Jenazah Azyumardi Akan Dipulangkan, Dimakamkan Senin Besok

Jusuf Kalla sediakan pesawat khusus untuk pemulangan jenazah

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra meninggal dunia hari ini, Minggu (18/9/2022), di Malaysia. Sebelum mengembuskan napas terakhir pukul 12.30 waktu setempat, Azyumardi dilarikan ke RS Serdang, Selangor, Malaysia karena terkena serangan jantung di pesawat, dalam perjalanan menghadiri acara diskusi di Selangor.

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dalam keterangannya hari ini menyebutkan, berdasarkan pembicaraannya dengan Duta Besar RI di Kuala Lumpur, saat ini jenazah Azyumardi Azra masih dalam proses pemandian dan pengapanan di Serdang Hospital.

"KBRI sudah melapor ke Kementerian Luar Negeri, dan Menlu sudah lapor ke Mensesneg untuk dilapor ke Presiden," papar Din.

Baca Juga: Profil Azyumardi Azra, Ketua Dewan Pers yang Meninggal di Malaysia

1. Jusuf Kalla sediakan pesawat khusus untuk pemulangan jenazah ke Tanah Air

Jenazah Azyumardi Akan Dipulangkan, Dimakamkan Senin BesokIlustrasi Azyumardi Azra (IDN Times/Arief Rahmat)

Untuk pemulangan jenazah ke Tanah Air, sedang dipertimbangkan menggunakan pesawat reguler atau pesawat khusus.

"Pak Jusuf Kalla sudah menyediakan pesawat khusus," lanjutnya.

Diharapkan, jenazah cendikiawan muslim Indonesia ini dapat disemayamkan di UIN Jakarta pada Minggu malam, dan kemudian dimakamkan pada Senin (19/9/2022).

2. Jenazah ditangani KBRI Kuala Lumpur dan keluarga

Jenazah Azyumardi Akan Dipulangkan, Dimakamkan Senin BesokKetua Dewan Pers, Azyumardi Azra saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Sekjen Kementerian Luar Negeri Cecep Herawan mengatakan, Azyumardi Azra meninggal di RS Serdang sekitar jam 12.30 waktu Kuala Lumpur.

"Beliau terkena serangan jantung di pesawat dalam perjalanan menghadiri acara diskusi yg sedianya diadakan kemarin," ujar Cecep.

Azyumardi Azra mendapat perawatan di Rumah Sakit Serdang, Selangor, sejak Jumat (16/9/2022) sore. Dia sempat memperoleh upaya resusitasi dari tim dokter sebelum mengembuskan napas terakhir.

Saat ini, pihak keluarga bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kuala Lumpur tengah menangani jenazah mantan Rektor UIN Jakarta tersebut. Istri almarhum, Ipah Farihah bersama putra keduanya Firman El Amny Azra, mendampingi di penghujung usia sang Profesor.

3. Menag sebut Azyumardi tokoh intelektual berkaliber dunia

Jenazah Azyumardi Akan Dipulangkan, Dimakamkan Senin BesokKetua Dewan Pers, Azyumardi Azra dan Rosiana Silalahi saat mengunjungi kantor IDN Media HQ pada Jumat (24/6/2022). (IDN Times/Herka Yanis)

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, turut menyampaikan rasa duka atas berpulangnya Azyumardi Azra. Menurutnya, Azyumardi adalah tokoh intelektual berkaliber dunia.

"Indonesia berduka. Almarhum adalah intelektual Tanah Air berkaliber dunia. Karya, ide, dan gagasannya sangat mencerahkan, terutama pada ilmu kesejarahan yang jadi bidang kepakarannya," ujar Yaqut, dilansir ANTARA, Minggu (18/9/2022).

Yaqut menjelaskan, Azyumardi adalah akademisi dan intelektual yang membumi. Dia sangat responsif dan kontributif terhadap dinamika perkembangan zaman. Yaqut bahkan mengenal Azyumardi pertama kali lewat karya-karya akademiknya.

"Beliau sangat produktif menulis, baik dalam bentuk buku, artikel jurnal, dan tulisan-tulisan populernya di media massa. Tepat kalau beliau dijuluki sebagai cendekiawan yang konsisten dengan dunia akademik, dan selalu berpikir dengan tangannya," kata Yaqut.

Baca Juga: Innalillahi, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia 

https://www.youtube.com/embed/r8roruBS0ho

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya