Survei Kemenag: Warga Puas dengan Layanan KUA, Revitalisasi Lanjut

Revitalisasi KUA diinisiasi Menag Yaqut Cholil Qaumas

Jakarta, IDN Times - Kementerian Agama menggelar survei mengenai Indeks Kepuasan Layanan (IKL) Kantor Urusan Agama (KUA) pada 2023. Hasilnya, kepuasan masyarakat terhadap layanan KUA rata-rata di angka 83,257. Artinya, masuk kategori sangat baik (di atas 80).

Staf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo mengatakan, rata-rata nasional skor tersebut juga mencapai tingkat signifikan sebesar 83,80 yang menandakan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan yang disediakan oleh KUA tetap tinggi.

"Berdasarkan survei ini, kami melihat revitalisasi KUA yang diinisiasi Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berjalan efektif dan akan ditingkatkan pada 2024," ujar Bowo panggilan Akrab Bowo, yang dikutip Senin (20/11/2023).

Baca Juga: Nikah di KUA, Ini Tata Cara, Biaya dan Syarat Terbaru 2023

1. Survei untuk menilai efektivitas dan efisiensi pelayanan KUA kecamatan secara nasional

Survei Kemenag: Warga Puas dengan Layanan KUA, Revitalisasi LanjutStaf Khusus Menteri Agama Bidang Media dan Komunikasi Publik Wibowo Prasetyo (Dok. Kemenag)

Sementara itu, Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Suyitno mengatakan, survei Indeks Kepuasan Layanan KUA dilakukan untuk menilai efektivitas dan efisiensi pelayanan KUA kecamatan secara nasional.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 34 Tahun 2016, KUA Kecamatan memiliki fungsi pelayanan, pengawasan, pencatatan, dan pelaporan nikah dan rujuk, serta berbagai tugas lainnya terkait keluarga, masjid, hisab rukyat, agama Islam, zakat, dan wakaf.

"Hasil survei menunjukkan bahwa pelayanan pencatatan nikah di KUA pada 2023 mendapatkan penilaian sangat baik, dengan skor 83,257. Skor tersebut mencapai tingkat signifikan sebesar 83,80, menandakan tingkat kepuasan masyarakat yang tetap tinggi terhadap layanan yang disediakan oleh KUA," jelas Suyitno.

 

2. Hasil survei merekomendasikan revitalisasi KUA dilanjutkan

Survei Kemenag: Warga Puas dengan Layanan KUA, Revitalisasi LanjutKantor KUA Kecamatan Jombang di jalan Brigjen Katamso Pulo lor. IDN Times/Zainul Arifin

Suyitno memaparkan, ada tiga temuan penting dari survei IKL KUA 2023. Pertama, kepuasan masyarakat atas layanan KUA sangat tinggi, di atas 80,00. Kedua, program revitalisasi KUA berjalan efektif, dibuktikan oleh adanya perbedaan signifikan dengan KUA yang belum revitalisasi. Ketiga, layanan KUA di daerah mayoritas muslim dan minoritas muslim sama-sama baik.

"Artinya tata kelola KUA telah berjalan sesuai harapan," tegasnya.

Survei ini merekomendasikan keberlanjutan revitalisasi KUA. Sebab, ada aspek layanan yang masih perlu peningkatan, khususnya pada KUA yang belum terrevitalisasi, yaitu sarana dan prasarana.

Secara spesifik, skala prioritas ke depan antara perbaikan gedung KUA, area parkir, toilet, serta komputer/laptop, dan penguatan jaringan internet.

2. Dua kategori responden survei

Survei Kemenag: Warga Puas dengan Layanan KUA, Revitalisasi LanjutInstragram.com/ kua_kalideres

Adapun survei ini melibatkan dua kelompok responden, yaitu masyarakat yang menggunakan layanan nikah dan non-nikah. Kriteria responden mencakup pengguna layanan KUA dalam enam bulan terakhir, tepatnya pada rentang April–September 2023, yang berdomisili di wilayah KUA yang ditentukan.

Khusus untuk dimensi layanan nikah, survei melibatkan mempelai atau keluarga mempelai. Total ada 2.058 responden yang terlibat sesuai kriteria terlibat dalam pengumpulan data.

Baca Juga: Ini 5 Transformasi dalam Revitalisasi KUA

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya