Jemaah Dapat 10 Liter Zamzam, Diterima di Asrama dan Kantor Kemenag

Jemaah haji dapat air Zamzam 2 tahap

Jeddah, IDN Times - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada 2023 ini jemaah haji akan mendapatkan 10 liter air Zamzam. Kebijakan ini diumumkan langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat melepas keberangkatan jemaah kloter pertama Embarakasi Batam (BTH 01) di Syisyah-Makkah, Senin 3 Juli lalu.

Sebelumnya, selama 10 tahun terakhir, jemaah haji Indonesia hanya mendapat 5 liter air Zamzam dalam bentuk kemasan galon yang dibungkus kardus. Air Zamzam itu dibagikan ke jemaah setibanya di asrama haji debarkasi.

Air Zamzam tersebut dibawa oleh maskapai, baik Garuda Indonesia maupun Saudia Airlines, pada fase pemberangkatan jemaah haji.

Baca Juga: Alhamdulillah,  Jemaah Haji Dapat 10 Liter Air Zamzam

1. Jemaah dapat air Zamzam di asrama debarkasi dan kantor Kemenag

Jemaah Dapat 10 Liter Zamzam, Diterima di Asrama dan Kantor KemenagAir Zamzam kemasan 5 liter di Bandara Jeddah (IDN Times/Sunariyah)

Untuk pemberian air Zamzam 10 liter, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Saiful Muja mengatakan, jemaah akan mendapatkan 5 liter air Zamzam setibanya di asrama haji debarkasi.

Selanjutnya untuk tambahan 5 liter Zamzam, akan diterima di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota pada kesempatan berikutnya.

2. Air Zamzam dikirim secara bertahap oleh maskapai

Jemaah Dapat 10 Liter Zamzam, Diterima di Asrama dan Kantor KemenagAir Zamzam kemasan 5 liter (MCH Kemenag)

Saiful mengungkapkan, setelah kebijakan menambah air Zamzam disepakati, pihaknya segera rapat koordinasi dengan maskapai penerbangan, untuk menyepakati teknis pengiriman air Zamzam tambahan bagi jemaah haji Indonesia.

"Kami dan maskapai sepakat untuk mengirim air Zamzam tambahan untuk jemaah haji Indonesia secara bertahap," ujar Saiful di Makkah, Selasa (4/7/2023).

Baca Juga: Jemaah Haji Jangan Coba-Coba Bawa Air Zamzam di Koper, Akan Dibongkar!

3. Air Zamzam didistribusikan ke Kemenag provinsi hingga ke kabupaten/kota

Jemaah Dapat 10 Liter Zamzam, Diterima di Asrama dan Kantor KemenagAir Zamzam kemasan 5 liter (MCH/Kemenag)

Setelah sampai di Tanah Air, air Zamzam tambahan ini akan didistribusikan ke Kemenag Provinsi untuk diteruskan ke Kankemenag Kabupaten/Kota.

"Jemaah haji nantinya bisa mengambil 5 liter tambahan air Zamzam itu di Kantor Kemenag Kabupaten/Kota masing-masing. Kami usahakan agar jaraknya tidak terlalu lama dari kepulangan jemaah," tandasnya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya