Comscore Tracker

25 Kabupaten Kota Penyumbang Kasus COVID-19 Terbanyak, Kudus Pertama 

Adakah wilayah kalian di sini?

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan, terdapat 25 kabupaten/kota yang berkontribusi terhadap kenaikan kasus virus corona di tingkat provinsi. Menurut Wiku, kabupaten/kota yang memberikan kontribusi tertinggi adalah Kudus, Jawa Tengah.

“Pertama Jawa Tengah. Dikontribusikan oleh Kudus ini naik jauh dari 100 persen yaitu naik 7.594 persen. Jepara naik 685 persen, Sragen naik 338 persen, Kota Semarang naik 193 persen dan (Kabupaten) Semarang naik 94 persen,” papar Wiku dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 9  Juni 2021.

Baca Juga: Zona Merah, Warga Banda Aceh Dilarang Gelar Pesta 

1. Penyumbang kasus terbanyak di Kepulauan Riau yaitu Batam

25 Kabupaten Kota Penyumbang Kasus COVID-19 Terbanyak, Kudus Pertama Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, ada juga lima kabupaten/kota di Kepulauan Riau yang berkontribusi tinggi pada kasus COVID-19. Wiku menyebut, kelima kabupaten/kota yang berkontribusi besar itu adalah Kota Batam yang kasus naik hingga 257 persen, Karimun naik 116 persen, Natuna naik 100 persen, Bintan naik 81 persen, dan Tanjung Pinang naik 13 persen.

"Yang ketiga adalah Sumatra Barat. Dikontribusikan oleh Pasaman Barat naik sebesar 157 persen, Agam naik 151 persen, Solok naik 128 persen, Dharmasraya naik 125 persen, dan Kota Padang naik 75 persen," papar dia.

2. Penyumbang kasus terbesar di Jawa Barat adalah Ciamis dan DKI dari Jakarta Selatan

25 Kabupaten Kota Penyumbang Kasus COVID-19 Terbanyak, Kudus Pertama Seorang warga yang tidak mengenakan masker melintas, di depan mural yang berisi pesan waspada penyebaran virus corona (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Sementara di DKI Jakarta, kasus COVID-19 terbanyak berasal dari Jakarta Selatan dengan kenaikan kasus 92 persen, Jakarta Timur naik 67 persen, Jakarta Pusat naik 57 persen, Jakarta Utara naik 43 persen, dan Jakarta Barat naik 42 persen.

"Serta Jawa Barat, yang dikontribusikan oleh Ciamis naik 700 persen. Kemudian Bandung naik 261 persen. Selanjutnya, Cianjur naik 188 persen, Karawang naik 152 persen , dan Cirebon naik 115 persen," terang Wiku.

3. Wiku imbau kepala daerah segara atasi COVID-19 di 25 kabupaten/kota ini

25 Kabupaten Kota Penyumbang Kasus COVID-19 Terbanyak, Kudus Pertama Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan situasi penularan COVID-19 di wilayah DKI Jakarta perlu mendapatkan perhatian masyarakat secara luas dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Wiku mengimbau kepada 25 kabupaten/kota sebagai penyumbang kasus COVID-19 terbanyak selama tiga pekan terakhir ini, jangan sampai terlambat mengatasi pandemik di daerahnya.

"Untuk itu, mohon kepada seluruh bupati dan wali kota dari seluruh kabupaten/kota ini, untuk segera memperbaiki penanganan COVID-19 di daerahnya masing-masing," ucap dia.

Baca Juga: 313 Wilayah Masuk Zona Oranye COVID-19, Zona Merah Sisa 10 

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya