Viral Ucapan Ustaz Basalamah soal Wayang, BNPT Minta Ada Sikap Tegas

Pepadi akan melaporkan Basalamah ke Mabes Polri

Jakarta, IDN Times - Baru-baru ini viral potongan video ceramah Ustaz Khalid Basalamah yang menyebut wayang haram dalam ajaran Islam. Potongan video itu pun mendapat banyak tanggapan dari warganet.

Terbaru, melalui video yang diunggah di kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Senin (14/2/2022), Basalamah memberikan klarifikasi dan menyampaikan permohonan maaf terkait potongan video ceramahnya soal wayang.

Seperti dilansir ANTARA, Selasa (15/2/2022), Basalamah mengatakan video ceramahnya soal wayang itu merupakan potongan pertanyaan yang diajukan oleh jemaah di Masjid Blok M Jakarta beberapa tahun silam.

Ia menegaskan, dalam jawaban di potongan video yang viral itu, tidak ada kata-katanya yang mengharamkan wayang. Ia menyampaikan hanya mengajak agar menjadikan Islam sebagai tradisi.

Baca Juga: Kesenian Wayang Garing Khas Serang yang Terancam Punah

1. BNPT sebut perlu sikap tegas bila ada indikasi intoleran dalam pernyataan Basalamah

Viral Ucapan Ustaz Basalamah soal Wayang, BNPT Minta Ada Sikap Tegasbnpt.go.id

Kendati demikian, Deputi Bidang Penindakan dan Pembinaan Kemampuan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Inspektur Jenderal Polisi Ibnu Suhendra angkat suara terkait hal ini.

"Kami dukung upaya klarifikasi, termasuk proses secara hukum karena jika wayang dilarang (diharamkan) maka budaya lain juga bisa diharamkan termasuk Gandrung, yakni tarian tradisional dari Banyuwangi, daerah saya," kata Suhendra di Hotel Singhasari and Resort di Batu, Jawa Timur, Selasa 15 Februari 2022.

Menurut Suhendra, bila ada indikasi intoleran dalam pernyataan Basalamah, maka perlu ada sikap tegas.

"Jika ada indikasi intoleran dalam pernyataan Ustadz Khalid Basalamah, maka perlu sikap tegas kita yang dia sampaikan melanggar hukum," kata Suhendra dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme IX-2022 yang diikuti 34 provinsi, termasuk FKPT baru yakni Papua dan Papua Barat.

2. Sikap intoleran awal dari radikalisme yang berujung terorisme

Viral Ucapan Ustaz Basalamah soal Wayang, BNPT Minta Ada Sikap TegasIlustrasi teroris (IDN Times/Mardya Shakti)

Dia pun mengingatkan Basalamah untuk menjadi pendakwah yang berwawasan kebangsaan Pancasila, UUD 45, dan Bhinneka Tunggal Ika.

"Jadilah pendakwah yang berwawasan kebangsaan Pancasila, UUD 45, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI menjunjung tinggi toleransi, keberagaman, saling menghormati sesama umat manusia, dan wajib melestarikan budaya bangsa di seluruh Indonesia," ujarnya dikutip dari ANTARA.

Suhendra menyebutkan, sikap intoleran adalah awal terbentuknya radikalisme, yang melahirkan ekstremisme serta hilirnya adalah terorisme. Intoleran terhadap keberagaman kini kian marak, yakni ada sikap eksklusif dengan mengkafirkan orang di luar kelompok.

3. Wayang media dakwah yang efektif dan membumi dalam sejarah Islam Indonesia

Viral Ucapan Ustaz Basalamah soal Wayang, BNPT Minta Ada Sikap TegasIDNTimes/Holy Kartika

Tidak hanya BNPT, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Muti juga memberikan respons. Ia menyatakan, dalam sejarah Islam di Indonesia, wayang digunakan sebagai media dakwah yang efektif dan membumi, sehingga dapat diterima oleh semua kalangan.

"Dalam sejarah Islam, wayang merupakan media dakwah yang efektif dan membumi serta diterima semua kalangan," ujar Abdul Muti.

Bagi Muti, wayang di Indonesia merupakan kreativitas seni dan inkulturasi nilai-nilai Islam yang turut membentuk budaya luhur bangsa.

Bahkan, ia mendorong agar kesenian-kesenian yang berkembang dan telah mengakar di masyarakat, utamanya yang baik, mesti dipopulerkan sebagai bagian dari kehidupan bangsa.

"Sekarang ini, kesenian yang berbasis dan mengakar di masyarakat justru perlu dipopulerkan sebagai bagian dari pelestarian budaya luhur bangsa," kata dia.

4. Persatuan Pedalangan Indonesia di Banyumas akan melaporkan Basalamah ke Mabes Polri

Viral Ucapan Ustaz Basalamah soal Wayang, BNPT Minta Ada Sikap TegasIlustrasi Gedung Mabes Polri (polri.go.id)

Gara-gara ceramah soal wayang itu, Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Wilayah Banyumas Raya bakal melaporkan Khalid Basalamah ke Bareskrim Mabes Polri.

"Kalau hanya dinyatakan dilarang (dalam Islam), itu sudah biasa. Tapi dalam anak kalimat berikutnya ada ujaran 'lebih baik dimusnahkan', ini sangat menyakitkan kami," kata Koordinator Pepadi Wilayah Banyumas Raya Bambang Barata Aji.

Ia mengatakan, ujaran atau pernyataan Khalid Basalamah dapat mengarah pada upaya disintegrasi bangsa, karena wayang merupakan produk seni budaya yang ditemukan pada berbagai kelompok etnik di Nusantara dengan berbagai ekspresi, mulai dari wayang purwa, wayang orang, wayang golek, wayang wali, wayang wahyu, wayang beber dan sebagainya.

"Apa yang diharamkan oleh saudara Khalid basalamah ini menepis produk pengislaman masyarakat Nusantara oleh para aulia. Hal ini tentu berbahaya bila ditafsirkan bahwa para wali melaksanakan hal-hal yang haram dalam penyebaran agama Islam," kata Bambang yang juga Ketua Yayasan Dhalang Nawan

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 3 Teroris JI di Bengkulu

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya