7 Instruksi Jokowi untuk Polri di HUT Bhayangkara ke-74

Polri diminta menjaga kehormatan Korps Bhayangkara

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memberikan sambutan dalam perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara yang ke-74 di Istana Negara, Jakarta Pusat, pada Rabu (1/7). Dalam sambutannya, Jokowi memberikan tujuh instruksi khusus kepada Kapolri dan jajarannya.

"Saya menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas Polri," kata Jokowi seperti yang disiarkan di channel YouTube Sekretariat Presiden.

1. Jokowi minta Polri menjaga kehormatan sebagai anggota

7 Instruksi Jokowi untuk Polri di HUT Bhayangkara ke-74Dok. Biro Pers Kepresidenan

Instruksi pertama Jokowi yaitu meminta jajaran Polri untuk memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai Luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Ia meminta Polri untuk terus menjaga kehormatan, menjaga kepercayaan, dan menjaga kebanggaan sebagai anggota Polri.

"Kedua, terus melakukan reformasi diri secara total bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif transparan dan akuntabel serta bangun kultur kerja Polri yang profesional modern dan terpercaya," ujar Jokowi.

2. Jokowi minta Polri tetap lakukan tugas dengan cara persuasif dan humanis

7 Instruksi Jokowi untuk Polri di HUT Bhayangkara ke-74Dok. Biro Pers Kepresidenan

Pesan Jokowi yang ketiga yaitu ia meminta Polri untuk terus memantapkan solidaritas internal dan memperkuat sinergi dengan TNI. Selain dengan TNI, Polri juga harus menguatkan sinergi dengan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks. 

"Keempat, terus terapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat," tuturnya.

3. Polri harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi di tengah pandemik

7 Instruksi Jokowi untuk Polri di HUT Bhayangkara ke-74Dok. Biro Pers Kepresidenan

Untuk arahannya yang kelima, Jokowi menginginkan Polri untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional. Ia juga meminta agar penanganan hukum dilakukan secara transparan dan berkeadilan, sehingga Polri semakin dipercaya masyarakat.

Keenam, lanjut Jokowi, Polri harus terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

"Ketujuh, harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tanggung jawab," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi Minta Polri Tegas dalam Penegakan Hukum Kebakaran Hutan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya