Comscore Tracker

Ketua MK Anwar Usman Menikah dengan Adik Jokowi Kamis Pagi di Solo

Maskawin pernikahan antara lain jam tangan

Jakarta, IDN Times - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman akan menikah dengan adik Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Idayati, hari ini, Kamis (26/5/2022).  Pernikahan akan berlangsung di Gedung Graha Saba Buana Solo, Jawa Tengah.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Banjarsari, Arbain Basyar menyebutkan, yang bertindak sebagai saksi dalam pernikahan ini yakni Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin.

Ma'ruf, kata Arba'in, menggantikan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno. Saksi nikah lainnya yakni Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Ada perubahan saksi nikah, kemarin saya katakan untuk saksi putri adalah Mensesneg Pratikno, sekarang diganti Wakil Presiden Ma'ruf Amin," ujar Arba'in seperti dilaporkan Reporter IDN Times Larasati Rey dari Solo, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Anak Idayati Sebut Anwar Usman Sosok yang Lucu dan Santai

1. Wapres Ma'ruf Amin dan Panglima TNI Andika Perkasa jadi saksi pernikahan

Ketua MK Anwar Usman Menikah dengan Adik Jokowi Kamis Pagi di SoloWapres Ma'ruf Amin rapat Teleconference (Youtube/Wakil Presiden RI)

Wali Kota Solo yang merupakan keponakan Idayati, Gibran Rakabuming Raka mengungkapkan, akad nikah akan berlangsung pukul 09.00 WIB dan langsung dilanjutkan dengan acara resepsi.

"Isuk kok acarane langsung dilanjut resepsi," ujar Gibran saat ditemui di kantor Balaikota Surakarta, Senin (17/05/2022).

Saat ditanya apakah sang ayah, Presiden Jokowi, akan menjadi wali nikah, Gibran tak menjawab gamblang.

"Ketoke ho o, ora reti (Sepertinya iya, tapi tidak tahu juga)," uajrnya.

Presiden Jokowi sendiri rencananya akan datang ke Kota Solo pada Kamis (25/5/2022) untuk menghadiri acara pernikahan adiknya. Pernikahan diperkirakan dihadiri sekitar 800 tamu undangan.

2. Maskawin pernikahan alat salat dan jam tangan

Ketua MK Anwar Usman Menikah dengan Adik Jokowi Kamis Pagi di SoloIdayati & Anwar Usman menghadiri gladi bersih jelang pernikahan. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelumnya Arba’in mengungkapkan, maskawin pernikahan Idayati dan Anwar Usman berupa seperangkat alat salat dan jam tangan. Meski demikian, ia tak merinci kedua barang tersebut.

”Insyaallah (maskawinnya) seperangkat alat salat dan jam tangan. Tapi kalau (jam tangan) merek apa dan harganya berapa, kami kurang tahu. Sebab yang dicantumkan hanya jenis barangnya saja,” katanya saat ditemui IDN Times, Selasa (24/5/2022).

Arba'in menyebutkan, jika maskawin tersebut merupakan permintaan dari pihak mempelai wanita.

Prosesi akad nikah akan berlangsung selama sekitar 30 menit. Tahapannya mulai dari pembukaan, penyerahan mas kawin, pembacaan ayat suci Alquran, khotbah nikah, akad nikah, dan pembacaan sighat taklik--yang dibacakan oleh suami sesudah akad nikah--.

”Terakhir baru penandatanganan buku nikah, penyerahan buku nikah, dan prosesi selesai,” ucapnya.

Baca Juga: KUA Beri 2 Teks Ijab Kabul Pernikahan Idayati-Anwar Usman untuk Jokowi

3. Konsep dekorasi pernikahan bertema Jawa klasik

Ketua MK Anwar Usman Menikah dengan Adik Jokowi Kamis Pagi di SoloPanggung pelaminan pernikahan Idayati dan ketua MK Anwar Usman. (IDN Times/Larasati Rey)

Sebelum hari H, pihak calon pengantin perempuan juga menggelar acara pengajian di rumah almarhum ibunda Presiden Jokowi, Sudjiatmi.

Dalam pengajian yang berlangsung tertutup itu, hadir juga calon mempelai pria, Ketua MK Anwar Usman, yang mengenakan pakaian berwarna putih dan berpeci hitam. Senada dengan Anwar, Idayati juga mengenakan pakaian putih dengan motif bunga mawar.

Pemilik Asmoro Decoration yang ditunjuk mendekor panggung pelaminan Ranu Asmoro menyebutkan, konsep dekorasi pernikahan keduanya bertema Jawa klasik.

"Kalau konsep dekorasi kita menyusun konsep klasik, jadi berdasarkan persetujuan atau request (permintaan) Ibu (Idayati). Kita menyusun konsep Jawa klasik," ujar Ranu kepada IDN Times, Selasa (24/5/2022).

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya