Kominfo Rilis Pemiludamaipedia, Sisir Hoaks Jelang Pemilu

Laman edukasi juga untuk masyarakat

Jakarta, IDN Times - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) merilis platform digital Pemiludamaipedia untuk mengawal pemilihan umum 2024 agar berjalan damai.

Platform ini juga sebagai sarana untuk memerangi hoaks jelang pemilu dan memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia soal serba-serbi pemilu. Laman digital ini bisa diakses di s.id/pemiludamaipedia.

“Guna menciptakan dan mengawal pemilu berjalan supaya damai, Kominfo membentuk satuan tugas anti hoaks untuk menyisir informasi yang mengandung kebencian dan kebohongan yang mengganggu pemilu 2024, bertajuk Pemiludamaipedia,” kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong, dalam konferensi pers di Kominfo, Jakarta, Senin (4/12/2023).

“Selain memantau hoaks, bahkan Kominfo juga ikut serta dalam memantau netralitas ASN. Jadi kita Direktorat Jenderal Aplikasi dan Informatika ada MoU dengan Komisi ASN untuk mengawasi netralitas ASN di ruang digital,” lanjut Usman.

1. Masyarakat bisa teredukasi lewat platform ini

Kominfo Rilis Pemiludamaipedia, Sisir Hoaks Jelang PemiluDirektur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kominfo, Usman Kansong dalam konferensi pers di kantor Kemkominfo, Jakarta, Jumat (24/3/2023). (IDN Times/Lia Hutasoit)

Tujuan dibentuknya pemiludamaipedia, selain untuk memerangi hoaks, juga untuk mengedukasi masyarakat soal pemilu 2024. Masyarakat bisa memperoleh informasi soal calon presiden, wakil presiden, hingga calon anggota DPR dan partai politik.

“Hadirnya platform ini adalah salah satu langkah Kominfo selaku konduktor komunikasi publik. Pemiludamaipedia diharapkan bisa memberikan info menyeluruh untuk masyarakat dari awal hingga akhir,” ungkap Usman.

Masyarakat juga bisa terhindar dari informasi keliru yang merebak di dunia digital dengan mengeceknya pada platform tersebut.

Baca Juga: Anies Ajak ASN Lawan Atasan yang Minta Tak Netral di Pemilu 2024

2. Ajak masyarakat untuk tidak golput

Kominfo Rilis Pemiludamaipedia, Sisir Hoaks Jelang PemiluIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, Usman mengajak masyarakat untuk tidak golput pada pemilu 2024. Pasalnya, pada pemilu 2019, sebanyak 11 persen suara masyarakat Indonesia tidak sah dan angka ini merupakan nilai yang cukup besar.

“Kita juga mengajak masyarakat anti golput. Masyarakat diharapkan berpartisipasi dalam pemilu 2024. Satu suara dapat menentukan masa depan bangsa,” ucap Usman lagi.

3. Ajak masyarakat tetap solid pascapemilu

Kominfo Rilis Pemiludamaipedia, Sisir Hoaks Jelang PemiluKeseruan Lombok Writers Festival hari kedua yang diadakan oleh IDN Times pada Kamis (10/3/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Usman juga menambahkan, dengan adanya platform pemiludamaipedia ini, Kominfo juga mengajak masyarakat Indonesia agar tidak terpecah pascapemilu lagi.

“Kalau pra-pemilu tadi kan ajakan jangan golput. Lalu saat pemilunya, kita mengajak untuk semua masyarakat menjaga suasana pemilu agar tetap damai dan tenang sampai penghitungan suara selesai. Lalu pascapemilu, agar semua masyarakat tidak terpecah. Beda pilihan itu sementara, bersaudara selamanya,” kata dia.

Baca Juga: Media Center Indonesia Maju Dibentuk, Ini Kata Bahlil

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya