Sidang Tahunan MPR Besok Lebih Singkat, Puan: Jam 12 Acara Selesai 

Ketua MPR pastikan Sidang Tahunan dengan prokes ketat

Jakarta, IDN Times - Sidang Tahunan MPR RI, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden akan berlangsung Senin, 16 Agustus 2021. Ketua MPR Bambang Soesatyo memastikan, persiapan sudah selesai secara keseluruhan dan sidang tahunan siap digelar besok.

Karena masih dalam suasana pandemik COVID-19, Bambang Soesatyo yang akrab disapa Bamsoet mengatakan, Sidang Tahunan akan dilangsungkan secara sederhana, dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Sidang Tahunan MPR RI akan kembali digelar secara luring dan daring. Presiden dan Wakil Presiden akan hadir secara fisik di kompleks Parlemen," kata Bamsoet, di Jakarta, Minggu (15/8/2021), seperti dilansir ANTARA.

Baca Juga: Sidang Tahunan MPR Digelar 16 Agustus, Undangan Fisik Hanya 60 Orang

1. Sidang Tahunan diikuti 1.125 orang, namun yang hadir secara fisik di Gedung MPR/DPR 60 undangan

Sidang Tahunan MPR Besok Lebih Singkat, Puan: Jam 12 Acara Selesai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD dan DPR RI pada Jumat (14/8/2020) (Youtube.com/DPR RI)

Guna memastikan acara besok berlangsung lancar, hari ini digelar gladi bersih. Dalam kesempatan ini, Bamsoet menjelaskan, jumlah undangan Sidang Tahunan MPR RI mencapai 1.125 orang. Tapi yang hadir secara fisik di Gedung MPR/DPR hanya 60 undangan, sisanya 975 undangan hadir secara virtual, dan 90 undangan streaming.

Undangan yang hadir secara fisik antara lain Presiden, Wakil Presiden, para Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Sekretaris Kabinet, Menteri Keuangan, Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas, Panglima TNI, Kapolri, Ketua BPK, Ketua MA, Ketua MK, dan Ketua KY.

2. Jokowi akan laporkan kinerja lembaga-lembaga negara

Sidang Tahunan MPR Besok Lebih Singkat, Puan: Jam 12 Acara Selesai IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Dalam Sidang Tahunan ini, Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan menyampaikan pidato laporan kinerja lembaga-lembaga negara dalam menjalankan tugas dan kewenangannya selama setahun terakhir.

"Pidato laporan yang disampaikan Presiden Jokowi itu bertujuan agar rakyat bisa mengetahui sejauh mana kinerja lembaga pemerintahan atau lembaga negara," ujar Bamsoet.

3. Sidang Tahunan akan berjalan lebih singkat, jeda sesi pertama dan kedua hanya hitungan menit

Sidang Tahunan MPR Besok Lebih Singkat, Puan: Jam 12 Acara Selesai Sidang Tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPD dan DPR RI pada Jumat (14/8/2020) (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Ketua DPR RI Puan Maharani juga memastikan Sidang Tahunan MPR, Sidang Bersama DPR-DPD, dan Pidato Kenegaraan Presiden akan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat.

"Ini tahun kedua kita melaksanakan sidang tahunan dengan prokes yang ketat. Tentu diharapkan segala sesuatunya akan berjalan lebih baik," kata Puan dalam keterangannya.

Dalam Sidang besok, Puan juga akan menerima secara resmi RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2022 beserta Nota Keuangan dan dokumen pendukungnya dari Presiden Jokowi.

Menurut mantan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) ini, Sidang Tahunan ini berjalan lebih singkat, karena jeda sesi pertama dan kedua hanya hitungan menit.

"Sekitar jam 12 acara dijadwalkan sudah selesai. Saya sebagai Ketua DPR RI yang akan menutupnya," kata Puan.

Baca Juga: [BREAKING] Ketua MPR Bambang Soesatyo Membuka Sidang Tahunan MPR 2020

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya