One Way Arus Balik Lebaran, Catat Waktunya! 

Puncak arus balik diperkirakan mulai hari ini

Jakarta, IDN Times - Korlantas Polri kembali menerapkan one way selama arus balik Lebaran yang diperkirakan akan terjadi mulai hari ini.

One Way dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek akan diberlakukan mulai pukul 14.00 WIB, Senin (24/4/2023).

“Rekayasa contraflow dari KM 70 sampai dengan KM 47 Tol Jakarta-Cikampek juga akan diberlakukan mulai pukul 14.00,” kata Kabagops Korlantas Polri Kombes Pol Eddy Djunaedi, dalam keterangannya.

Baca Juga: Arus Mudik Lancar, ASDP Siap Maksimalkan Layanan Arus Balik Lebaran

1. Arus lalin kendaraan dari Jakarta ke arah timur

One Way Arus Balik Lebaran, Catat Waktunya! Kendaraan yang melintas di jalan Tol Jakarta-Cikampek, Karawang, Jawa Barat, Jumat (6/5/2022). (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar/tom).

Eddy juga menjelaskan bagaimana arus lalu lintas kendaraan dari arah Jakarta menuju ke timur yakni Purwakarta, Subang, Cirebon dan wilayah Jawa Tengah.

“Ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai KM 66 ambil arah kiri menuju ruas tol Cipularang masuk ke gerbang tol Kalihurip Utama, selanjutnya keluar Sadang (KM 76 Cipularang), kemudian melewati Purwakarta melalui jalan arteri,” lanjut dia.

Lalu, ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sampai KM 68 exit di Dawuan (gerbang tol Kalihurip 1) selanjutnya lewat Purwakarta/Cikampek melalui arteri.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Diprediksi 25 April, 203 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta

2. Jokowi imbau masyarakat hindari puncak arus balik

One Way Arus Balik Lebaran, Catat Waktunya! Ilustrasi - Sejumlah kendaraan antre melintasi Gerbang Tol Cikampek Utama, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, Kamis (28/4/2022). (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo mengimbau agar masyarakat Indonesia menghindari puncak arus mudik yang diprediksi terjadi pada 24 dan 25 April 2023.

“Pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak arus balik tersebut dengan cara menunda atau memundurkan jadwal kembali mudik setelah 26 April 2023,” kata Jokowi, dalam keterangannya di YouTube Setpres RI, Senin (24/4/2023).

“Ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri, BUMN, ataupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi atau perusahaan maisng-masing seperti bentuk cuti tambahan atau bentuk cuti lainnya,” lanjut Jokowi.

Baca Juga: 5 Ruas Tol Beri Diskon Arus Balik, Catat Tanggalnya

3. 230 ribu kendaraan per hari di puncak arus mudik

One Way Arus Balik Lebaran, Catat Waktunya! Gerbang Tol Cikampek Utama 1. (dok. Jasa Marga)

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus mudik akan dimulai hari ini, di mana bakal ada 203 ribu kendaraan per hari dari arah timur, jalan tol Trans Jawa dan dari arah Bandung.

Ratusan kendaraan ini diperkirakan akan melalui Tol Jakarta-Cikampek.

“Tentu ini merupakan jumlah yang sangat besar dibanding dari jumlah normalnya yaitu 53 ribu kendaraan,” ucap Jokowi lagi.

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya