Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Ramadan Sore Ini

Tim Hisab dan Rukyat Kemenag mulai pemaparan pukul 17.00 WIB

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama (Kemenag) akan menyelenggarakan Sidang Isbat penentuan awal puasa Ramadan 1445 H, Minggu (10/3/2024) sore ini, di Auditorium H.M Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta Pusat.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Muhammad Adib mengatakan, sidang Isbat akan terbagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah pemaparan mengenai posisi hilal awal Ramadan 1445 H berdasarkan hasil hisab (penghitungan astronomi).

Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama akan memulai pemaparan pada pukul 17.00 WIB.

"Sesi ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara live di channel Youtube Bimas Islam,” ujar Adib.

Baca Juga: Arab Saudi Minta Warga Lihat Hilal Minggu Malam Pastikan Awal Ramadan

1. Penentuan awal Ramadan menggunakan data hisab dan hasil rukyatulhilal

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Ramadan Sore IniSkema kriteria MABIMS tentang penentuan awal bulan kalender Hijriyah, Rabu (6/3/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Tahap selanjutnya, setelah salat magrib, Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1445 Hijriah, yang akan dilangsungkan secara tertutup.

Selain menggunakan data hisab (informasi), sidang isbat juga akan merujuk pada hasil rukyatulhilal (konfirmasi) yang dilakukan oleh tim Kemenag di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

"Tahap ketiga, konferensi pers hasil sidang isbat yang juga disiarkan melalui media sosial Kemenag," ujarnya.

Baca Juga: Keluarkan Surat Edaran, Menag Ajak Umat Hormati Perbedaan Awal Ramadan

2. Sidang Isbat melibatkan tim Kemenag, BRIN, dan dubes negara sahabat

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Ramadan Sore IniRapat persiapan sidang isbat awal Ramadan 1445 H (Dok.Kemenag RI)

Sidang Isbat akan melibatkan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama, serta dihadiri para duta besar negara sahabat dan perwakilan ormas Islam.

Sidang ini juga akan melibatkan perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan undangan lainnya.

"Kami juga mengundang pimpinan MUI dan Komisi VIII DPR RI untuk hadir dalam sidang," kata Adib, dikutip dari kemenag.go.id, Minggu (10/3/2024).

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kamaruddin Amin mengatakan, sidang ini akan digelar secara daring dan luring.

“Sidang Isbat ini merupakan salah satu layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah,” ujar Kamaruddin pada Rapat Persiapan Penetapan Awal Ramadan di Jakarta.

3. Kemenag gandeng influencer jadi kader hisab rukyat nasional

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan Awal Puasa Ramadan Sore IniKemenag gandeng influencer perkenalkan hisab rukyat. (Dok. Kemenag)

Kementerian Agama (Kemenag) menggandeng ratusan influencer sebagai kader hisab rukyat nasional.

Kegiatan bertajuk "Catch the Moon Ramadhan Kareem" Edukasi, Simulasi, dan Visualisasi Hilal Awal Ramadhan 1445 H itu dilakukan oleh
Ditjen Bimas Islam Kementerian Agama.

"Pada era kemajuan teknologi, kontestasi di ruang publik akan didominasi mereka yang paling sering hadir," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin.

Kamaruddin mengatakan, pihaknya ingin memperkenalkan hisab rukyat yang merupakan kebutuhan umat Islam seluruh dunia. Hal itu karena hisab rukyat masih tidak banyak diketahui.

Dengan begitu, peran para influencer muda tersebut menjadi sangat penting untuk memperkenalkannya.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya