Comscore Tracker

Tolak Mendukung Anies, PSI: Tak Mungkin Dukung Kandidat Bermasalah

Anies tidak masuk ke nama-nama hasil penjaringan PSI

Jakarta, IDN Times -  Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menegaskan tak akan mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di 2024 mendatang. Hal ini ditegaskan langsung Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Grace Natalie.

Menurut PSI, Anies Baswean merupakan kandidat bermasalah, sehingga tak pantas untuk didukung oleh partainya.

“Menyangkut hal ini, sudah sangat jelas bahwa PSI tidak akan mendukung Mas Anies di Pilpres 2024. Kami memeluk teguh prinsip anti-intoleransi dan anti-korupsi. Maka, tak mungkin kami mendukung kandidat yang bermasalah dalam dua atau salah satu prinsip tersebut,” kata Grace dalam keterangan resminya, Minggu (19/6/2022).

Baca Juga: Ganjar-Anies Masuk Radar Capres, Nasdem: Tak Harus Jadi Kader

1. Anies tak masuk ke dalam sembilan nama yang layak jadi penerus Jokowi

Tolak Mendukung Anies, PSI: Tak Mungkin Dukung Kandidat BermasalahIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Buat PSI, kata Grace, politik bukan sekadar soal menang dan meraih kekuasaan. Politik, pertama-tama, menyangkut perjuangan atas prinsip.

“Prinsip harus ditegakkan dengan sebaik-baiknya. PSI menolak untuk bersikap pragmatis dan oportunis,” lanjut Grace.

Selain itu, kata Grace, dalam hasil penjaringan ke akar rumput PSI, Anies tidak masuk dalam sembilan nama yang layak menjadi penerus Jokowi.

“Sembilan nama hasil penjaringan teman-teman PSI di daerah itulah yang masuk dalam Rembuk Rakyat PSI. Nama Mas Anies tidak ada di sana,” ujar Grace.

Baca Juga: Jawaban Diplomatis Anies Saat Diusung Jadi Bakal Capres NasDem

2. Sembilan nama hasil penjaringan PSI

Tolak Mendukung Anies, PSI: Tak Mungkin Dukung Kandidat BermasalahGiring "Nidji" Ganesha. (Instagram.com/ Giring)

Terkait 9 nama bakal capres hasil penjaringan PSI, Ketua DPP PSI Giring Ganesha sempat mengatakan bahwa semua nama ini diinginkan rakyat untuk meneruskan kepemimpinan Jokowi.

Giring merincikan sembilan nama tersebut yakni Emil Dardak, Erick Thohir, Ganjar Pranowo, Mahfud MD, Muhammad Andika Perkasa, Mochamad Ridwan Kamil, Muhammad Tito Karnavian, Najwa Shihab, dan Sri Mulyani Indrawati.

"Mereka adalah kader-kader bangsa yang dianggap mampu melanjutkan politik kesejahteraan, politik bersih dan politik keterbukaan," kata Giring.

3. Anies terpilih jadi bakal capres Nasdem

Tolak Mendukung Anies, PSI: Tak Mungkin Dukung Kandidat BermasalahIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Diketahui, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, mengumumkan tiga nama yang bakal diusung dalam kontestasi Pilpres 2024. Mereka adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Tiga nama ini merupakan usulan dari 34 DPW Nasdem tingkat daerah dan dibahas dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022).

Ia menegaskan tidak ada satu pun kekurangan dari tiga nama tersebut. Ketiganya sama-sama memiliki kualifikasi dan kemampuan yang sama.

“Urutannya boleh 1, 2, 3 tapi itu berdasarkan urutan angka. Kualifikasinya sama, nilainya sama,” kata Surya Paloh.

Dari tiga nama tersebut akan dipilih satu nama untuk dicalonkan dalam pilpres 2024 dan diumumkan dalam waktu dekat setelah pembahasan internal Partai Nasdem.

Topic:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya