Comscore Tracker

Gunung Semeru Meletus di Malang Jadi Trending Topic di Twitter

Gunung Semeru meletus pada Sabtu sore

Jakarta, IDN Times - Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, meletus pada Sabtu (4/12/2021) sore.

Peristiwa Semeru erupsi ini menjadi sorotan warganet di media sosial, dan dalam waktu singkat langsung menjadi trending topic di Twitter. Hingga pukul 17.31 WIB, total ada 58,8 ribu tweet terkait Semeru.

Sejumlah warganet membagikan video yang memperlihatkan detik-detik Gunung Semeru meletus.

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Semeru Erupsi, Keluarkan Asap Panas

1. Rumah warga tertutup abu vulkanik

Gunung Semeru Meletus di Malang Jadi Trending Topic di TwitterSuasana jalur lahar panas Gunung Semeru di kawasan Pronojiwo, Lumajang, Jawa Timur, Rabu (2/12/2020) (ANTARA FOTO/Umarul Faruq)

Dalam video yang diunggah Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono di akun Twitternya, @DaryonoBMKG, terlihat warga panik berlarian saat Semeru meletus dan menyemburkan abu vulkanik.

Daryono juga memperlihatkan video rumah yang rusak dan tertutup abu vulkanik yang begitu tebal. Seketika kondisi di sekitar Semeru menjadi gelap gulita.

2. Puncak gunung Semeru masih tertutup kabut tebal

Gunung Semeru Meletus di Malang Jadi Trending Topic di TwitterWarga menunjukkan abu vulkanik Gunung Semeru. (ANTARA/Seno/rwa).

Petugas pos PPA Gunung Sawur Semeru, Yadi Yuliandi menjelaskan, saat ini situasi di sekitar puncak gunung Semeru masih tertutup kabut tebal. Pandangan juga sangat terbatas dan petugas terus berusaha memastikan status Gunung Semeru saat ini.

"Sejauh ini tidak ada suara-suara. Kami belum mengetahui pasti, karena bercampur banjir. Nanti akan kami informasikan kembali," katanya.

3. Masyarakat diminta segera turun gunung hindari guguran awan panas

Gunung Semeru Meletus di Malang Jadi Trending Topic di TwitterIlustrasi awan Panas Gunung Semeru (Dok. BNPB)

Berdasarkan rilis dari BPBD Provinsi Jatim, sejauh ini belum ada laporan korban jiwa atas peristiwa tersebut. Wilayah yang terdampak adalah kawasan Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang. Upaya evakuasi langsung dilakukan oleh BPBD Lumajang guna menghindari jatuhnya korban jiwa.

Masyarakat yang berada pada radius dekat dengan puncak gunung diminta untuk turun guna menghindari terjadinya guguran awan panas.

Baca Juga: [BREAKING] Gunung Semeru Erupsi, Khofifah: Masyarakat Segera Evakuasi!

Topic:

  • Sunariyah
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya