5 Pesan Khutbah Budayawan Nasional di Masjid Al-Akbar Surabaya

Selamat Idul Fitri 1439 H

Surabaya, IDN Times - Salat Idul Fitri tahun ini jatuh pada hari Jumat (15/6). Seperti biasa, masjid Nasional Surabaya ini selalu penuh sesak oleh jamaah yang datang. Tahun ini, ada sekitar 60 ribu orang yang datang beribadah dengan khusyuk. 

Dikarenakan jumlah tersebut, jamaah harus menggunakan area Selasar Masjid di luar ruangan bahkan sampai area paving. Masjid Al-Akbar tampak penuh dengan warna putih balutan dari para jemaah. Salat dimulai pukul 06.02 WIB.

Tema "Mewujudkan Kasih Sayang" disampaikan oleh Khatib KH.D. Zamawi Imron yang merupakan budayawan Nasional dan berikut adalah 5 pesan yang bisa diambil dari khutbah tersebut.

1. Hati yang bersih tidak punya waktu untuk menyakiti orang lain

5 Pesan Khutbah Budayawan Nasional di Masjid Al-Akbar SurabayaIDN Times/Stella Azasya

"Di idul fitri tahun ini, marilah kita memiliki hati yang bersih, yang cinta pada Allah, cinta pada rumahNya, cinta pada segala perintahNya. Kita harus memiliki hati yang bersih, karena ketika hati kita bersih, maka kita tidak punya waktu untuk menyakiti orang lain, tidak punya waktu untuk membenci, tidak punya waktu untuk menyakiti, Ketika kita menyakiti orang lain, kita sendiri akan mendapat dosa dan akibatnya. Jadi ayo para jamaah, milikilah hati yang bersih, sehingga kita selalu ingat untuk selalu mengasihi.”

2. Jadilah orang beraklak lemah lembut yang rukun dengan siapapun

5 Pesan Khutbah Budayawan Nasional di Masjid Al-Akbar SurabayaIDN Times/Stella Azasya

“Saat kita lemah lembut, maka kita bisa menjaga cara bicara kita. Tidak suka marah, tidak semaunya sendiri dan tidak mementingkan diri sendiri saja. Kita senantiasa taat, beraklak baik, dan menyayangi sesama kita. Hidup hanya sebentar saja, sayang sekali jika harus dihabiskan dengan saling membenci. Mari rukun, memaafkan dengan ikhlas, tulus, dan tidak mengharap imbalan. Jangan lekas marah apalagi mendendam, milikilah sifat seperti Allah.”

4. Cinta bukan hanya pada sesama tapi juga bangsa sendiri

5 Pesan Khutbah Budayawan Nasional di Masjid Al-Akbar SurabayaIDN Times/Stella Azasya

"Tidak ada alasan untuk tidak cinta pada negara. Kita semua adalah Indonesia. Kita hidup dan bernafas di Indonesia, jadi sudah sepantasnya kita memancarkan cinta kita, pada negara kita. Orang yang cinta pada Allah, juga akan cinta pada sesamanya, dan orang yang cinta pada sesamaNya, juga akan cinta pada Negaranya. Pertanyaannya, apakah kita masih bisa melaksanakan salat Idul Fitri tahun depan? Tidak ada yang tahu. Jadi marilah hidup sebaik-baiknya. Cintailah Indonesia, lestarikan, jangan terpecah.”

4. Kita semua bersaudara

5 Pesan Khutbah Budayawan Nasional di Masjid Al-Akbar Surabayamediajatim.com

“Jangan mau terkecoh dengan perbedaan. Walaupun kita ini berbeda warna kulit, latar belakang, kebudayaan, jangan mau dipecah-pecah oleh iblis. Kita semua adalah saudara dalam Allah. Ada banyak hal yang bisa memecah manusia dengan manusia lainnya, tapi kasih Allah yang akan mempersatukan. Kasih Allah yang membuat kita semua bersaudara tanpa memandang perbedaan apapun. Sering kali kita terkecoh sampai tak sadar menyakiti, jangan lagi, minta ampun sama Allah.”

5. Milikilah hati yang selalu ingat pada Allah

5 Pesan Khutbah Budayawan Nasional di Masjid Al-Akbar SurabayaIDN Times/Stella Azasya

“Wujudkan kasih sayang itu dengan selalu ingat pada Allah. Di manapun kita berada, apapun yang kita lakukan, ingat Allah, ingat firmanNya. Itu akan membantu kita senantiasa taat, senantiasa punya hati yang bersih dan shaleh. Kita hanya harus berbakti pada Allah, ingat padaNya. Di hari yang bahagia ini, jadikan setiap momen jadi momen yang baik untuk membersihkan hati. Tunjukkan kasih sayang pada semua orang, lebih lemah lembut dan taat, Insya Allah kita semua akan bahagia.”

Selamat Idul Fitri 1439 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin.

Topik:

  • Tania

Berita Terkini Lainnya