Bertemu di Vatikan, Menteri Susi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia 

Paus Fransiskus akan terus doakan Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengundang Paus Fransiskus ke Indonesia. Undangan itu disampaikan Susi ketika bertemu dengan Pemimpin Gereja Katolik sedunia itu di Aula Paolo Sesto Vatikan, Rabu (12/12) lalu, pukul 09.00-11.00 waktu setempat.

Fungsi Penerangan Sosial Budaya KBRI Vatikan Wanry Wabang mengungkapkan,
Susi berkunjung ke Vatikan dalam rangka menghadiri audiensi dengan Paus bersama ribuan umat Katolik dan wisatawan non-Katolik.

Baca Juga: Bawa Botol Plastik ke KKP, Menteri Susi Denda Pegawai Rp500 Ribu 

1. Bertemu Paus atas undangan Nuncio (Kepala Perwakilan) Tahta Suci Vatikan di Jakarta

Bertemu di Vatikan, Menteri Susi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia humas Pemkab Jember

Menteri yang identik dengan kata "Saya tenggelamkan" ini diundang bertemu Paus oleh Nuncio (Kepala Perwakilan) Tahta Suci Vatikan di Jakarta, Monsinyur Piero Pioppo, pada acara Our Ocean Conference di Bali 29-30 Oktober lalu.

Dalam acara itu, Susi berkesempatan bersalaman dengan Paus Fransiskus dan menyampaikan ucapan terima kasih atas surat Paus yang dikirimkan pada acara Our Ocean Conference 2018 serta mengundang Paus ke Indonesia.

"Saya mengucapkan terima kasih secara langsung atas dukungan dan komitmen Vatikan yang disampaikan oleh H.E Archbishop Piero Pioppo...," demikian dilansir dari Antara, Jumat (14/12).

2. Paus akan terus doakan dan beri dukungan bagi rakyat dan bangsa Indonesia

Bertemu di Vatikan, Menteri Susi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia twitter.com/tlrd

Kepada Susi, Paus menyatakan akan terus mendoakan dan memberikan dukungan bagi rakyat dan bangsa Indonesia.

Setelah bertemu dengan Paus, Susi melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Vatikan Monsinyur Paul Richard Gallagher di Istana Apostolik Vatikan. Pertemuan antara lain membahas saling pengertian antara Vatikan dan Indonesia mengenai upaya penanggulangan pencurian ikan dan "perbudakan" di sektor perikanan.

3. Vatikan setuju membantu upaya Indonesia mengangkat isu hak-hak kelautan di Forum PBB

Bertemu di Vatikan, Menteri Susi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia twitter.com/CatholicSat

Vatikan setuju membantu upaya Indonesia mengangkat isu hak-hak kelautan di forum Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Dalam kunjungannya ke Vatikan, Menteri Kelautan dan Perikanan juga mengunjungi Biara Santa Ursula di Roma dan melakukan interaksi informal dengan sejumlah biarawati dan biarawan.

4. Sharing komitmen penanggulangan dampak perubahan iklim

Bertemu di Vatikan, Menteri Susi Undang Paus Fransiskus ke Indonesia instagram.com/susipudjiastuti115

Dalam akun Twitternya, Susi juga memperlihatkan kegiatannya di Eropa selain bertemu Paus, yakni menghadiri acara Ocean’s Action Day di Katowice, Polandia.

Susi mengungkapkan, melakukan sharing komitmen penanggulangan dampak perubahan iklim terhadap sektor kelautan dan perikanan dalam sesi High Level Perspective on the way forward di Ocean’s Action Day Katowice.

Dalam sharing itu, Susi mengatakan, segenap elemen global harus kolaborasi agar lebih cepat memberikan dampak bagi laut.

Baca Juga: Pendangkalan Pantai Merusak Kapal, Nelayan Lamongan Mengeluh ke Susi

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya