Comscore Tracker

4 Pesan Jokowi ke Perwira Muda TNI-Polri yang Dilantik di Istana

Para perwira diminta tidak melupakan rasa bangga orang tua

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memimpin acara pelantikan 781 perwira TNI dan Polri di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (16/7). Dalam pelantikan tersebut, Jokowi memberikan sejumlah pesan kepada para perwira muda itu.

Salah satu pesan yang disampaikan yakni agar para perwira TNI dan Polri tersebut tidak mengecewakan orang tua masing-masing. Juga agar mereka mengikut perkembangan zaman.

Baca Juga: Jokowi Lantik 781 Perwira TNI dan Polri di Istana Merdeka

1. Perwira muda diingatkan untuk tidak melupakan rasa bangga orang tua

4 Pesan Jokowi ke Perwira Muda TNI-Polri yang Dilantik di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jokowi awalnya mengapresiasi perjalanan para perwira muda tersebut hingga akhirnya bisa mencapai ke titik ini. Ia pun mengingatkan agar mereka tidak lupa perasaan bangga kedua orang tua.

"Ingatlah perasaan bangga orang tua saudara-saudara sekalian, yang pagi hari ini hadir. Jangan pernah kecewakan orang tua saudara-saudara. Jangan pernah kecewakan bangsa Indonesia. Jangan pernah kecewakan Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Jokowi.

2. Perwira diminta mengikuti perkembangan zaman di militer dan kepolisian

4 Pesan Jokowi ke Perwira Muda TNI-Polri yang Dilantik di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan agar para perwira muda tersebut mengikuti perkembangan zaman. Termasuk perkembangan di dunia militer dan kepolisian.

"Intelijen telah mempermudah kita di banyak hal, termasuk di dunia kemiliteran dan kepolisian. Tetapi di saat yang sama juga menimbulkan jenis-jenis kejahatan baru, yang menjadi tantangan kita bersama," ujar Jokowi.

3. Jokowi minta perwira TNI dan Polri menjaga Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika

4 Pesan Jokowi ke Perwira Muda TNI-Polri yang Dilantik di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan agar para perwira TNI dan Polri bertanggung jawab terhadap Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Ia meminta mereka terus menjaga hal itu.

"Saudara-saudara harus terus melindungi Pancasila dari gempuran gelombang ideologi-ideologi luar. Saudara harus menjaga Bhinneka Tunggal Ika, menjaga toleransi terhadap perbedaan antar anak bangsa. Saudara harus terus menjaga persatuan dalam keberagaman Indonesia," Jokowi menegaskan.

4. Perwira diminta menjunjung tinggi kehormatan TNI dan Polri

4 Pesan Jokowi ke Perwira Muda TNI-Polri yang Dilantik di IstanaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Selanjutnya, Jokowi berpesan agar para perwira TNI dan Polri harus memegang teguh kode etik perwira dan dan jati diri sebagai perwira. Ia juga mengingatkan agar menjunjung tinggi kehormatan dan kecintaan sebagai perwira TNI dan Polri.

"Pelihara kekompakan dan persatuan sesama perwira TNI dan Polri dengan tetap menghormati fungsi dan tugas masing-masing. Melangkahlah ke gelanggang pengabdian dengan tegar, dengan optimisme, dan penuh percaya diri," ujar Jokowi.

Baca Juga: Mengamati Janji Kampanye dengan Visi Indonesia Jokowi, Bedakah?

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya