi hal tersebut, Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta memberikan 5 alternatif tips agar liburan wisatawan tetap berkesan meskipun menghadapi macet. Yetti Martanti selaku Sekretaris Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta mengatakan 5 tips yang diberi nama 5Ber tersebut yakni BerSepeda, BerJalan Kaki, BerRenang, BerBelanja, BerCanda Gurau.

“Kami mengajak para wisatawan mancanegara dan domestik yang mengunjungi kota Jogja untuk ikut mencoba alternatif 5Ber ini, agar semakin mengasyikan saat liburan akhir tahun di Kota Jogja," katanya.

1. BerSepeda

Agar Tak Alami Macet saat Liburan di Kota Yogyakarta, Lakukan 5Ber!Pesepeda menikmati jalan Malioboro yang bebas dari kendaraan bermotor. IDN Times/Febriana Sinta

Menurut Yetti, macetnya jalan raya, umumnya terjadi lantaran jumlah kendaraan bermotor yang membludak. Untuk menghindari bertambahnya penggunaan kendaraan bermotor, wisatawan bisa mencoba Bersepeda sambil berwisata di Kota Yogyakarta.

Yetti mengatakan, saat ini Pemerintah Kota Yogyakarta telah menyiapkan Jogja Bike di titik-titik strategis agar bisa diakses wisatawan dengan mudah. Nantinya para wisatawan bisa bersepeda menyusuri jejak sejarah di kawasan Jeron Beteng maupun di kawasan Kotagede.

"Selain menyehatkan, bersepeda memungkinkan kita mengeksplor Kota Yogyakarta jadi lebih seru," ungkapnya.

2. BerJalan Kaki

Agar Tak Alami Macet saat Liburan di Kota Yogyakarta, Lakukan 5Ber!Dok. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta

Yetti mengungkapkan, selain membantu untuk mengurangi polusi, jalan kaki menjadi alternatif buat para wisatawan untuk menyisir destinasi yang ada di Kota Yogyakarta. Seperti halnya berjalan kaki di Kotabaru yang kaya dengan Bangunan Heritage Indies, berjalan di jalan Suroto yang berjuluk Old City Garden, dan Museum Sandi. Selain itu, wisatawan juga bisa ke Masjid Syuhada yang merupakan bangunan bersejarah di Yogyakarta.

"Bagi umat Katolik, bisa mengunjungi Gereja Santo Antonius Kotabaru untuk melakukan peribadatan. Jika ingin menikmati wisata yang unik, tidak jauh dari kawasan Kotabaru kita bisa berjalan menyusuri Kali Code sekaligus untuk melihat jejak sejarah karya Romo Mangun, " katanya.

Baca Juga: 10 Tempat Liburan Terbaru di Yogyakarta, Cocok untuk Tahun Baru 

3. BeRenang

Agar Tak Alami Macet saat Liburan di Kota Yogyakarta, Lakukan 5Ber!pexels.com/pixabay

Menurut Yetti, menikmati fasilitas hotel secara maksimal dengan cara berenang juga bisa menjadi alternatif terbaik untuk menikmati liburan. Selain baik untuk kesehatan, berenang dapat menyingkirkan stres dan depresi yang dialami saat berkegiatan sehari-hari.

"Bahkan tidak jarang, staycationers memanfaatkan aktivitas berenang untuk mendapatkan foto-foto liburan yang seru," terangnya.

4. BerBelanja

Agar Tak Alami Macet saat Liburan di Kota Yogyakarta, Lakukan 5Ber!IDN Times/Tunggul Kumoro

Yetti menjelaskan, bagi wisatawan yang memiliki hobi berbelanja, namun bosan ke mal bisa menyalurkan hobi cuci matamu untuk melihat pernik-pernik khas Yogyakarta di Pasar Beringharjo.

"Di pasar yang terletak di kawasan Malioboro ini, kita dapat menikmati jajanan lokal, batik, kerajinan dan paling seru mengasah kemampuan kita tawar-menawar," ungkapnya.

5. BerCanda Gurau

Agar Tak Alami Macet saat Liburan di Kota Yogyakarta, Lakukan 5Ber!Pexels/Helena Lopes

Menurut Yetti, dengan semakin canggihnya teknologi, saat ini kita memantau kemacetan dengan mudah lewat aplikasi navigasi atau GPS. Tidak hanya mengetahui titik-titik keramaian secara real time, aplikasi navigasi pun bisa mengarahkan kita untuk mengarahkan ke jalan alternatif.

Namun jika semua itu tidak berjalan sesuai keinginanmu, cukup ubah navigasimu ke cafe atau resto yang tak jauh dari lokasimu.

"Kawasan Kotabaru dan Sagan kini menyediakan beragam tempat nongkrong yang membuat staycationmu menjadi lebih berkesan," katanya.

Baca Juga: Bikin Kebelet Nyebur, Ini Pesona 8 Kolam Renang Alami di Yogyakarta 

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya