Rachmat Gobel Akan ke Jepang Rayu Negara itu Danai Pembangunan IKN

Wakil Ketua DPR berangkat ke Jepang akhir Maret ini

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel meminta Jepang untuk mendukung proyek-proyek strategis nasional, termasuk di antaranya pembangunan ibu kota negara (IKN) yang baru di Kalimantan Timur.

Hal itu disampaikan Gobel saat menerima kunjungan kehormatan Parlemen Jepang di sela-sela kegiatan Sidang Majelis ke-144 Inter-Parliamentary Union (IPU) di BICC, Nusa Dua, Bali, Senin (21/3/2022).

"Saya membahas pertama tentang bagaimana peningkatan investasi Jepang di Indonesia. Tidak hanya investasi, tetapi untuk mendukung program-program Pemerintah Republik Indonesia, termasuk proyek-proyek strategis seperti IKN," kata Rachmat Gobel saat ditemui usai menerima Delegasi Parlemen Jepang yang dipimpin Tanaka Kazunori, seperti dilansir ANTARA.

1. Penjajakan kerja sama dengan Jepang harus dilakukan dengan tatap muka

Rachmat Gobel Akan ke Jepang Rayu Negara itu Danai Pembangunan IKNSuasana kota Tokyo, Jepang (IDN Times/Anata)

Jepang sendiri menyambut baik permintaan Indonesia. Kendati demikian, Rachmat Gobel mengatakan, Indonesia perlu terus meyakinkan Jepang, termasuk di antaranya pemerintah dan para pemodal di negara itu.

"Saya kira ini akan menjadi positif buat mereka, tinggal bagaimana kita bisa meyakinkan lebih jauh lagi dengan para investor di Jepang,” kata Wakil Ketua DPR RI itu.

Menurut mantan Menteri Perdagangan ini, penjajakan kerja sama dengan Jepang harus dilakukan dengan bertemu langsung atau tatap muka. Namun karena pandemik COVID-19, komunikasi terutama dengan pemerintah dan para investor, jadi terkendala.

"Komunikasi hanya mungkin dilakukan lewat sambungan virtual, sementara penjajakan untuk kerja sama hanya efektif dilakukan lewat tatap muka," ujar Gobel.

"Yang saya tahu, kalau dengan Jepang harus bertemu langsung, mesti dialog langsung menjelaskan untuk meyakinkan mereka (agar) mau investasi. Jadi harus lebih agresif kita menjelaskan," Gobel melanjutkan.

2. Rayu Jepang danai pembangunan IKN, Rachmat Gobel terbang ke Negeri Matahari terbit akhir Maret

Rachmat Gobel Akan ke Jepang Rayu Negara itu Danai Pembangunan IKNDesain Istana IKN oleh Nyoman Nuarta (instagram.com/nyoman_nuarta)

Untuk penjajakan kerja sama, Rachmat Gobel dijadwalkan berkunjung ke Jepang menemui langsung para pengusaha setempat dan menjelaskan mengenai pembangunan IKN di Kalimantan Timur, yang merupakan salah satu proyek strategis nasional.

"Akhir bulan ini saya akan berangkat ke Jepang," ujar dia.

Gobel menjelaskan, Indonesia berharap para pemodal yang berinvestasi di pembangunan IKN adalah mereka yang punya visi keberlanjutan (sustainability).

3. Jepang berkomitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan

Rachmat Gobel Akan ke Jepang Rayu Negara itu Danai Pembangunan IKNPetugas mengibarkan bendera Jepang dalam pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Nasional, Tokyo, Jepang, Jumat (23/7/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Menurut gobel, Jepang memiliki komitmen terhadap pembangunan yang berkelanjutan.

"Otomatis investasi Jepang itu mereka (perhatian) sekali dengan masalah iklim, misalnya dalam membangun kota, kita mendorong mereka untuk (terlibat) membangun smart city. Teknologi-teknologi mereka untuk smart city banyak sekali," terang Gobel.

Di samping menerima kunjungan kehormatan Delegasi Parlemen Jepang, Rachmat Gobel menerima kunjungan Delegasi Parlemen Turki dan Parlemen Uzbekistan di sela-sela Sidang Majelis Ke-144 IPU di BICC, Nusa Dua, Bali, Senin.

Baca Juga: Jokowi Bakal Bentuk Dewan Pengarah IKN, Luhut Ikut Jadi Anggotanya

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya