Jusuf Kalla Kasih Oleh-oleh untuk Anies Baswedan, Ternyata Ini Isinya

Anies menyambangi kediaman JK pagi ini

Jakarta, IDN Times - Bakal Calon Presiden dari Partai NasDem, Anies Baswedan mengaku membicarakan banyak hal dengan mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) hari ini, Sabtu (7/10/2023).

Anies menyambangi kediaman JK di Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, sekitar pukul 07.00 WIB. Berdasarkan pantauan IDN Times di lokasi, pertemun keduanya rampung sekitar pukul 09.18 WIB.

"Tadi kita sarapan bersama, diskusi. Bicara masalah kebangsaan. Kita ngomong soal ekonomi, persoalan ketimpangan, menjaga kemandirian. Diskusi panjang soal pengalaman Pak JK sudah ikut pemilu, pilpres tiga kali," kata Anies kepada awak media di kediaman JK, di Jakarta Selatan.

"Sarapan pagi ya enak sekali, Coto Makassar. Saya dapat oleh-oleh multivitamin. Jadi vitamin ini mudah-mudahan jadi tambahan suplemen untuk perjalanan. Jadi gini, stamina fisik, stamina intelektual, stamina mental dan stamina moral," ucap Anies lagi.

Menanggapi Anies, JK menyebut bahwa oleh-oleh vitamin tersebut diharapkan membuat Anies lebih kuat menghadapi empat bulan ke depan.

Baca Juga: Anies Baswedan Kunjungi Jusuf Kalla Sabtu Pagi, Ada Apa?

1. JK sebut Anies punya track record baik

Jusuf Kalla Kasih Oleh-oleh untuk Anies Baswedan, Ternyata Ini IsinyaPertemuan Anies Baswedan dan Jusuf Kalla di kediaman Jusuf Kalla, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023). (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, JK mengungkapkan bahwa Anies memiliki track record kepemimpinan yang baik.

"Saya dukung yang terbaik yang bisa memperbaiki bangsa ini ke depan dan Anies salah satu yang punya track record, orangnya punya leadership, kecerdasan, punya pengalaman," ucap JK.

2. Harus ada pengalaman untuk memimpin bangsa

Jusuf Kalla Kasih Oleh-oleh untuk Anies Baswedan, Ternyata Ini IsinyaPertemuan Anies Baswedan dan Jusuf Kalla di kediaman Jusuf Kalla, Jalan Brawijaya, Jakarta Selatan, Sabtu (7/10/2023). (Dok. Tim Media JK)

Tak hanya itu, JK juga menambahkan bahwa sosok capres maupun cawapres harus memiliki pengalaman untuk memimpin bangsa yang besar seperti Indonesia ini.

"Semua dipenuhi oleh Anies. Rektor, gubernur, menteri, lengkap. Jadi butuh itu, suatu kepemimpinan yang baik. Kalau tidak ada pengalaman, gimana bisa memimpin bangsa ini? Ini kan bukan Singapura atau Malaysia," ucap JK lagi.

3. JK optimistis Anies menang pemilu 2024

Jusuf Kalla Kasih Oleh-oleh untuk Anies Baswedan, Ternyata Ini IsinyaBakal calon presiden Anies Baswedan dan calon wakil presiden, Abdul Muhaimin Iskandar alias Cak Imin saat berada di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (11/9/2023) (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sebelumnya, pada awal Agustus 2023, JK sempat mengaku optimisyis bahwa Anies bisa memenangkan pemilu 2024. Meskipun elektabilitas Anies di sejumlah survei berada di posisi buncit. 

Menurut JK, responden itu tidak menggambarkan keseluruhan aspirasi dari ratusan juta penduduk Indonesia. Ia membandingkan dengan situasi mantan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, yang juga memiliki elektabilitas rendah.

Namun, pada akhirnya ia terpilih dan mampu mengalahkan capres dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Baca Juga: Anies Baswedan Sudah 2 Jam di Kediaman Jusuf Kalla

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya