9 Kloter Jemaah Haji Kuota Tambahan Sudah di Tanah Suci

Jemaah haji kuota tambahan menginap di 1 hotel di Madinah

Jeddah, IDN Times - Jemaah haji Indonesia gelombang kedua masih akan tiba di Arab Saudi pada hari ini, Selasa (20/6/2023). Berdasarkan data Jadwal Kedatangan Jemaah Haji yang diterbitkan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama, jemaah haji yang dijadwalkan tiba hari ini di Bandara Jeddah dan Madinah sebanyak 15 kelompok terbang (kloter) dari 10 embarkasi.

Kloter pertama yang tiba pada Selasa ini adalah dari embarkasi Jakarta Bekasi (JKS) kloter 65, mendarat di Bandara Internasional King Abdul Azis (KAAIA) Jeddah pukul 00.10, dengan jumlah jemaah 395 orang.

Selanjutnya menyusul dari embarkasi Banjarmasin (BDJ), Balikpapan (BPN), Padang (PDG), Lombok (LOP), Ujung Pandang (UPG), Solo dan Yogyakarta (SOC), Surabaya (SUB), dan Palembang (PLM).

Baca Juga: Banyak Jemaah Haji Lansia Tak Punya Gigi, Menag Minta Dibuatkan Bubur 

1. Sembilan kloter jemaah haji kuota tambahan sudah sampai di Tanah Suci

9 Kloter Jemaah Haji Kuota Tambahan Sudah di Tanah SuciJemaah Haji saat tiba di Jeddah. (IDN Times/Sunariyah)

Selain di Bandara Jeddah, jemaah haji yang berasal dari kuota tambahan juga mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMMA) Madinah hari ini. Mereka berasal dari embarkasi Solo kloter 96, dengan jumlah jemaah 276 orang.

Kepala Seksi Akomodasi Daerah Kerja (Daker) Madinah, Ali Machzumi mengatakan, hingga Senin (19/6/2023), total sudah 8 kloter jemaah haji kuota tambahan yang telah tiba di Tanah Suci melalui Bandara AMAA Madinah.

"Total sampai hari ini (Senin) ada delapan kloter. Jika rencananya ada 13, maka masih lima kloter lagi," kata Ali di sela-sela penyambutan jamaah haji kuota tambahan dari kloter 12 BTJ yang tiba di Hotel Gloria Fayrouz Al Massi (Syimaliyah), Madinah.

2. Jemaah haji kuota tambahan hanya menginap semalam di Madinah di 1 hotel

9 Kloter Jemaah Haji Kuota Tambahan Sudah di Tanah SuciHotel di sekitar Masjid Nabawi, Madinah (IDN Times/Sunariyah)

Seperti diputuskan Pemerintah Arab Saudi, jemaah haji dari kuota tambahan mendarat di Bandara Madinah dan akan menginap satu malam di Kota Nabi. Setelah transit semalam jemaah melanjutkan perjalanan ke Kota Makkah, melakukan rangkaian ibadah haji.

Ali menyebutkan, hanya satu hotel yang menjadi tempat transit jemaah kuota tambahan, yakni di Gloria Fayrouz Al Massi. Hal ini agar petugas yang masih bertugas di Madinah dapat terpusat di satu titik, karena sebagian besar sudah bergeser ke Makkah.

3. Jemaah kuota tambahan dapat layanan yang sama dengan jemaah haji reguler

9 Kloter Jemaah Haji Kuota Tambahan Sudah di Tanah SuciIlustrasi Jemaah Haji 2023 (IDN Times/Sunariyah)

Dia menambahkan, dari rencana awal 24 kloter jemaah kuota tambahan, dijadwalkan hanya 13 kloter yang akan transit di Madinah sebelum diberangkatkan ke Makkah.

Ali memastikan para jemaah kuota tambahan yang transit di Madinah mendapatkan layanan yang sama, baik dari akomodasi, transportasi, bimbingan ibadah, sampai konsumsi.

Jemaah akan mendapatkan akomodasi hotel, konsumsi selamat datang, sarapan, makan siang, dan sebelum ke Makkah mendapatkan makan selamat jalan.

Baca Juga: Bukan Tradisi Makan Roti, Sarapan Jemaah Haji Diganti Jadi Nasi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya