Jokowi Imbau Pemudik Dapat Cuti Tambahan, Hindari Puncak Arus Balik

Puncak arus balik dimulai hari ini

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo mengimbau agar masyarakat Indonesia menghindari puncak arus balik yang diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

“Pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut dengan cara menunda atau memundurkan jadwal kembali mudik setelah 26 April 2023,” kata Jokowi, dalam keterangannya di YouTube Setpres RI, Senin (24/4/2023).

“Ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri, BUMN, ataupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan masing-masing seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya,” lanjut Jokowi.

Baca Juga: Arus Mudik Lancar, ASDP Siap Maksimalkan Layanan Arus Balik Lebaran

1. 230 ribu kendaraan per hari di puncak arus mudik

Jokowi Imbau Pemudik Dapat Cuti Tambahan, Hindari Puncak Arus BalikGerbang Tol Cikampek Utama 1. (dok. Jasa Marga)

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik akan dimulai hari ini, di mana bakal ada 203 ribu kendaraan per hari dari arah timur, jalan tol Trans Jawa dan dari arah Bandung.

Ratusan kendaraan ini diperkirakan akan melalui Tol Jakarta-Cikampek.

“Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibanding dari jumlah normalnya yaitu 53 ribu kendaraan,” ucap Jokowi lagi.

Baca Juga: Skema Kemenhub Antisipasi Arus Balik Lebaran 2023 di Bakauheni dan Tol

2. 6 ribu kendaraan menyeberang dari Sumatra ke Jawa

Jokowi Imbau Pemudik Dapat Cuti Tambahan, Hindari Puncak Arus BalikSejumlah calon pemudik menunggu jadwal keberangkatan bus di Terminal Pondok Pinang, Jakarta, Selasa (18/4/2023). (IDN Times/Herka Yanis)

Sementara itu, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah siap menghadapi arus balik Lebaran yang akan dimulai hari ini.

Pada hari Lebaran, trafik kendaraan dan penumpang mulai ramai mengalir, tercatat 30.668 orang dan 6.039 unit kendaraan telah menyeberang dari Sumatra ke Jawa.

Baca Juga: Urai Kemacetan Puncak Arus Balik, Maskapai Tebar Diskon 20 Persen 

3. 29 unit kapal beroperasi di Bakauheni

Jokowi Imbau Pemudik Dapat Cuti Tambahan, Hindari Puncak Arus BalikPelabuhan Penyeberangan Bakauheni. (dok. PT ASDP Indonesia Ferry)

Berdasarkan data posko Bakauheni selama 24 jam (periode 22 April 2023 pukul 08.00 WIB hingga 23 April 2023 pukul 08.00 WIB) atau HH, tercatat jumlah kapal yang beroperasi sebanyak 29 unit kapal.

Adapun realisasi total penumpang mencapai 30.668 orang atau naik 3 persen dibandingkan realisasi periode yang sama tahun lalu sebanyak 29.674 orang. 

Alhasil, total seluruh kendaraan tercatat 6.039 unit yang telah menyeberang dari Sumatra ke Jawa pada HH atau naik 2 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 5.899 unit.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya