14 Embarkasi Keberangkatan Jemaah Haji, Kenali Kode dan Lokasinya

Sebagian jemaah haji Jabar akan berangkat dari Kertajati

Intinya Sih...

  • Mulai 2023, Kementerian Agama memberangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi dari 14 embarkasi di Tanah Air.
  • Pemberangkatan jemaah haji dibagi dalam 2 gelombang, pertama menuju Madinah dan kedua ke Jeddah.

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama memberangkatkan jemaah haji ke Arab Saudi setiap tahun. Semua jemaah haji tersebut berangkat dari 14 embarkasi di Tanah Air.

Pemberangkatan jemaah haji biasanya dibagi dalam 2 gelombang, yakni gelombang pertama dan gelombang kedua. Jemaah haji gelombang pertama berangkat dari Tanah Air menuju Madinah, dan gelombang kedua dari Indonesia ke Jeddah.

Bagi Generasi Z, perlu mengetahui embarkasi adalah tempat pemberangkatan atau keberangkatan dengan pesawat terbang atau kapal laut. Istilah embarkasi biasa digunakan dalam pemberangkatan jemaah haji.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, mulai 2023 ada 14 embarkasi jemaah haji di Indonesia. Berikut nama-nama, kode, dan lokasinya.

Baca Juga: Pelunasan Biaya Haji Mulai 11 April, Ini Besaran Bipih per Embarkasi

1. Lima embarkasi di Sumatra: BTJ, KNO, BTH, PDG, dan PLM

14 Embarkasi Keberangkatan Jemaah Haji, Kenali Kode dan LokasinyaEmbarkasi Haji Indonesia (IDN Times/Mardya Shakti)

Di Sumatra ada 5 embarkasi, yakni embarkasi Aceh untuk jemaah haji dari Provinsi Aceh. Kodenya BTJ, berlokasi di Bandara Sultan Iskandar Muda.

Selanjutnya, Embarkasi Medan untuk jemaah haji dari Provinsi Sumatra Utara. Kodenya KNO, berlokasi di Bandara Kualanamu.

Embarkasi Batam untuk jemaah haji dari Provinsi Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, dan Provinsi Jambi. Kodenya BTH, berlokasi di Bandara Hang Nadim.

Embarkasi Padang untuk jemaah haji dari Provinsi Sumatra Barat dan Provinsi Bengkulu. Kodenya PDG, berlokasi di Bandara Minangkabau.

Kemudian Embarkasi Palembang untuk jemaah haji dari Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Bangka Belitung. Kodenya PLM, berlokasi di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

2. Lima embarkasi di Jakarta dan Jawa: JKG, JKS, KJT, SOC, SUB

14 Embarkasi Keberangkatan Jemaah Haji, Kenali Kode dan LokasinyaIlustrasi rombongan jemaah haji. ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Di wilayah Jakarta dan Jawa terdapat Embarkasi Jakarta (Pondok Gede) untuk jemaah haji Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, dan Provinsi Lampung. Kodenya JKG, berlokasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Kemudian Embarkasi Jakarta (Bekasi) untuk jemaah haji dari sebagian Provinsi Jawa Barat yakni Kota Depok, Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya, Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Purwakarta, dan Kabupaten Cianjur. Kodenya JKS, berlokasi di Bandara Soekarno-Hatta.

Tahun 2023 ini, pemerintah mulai memberangkatkan sebagian jemaah haji Jawa Barat dari Embarkasi Kertajati untuk jemaah dari Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Sumedang. Kodenya KJT, berlokasi di Kertajati, Majalengka.

Di Jawa Tengah terdapat Embarkasi Solo untuk jemaah haji dari Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi DI Yogyakarta. Kodenya SOC, berlokasi di Bandara Adi Soemarmo.

Di Jawa Timur ada Embarkasi Surabaya untuk jemaah dari Provinsi Jawa Timur, Provinsi Bali, dan Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kodenya SUB, berlokasi di Bandara Juanda.

Baca Juga: Sepertiga Jemaah Haji 2023 Kategori Lansia, Tertua Usia 105 Tahun

3. Empat embarkasi di Kalimantan, Lombok dan Sulawesi: BDJ, BPN, LOP, UPG

14 Embarkasi Keberangkatan Jemaah Haji, Kenali Kode dan LokasinyaSejumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Sukoharjo berjalan memasuki pesawat saat keberangkatan kloter pertama di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (7/7/2019) pagi. Jamaah calon haji yang tergabung pada kloter pertama dari Kabupaten Sukoharjo tersebut memberangkatkan sebanyak 360 jamaah calon haji menuju Tanah suci Makkah. (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/hp.)

Di wilayah Kalimantan, terdapat Embarkasi Banjarmasin untuk jemaah haji dari Provinsi Kalimantan Selatan dan Provinsi Kalimantan Tengah. Kodenya BDJ, berlokasi di Bandara Syamsudin Noor.

Lalu Embarkasi Balikpapan untuk jemaah haji dari Provinsi Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi Tengah, dan Provinsi Sulawesi Utara. Kodenya BPN, berloaksi di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman/Sepinggan.

Di Lombok, ada Embarkasi Lombok untuk jemaah haji dari Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kodenya LOP, berlokasi di Bandara Internasional Lombok.

Di Sulawesi, ada Embarkasi Makassar untuk jemaah haji dari Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Provinsi Papua Barat. Kodenya UPG, berlokasi di Sultan Hasanuddin.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya