Din Syamsuddin Deklarasikan Partai Pelita, Ketumnya Beni Pramula

Partai Pelita telah kantongi SK Pengesahan dari Kemenkumham

Jakarta, IDN Times - Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, tampaknya ingin ikut ambil bagian dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang. Hal ini terlihat dari langkah Din yang mendeklarasikan Partai Pelita di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat hari ini, Senin (28/2/2022).

Din mengatakan, memilih Gedung Joang 45 sebagai tempat deklarasi karena gedung tersebut bersejarah bagi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Din Syamsuddin Bakal Gugat UU IKN, Pansus DPR Siap Berargumen di MK

1. Ketua Umum Partai Pelita dijabat Beni Pramula, Din sebagai Ketua MPP

Din sendiri menjabat sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan Partai (MPP) Partai Pelita. Sementara Ketua Umum Partai Pelita adalah Beni Pramula.

Di hari yang sama usai deklarasi, Din langsung melantik dan mengukuhkan kepengurusan DPP Partai Pelita.

"Dengan ucapan bismillahirrahmanirrahim, saya kukuhkan DPP Partai Pelita untuk periode 2022-2027," kata Din, seperti dikutip dari ANTARA.

Secara simbolis, Din Syamsuddin menyerahkan pataka (bendera partai) kepada Ketua Umum Partai Pelita Beni Pramula.

2. Partai Pelita telah kantongi SK Pengesahan Badan Hukum dari Kemenkumham

Din Syamsuddin Deklarasikan Partai Pelita, Ketumnya Beni PramulaDin Syamsuddin (IDN Times/Margith Juita Damanik)

Partai Pelita merupakan partai politik yang telah mengantongi Surat Keputusan (SK) Pengesahan Badan Hukum dari Kementerian Hukum dan HAM.

Ketua Umum Partai Pelita Beni Pramula sendiri diketahui lahir di Pramubulih, 12 September 1988. Sebagai aktivis, sejumlah jabatan pernah diemban Beni, di antaranya ketua umum Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah periode 2014-2016 dan Presiden Pemuda Asia-Afrika periode 2015-2020.

3. Sekretaris Jenderal Partai Pelita dijabat Tantan Taufiq Lubis

Sementara posisi Sekretaris Jenderal Partai Pelita dipegang oleh Tantan Taufiq Lubis. Dia merupakan Ketua Forum Pemuda Kerja Sama Islam atau Islamic Cooperation Youth Forum (ICYF), sekaligus Pendiri Pemuda OKI Indonesia. Saat ini Tantan menjabat Vice Presiden Pemuda Islam untuk tingkat dunia.

Din belum banyak memberikan pernyataan usai deklarasi. Namun dia berjanji akan memberikan keterangan pers saat perkenalan pengurus. "Nanti akan ada beberapa tokoh yang kami undang," ujar Din.

Baca Juga: Din Syamsuddin Disebut Radikal, Muhammadiyah: Tuduhan Tidak Mendasar 

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya